Ad Unit (Iklan) BIG

15 Makanan Khas Daerah Madura yang Paling Banyak Diminati

Bicara tentang ragam kuliner Makanan Khas Daerah Madura, tentu salah satu yang paling sering teringat di fikiran kita adalah Sate Madura. Kelezatan makanan khas pulau garam yang satu ini memang telah banyak diakui dengan melihat banyak nya pedagang-pedagang sate khas Madura diluar pulau Madura.

Tak hanya sate, masih banyak lagi lain nya makanan khas daerah Madura yang mungkin perlu anda cicipi ketika berwisata ke pulau garam ini.

Nah berikut beberapa makanan khas Madura yang bisa anda jadikan refrensi wisata kuliner.

15 Makanan Khas Daerah Madura

makanan khas daerah madura

#1. Sate Madura

Sate Khas Daerah Madura

Pertama sudah pasti sate Madura, berbeda dengan masakan sate dari daerah lain nya, sate Madura sangat banyak sekali digemari oleh para pencinta kuliner.

Mulai dari bumbu, texture daging sate yang disajikan hingga aroma nya pun sate Madura bisa kita bilang lebih unggul dari sate-sate khas daerah lainnya.

Maka dari itu sate menjadi icon utama makanan khas daerah Madura.

#2. Bebek Sinjay

Makanan Khas Daerah Madura

Selain sate, Madura juga punya wisata kuliner yang namanya sudah terkenal hingga ke Negara tetangga.

Siapa sih yang tak penasaran dengan Bebek Sinjay ? antrian pengunjung rumah makan bebek sinjay yang terletak di Jl. Raya Ketengan, Burneh Kabupaten Bangkalan membuktikan bahwa bebek sinjay patut kita angkat menjadi salah satu makanan khas daerah Madura.

Bagi anda para pencinta kuliner yang ingin berwisata ke pulau Madura saya sarankan agar menyempatkan waktunya berkunjung ke pusat kuliner terbesar di kabupaten bangkalan ini.

#3. Lorjuk

Makanan Khas Madura

Makanan khas daerah Madura selanjutnya adalah Lorjuk. Lorjuk adalah olahan kerang bambu karena bentuknya yang memanjang. 

Lorjuk atau kerang bambu tersebut bisa diolah menjadi beragam kuliner lezat seperti tumis lorjuk, lorjuk goreng, hingga camilan seperti lorjuk cryspi dan rangginang lorjuk. Rasanya yang terkenal gurih, tentu membuat kuliner khas Madura ini sayang untuk kita abaikan.

#4. Topak Ladheh

Masakan Khas Madura

Topak Ladhe adalah makanan khas daerah Madura yang biasa kita temukan ketika perayaan hari-hari besar seperti saat Idul Fitri dan idul adha. 

Sekilas memang makanan ini terlihat tak jauh berbeda dengan ketupat sayur. Namun, saat dicicipi, Topak Ladhe memiliki cita rasa yang berbeda dari ketupat sayur diluar pulau madura. 

Kuah yang diolah dari anekaragam remph-remapah, santen serta campuran daging sapi, membuat rasa gurih dari makanan ini semakin nikmat.

#5. Nasi Serpang

Kuliner Madura

Makanan khas daerah Madura selanjutnya yang bisa kita cicipi adalah Nasi Serpang. Seperti namanya, kuliner ini berbahan dasar dari nasi. 

Makanan ini menjadi sajian yang sangat lezat bagi masyarakat bangkalan. Hal ini dikarenakan Nasi Serpang dibuat dengan olahan rempah-rempah sehingga rasanya sangat khas.

Nasi Serpang biasanya disajikan dengan anekaragam lauk pauk, seperti ikan laut, Telur, Tahu hingga daging. Uniknya, Nasi Serpang ini juga ditambah dengan keripik rambak yang disajikan diatas piring dan daaun pisang.

Kamu bisa mencicipi makanan ini di Jl. Panglima Sudirman Bangkalan di pagi hari, karna kalau malam biasanya sudah banyak yang tutup.

#6. Tajin Sobih

Makanan Khas Daerah Madura Tajin Sobih

Tak kalah menarik dengan kuliner Madura sebelumnya, masih ada makanan cuci mulut Tajin Sobih yang khas dari desa Sobih Bangkalan Madura. 

Jajanan berupa bubur ini diolah dari aneka ragam jenis bahan dan biasanya disajikan diatas selembar daun pisang. 

Rasa manis dan gurih serta texture bubur yang lembut pasti membuat anda para penikmat kuliner ingin kembali berkunjung mencicipinya.

#7. Rujak Soto

Makanan Khas daerah madura

Makanan khas daerah Madura selanjutnya adalah rujak soto, dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan wujud masakan tersebut.

Rujak Soto merupakan makanan faforit di daerah Madura, campuran antara rujak dan soto babat khas Madura membuat rasanya bercampur aduk menjadi nikmat saat di santap.

Makanan ini juga disebut dengan nama Rujak Selingkuh, julukan tersebut dikarenakan dua makanan yang di padu menjadi satu piring.

#8. Soto Madura

kuliner khas pulau madura

Soto adalah salah satu kuliner nusantara yang sangat mudah kita temukan di berbagai daerah. Di Madura sendiri, terdapat soto khas yang bisa kita cicipi. 

Soto Madura memiliki cita rasa berbeda dengan soto daerah lain nya, kuah rempah yang dimasak menggunakan santan membuat rasanya pun sangat nikmat. 

Selain itu, keunikan dari makanan khas daerah Madura satu ini adalah semua olahan nya terlebih dahulu digoreng sebelum ahirnya dicampur dengan kuah yang khas sekali.

#9. Soto Mata Sapi

Masakan khas madura

Selain Soto Madura, ada juga Soto Mata Sapi yang tak kalah enak untuk coba. Makanan khas daerah Madura yang satu ini sangat unik karena salah satu bahan utama nya adalah mata sapi dan juga tulang sapi. 

Diolah dengan macam-macam rempah dan bumbu lengkap yang dicampur dengan irisan daging sapi, membuat kuliner khas Madura ini sangat nikmat saat disajikan dengan sepiring nasi hangat.

#10. Rujak Corek

makanan madura

Makanan khas daerah Madura selanjutnya adalah Rujak Corek. Berbeda dengan rujak-rujak buah pada umumnya, Rujak Corek hanya menggunakan buah mentimun saja. 

Mentimun yang telah dikupas kemudian bagian dalamnya di-“corek” atau dikeruk dari atas sebelum diisi dengan macam-macam bumbu khusus khas Rujak Corek. Unik sekali, bukan?

#11. Kaldu Kokot

makan khas daerah madura

Kuliner khas Madura lainnya yang bisa kita cicipi adalah Kaldu Kokot. Dalam bahasa Jawa, Kokot mempunyai makna tulang sapi, dan sesuai dengan namanya, bahan utama dari makanan khas daerah Madura ini adalah tulang sapi yang dimasak dengan berbagai olahan bumbu sehingga aroma dan gurihnya tulang sumsum menjadi daya tarik utama dari masakan ini.

Menjadi sangat nikmat ketika disajikan dengan lontong atau sepipring nasi hangat.

#12. Kue Apem

kue apem khas madura

Kue Apem Madura bisa sebut sebagai salah satu jajanan tradisional khas Madura yang mulai sulit kita temukan. 

Kue yang berbahan dasar jahe dan kayu manis ini sangat lezat jika disajikan dengan siraman saus yang terbuat dari gula merah. 

Perpaduan antara rasa manis dan aroma gurih dari rempah-rempah menjadi kunci utama kenikmatan dari makanan khas daerah Madura yang satu ini.

#13. Rujak Cingur

Makanan khas madura

Makanan khas daerah madura ini sudah banyak dikenal diberbagai daerah. Hal ini dikarenakan kuliner rujak cingur tidak hanya kita jumpai di daerah madura saja tetapi juga dijual diluar daerah pullau madura. 

Cingur sendiri diambil dari bahasa madura yang memiliki arti hidung sapi. Jika kalian belum pernah mencoba rujak ini, kalian harus mencobanya, apalagi jika kalian sedang berkunjung ke pulau madura.

#14. Jubede

kuliner madura

Makanan khas Sumenep Madura ini paling cocok jika dijadikan oleh-oleh bagi orang yang usai berwisata ke daerah Madura sumenep. 

Jubede, atau kalau orang selain madura menyebutnya dengan jubada ini terbuat dari tepung yang dicampur dengan gula merah dan dicampur air kemudian dimasak sampai mengental. 

Makanan khas daerah Madura ini sangat cocok untuk dijadikan leh-oleh karena lebih tahan lama, Jubede lebih sering diminati oleh kalangan anak-anak.

#15. Es Kobbu’

minuman khas madura

Puas menelusuri setiap cita rasa makanan khas yang ada di Madura, segarkan dahaga dengan segelas Es Kobbu’. 

Minuman khas Madura ini dibuat dari campuran gula aren, cengkeh, jahe, pala, serta air pandan yang direbus bersamaan. 

Minuman ini kemudian di tambahkan kelapa muda atau cincau dan juga es batu sehingga menambah sensasi rasa menyegarkan.

Peutup

Itulah 15 Makanan Khas Daerah Madura yang paling terkenal dan sering kita jumpai ketika berkunjung ke pulau garam tersebut. Jika kalian ingin berwisata ke daerah Madura jangan lupa untuk mencicipi salahsatu dari 15 kuliner khas Madura diatas.

 

Cak Muhai
Muda Suka-suka, Tua Bahagia, Mati Masuk Syurga :v

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter