Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Lengkap! Lokasi Harga Tiket Fasilitas Bukit Jaddih Bangkalan yang Hits di Madura

Bukit Jaddih, saat ini jadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di pulau Madura. Ini karena destinasi ini menawarkan banyak spot foto menarik yang bisa dieksplor. Apalagi buat kamu yang suka menghiasi beranda sosial media dengan foto-foto kece.

Penasaran mengapa destinasi ini wajib dikunjungi dan bagaimana akses ke sana? Yuk simak ulasan menarik tentang wisata Bukit Jaddih selengkapnya berikut ini.

Sejarah Bukit Jaddih

Bukit Jaddih

Wisata Bukit Jaddih ini awalnya adalah sebuah area pertambangan batu kapur yang cukup aktif di Bangkalan, Madura. Bahkan, menjadi salah satu mata pencaharian bagi warga masyarakat di sekitarnya. Hingga hari ini aktivitas pertambangan kapur ini masih berjalan aktif. Maka jangan heran jika kadang terlihat alat berat dan juga truk pengangkut batu kapur berlalu lalang di kawasan sekitarnya
.
Dari aktivitas pertambangan yang sudah berjalan selama bertahun-tahun tersebut kemudian terbentuklah beberapa spot cantik nan eksotik sekaligus fotogenik. Bukit-bukit kapurnya yang berlubang dan berwarna kecoklatan, disebut-sebut memiliki kemiripan dengan destinasi wisata populer Kapadokia yang ada di Turki

Baca Juga: Sejarah Pulau Madura dari Abad Pertama

Itulah mengapa dari waktu ke waktu banyak yang tertarik untuk berkunjung sekaligus mengambil gambar Bukit Jaddih yang ikonik ini. Tak hanya dari warga lokal Madura, tetapi juga dari kota-kota lain di sekitarnya.

Rute dan Lokasi Bukit Jaddih

Bukit Jaddih



Berlokasi di desa Jakan, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan - Jawa Timur, destinasi ini juga kerap disebut Bukit Jaddih Bangkalan. Karena memang lokasinya berada di wilayah kabupaten Bangkalan, yang bisa dibilang sebagai pintu masuk ke pulau Madura dari jalur darat.

Pasalnya, jembatan Suramadu yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Madura ada di Kabupaten Bangkalan. Sehingga akses untuk ke keluar masuk pulau Madura pun menjadi jauh lebih mudah. Termasuk saat ingin menuju ke lokasi Bukit Jaddih Bangkalan tersebut.

Lokasi Bukit Jaddih ini bisa dijangkau dengan mudah, baik dengan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Sebab letaknya sendiri tak jauh dari jembatan Suramadu dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit saja.

Setelah menyeberang ke Madura via jembatan Suramadu, arahkan kendaraan ke Jl. Raya Labang. Lanjut terus sekitar 5 km, lalu belok ke arah kiri ke Jl. Raya Jaddih tepat sebelum pasar Jaddih. Kemudian ambil arah kanan menuju Jl. Goa Pote dan Lokasi Bukit Jaddih Bangkalan tinggal 10 menit saja.

Baca Juga: Pulau Gili Labak Madura

Meskipun lokasinya cukup mudah ditemukan, tetapi tetap perlu waspada dan berhati-hati di jalan. Pasalnya, jalanan menuju ke tempat wisata ini di sejumlah titik ada yang berlubang dan terbilang cukup sempit. 

Lokasinya klik di sini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Bukit Jaddih Madura

Bukit Jaddih

Sebelum berangkat ke lokasi Bukit Jaddih, sebaiknya datang sesuai jam bukanya agar bisa lebih puas.

•    Jam buka : 7.00 – 16.00 (Setiap hari)
•    Tiket Masuk sebesar Rp 10.000/orang.

Tiket masuk Bukit Jaddih Madura terbilang cukup terjangkau sedangkan untuk parkir besaran tarifnya disesuaikan dengan kendaraan yang dibawa oleh pengunjung.

Destinasi wisata ini menawarkan banyak kegiatan menarik. Dari mulai hunting foto dengan spot instagenik, menyusuri danau dengan perahu hingga bermain air di kolam renangnya. Jika ingin berkeliling danau dengan perahu atau masuk ke area kolam renang, akan dikenakan biaya tambahan.

Dengan pesona yang disuguhkan dan pengalaman yang didapat, rasanya cukup sebanding. Apalagi kamu bisa mengabadikan gambar Bukit Jaddih yang menawan dan juga instagramable.

Fasilitas yang Ditawarkan

Bukti Jaddih

Tak jauh berbeda dengan tempat wisata yang lainnya, wisata Bukit Jaddih Madura juga sudah dilengkapi sejumlah fasilitas seperti:
1.    Area parkir yang luas
2.    Toilet
3.    Warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman.
4.    Perahu untuk berkeliling danau
5.    Kolam renang yang cocok untuk anak-anak.
6.    Toko oleh-oleh khas Madura mulai dari baju, camilan dan juga souvernir khas lainnya yang unik dan keren.

Baca Juga: Pulau Mandangin  Sampang

Spot Foto Keren di Bukit Jaddih

Bukti Jaddih

Mengabadikan momen saat jalan-jalan di wisata Bukit Jaddih Bangkalan menjadi suatu keharusan. Suasana yang menakjubkan dan instagenik kerap dipamerkan pengguna sosial media. Ada sejumlah spot foto keren yang bakal bikin beranda sosial media kamu makin kece, berikut diantaranya.

Bukit Kapur

Berfoto dengan latar bukit kapur yang tinggi dan berwarna sedikit kecoklatan, bikin feed Instagram makin kece, lho. Apalagi di Bukit Jaddih Madura ini beberapa bagian bukitnya memiliki rongga alias berlubang dengan ukuran yang beragam. Spot tersebut juga bisa jadi latar foto dengan gambar Bukit Jaddih yang bakalan epic banget.

Atau, kamu bisa naik ke puncak bukit dan ambil foto berlatar pemandangan di bawahnya yang pastinya bakal seru dan menyenangkan. Tetap pastikan untuk selalu berhati-hati, ya.

Kolam Renang

Masih di sekitar kawasan wisata Bukit Jaddih, terdapat sebuah kolam renang yang dikenal dengan sebutan Goa Pote. Kolam unik ini terbentuk secara alami dan berada tepat di bagian tengah bukit kapur, tentu bisa jadi spot yang kece jika diabadikan dalam bidikan foto.

Masyarakat sekitar menyebut kolam tersebut dengan nama Aeng Goweh Pote yang memiliki arti Air Gua Putih dalam Bahasa Madura.

Karena memang kolam tersebut memiliki air yang berwarna putih, tetapi airnya jernih dan dikelilingi pemandangan bukit kapur. Tentunya, bakal bikin gambar Bukit Jaddih makin menawan dan memorable.

Dinding Bukit Penuh Pahatan

Perlu diketahui bahwa, Bukit Jaddih ini tadinya berupa kawasan pertambangan batu kapur. Jadi jangan heran jika di beberapa bagian bukit ada gua dan di bagian lain seperti ada bekas pahatan yang unik.

Karena memang, gua dan pahatan tersebut terbentuk dari aktivitas penambangan sejak lama. Tapi jangan salah, jika kamu jeli dan kreatif, spot ini justru sangat cocok buat berswafoto, lho. Baik foto sendiri maupun beramai-ramai dengan kawan-kawan.

Anak Tangga 

Aktivitas penambangan batu kapur di sini juga menyisakan sejumlah anak tangga yang berundak di sejumlah titik. Di beberapa anak tangga tersebut saat ini udah dilengkapi dengan teralis besi sebagai pengaman dan pegangan ketika ingin turun ke area bawah.

Nah, tangga ini juga bisa spot untuk mengambil gambar Bukit Jaddih dengan angle yang keren dan instagenik, lho. Tak heran jika spot ini jadi tempat favorit banyak pengunjung untuk berswafoto.

Tips Berkunjung ke Bukit Jaddih

bukit jaddih

Destinasi wisata Bukit Jaddih Bangkalan ini terbilang cukup mencuri perhatian, karena memang memiliki pemandangan yang cantik nan eksotis. Meskipun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar jalan-jalan ke Bukit Jaddih Madura makin seru dan juga nyaman. Simak beberapa tips berikut selengkapnya.

●    Sebaiknya datang di pagi hari atau sore hari, sebab area di sekitar bukit akan terasa sangat terik dan panas di siang hari.
●    Gunakan masker untuk melindungi diri dari debu, karena kawasan bukit kapur memang sangat berdebu.
●    Hati-hati saat berkendara, sebab jalur ke arah bukit cukup sempit dan di sebagian titik masih berlubang. Jadi butuh ekstra fokus agar tetap aman sampai tujuan.

Demikian tadi informasi menarik tentang wisata Bukit Jaddih Madura. Semoga bisa memberikan gambaran betapa menarik dan kerennya destinasi ini, sehingga wajib dikunjungi. Sudah punya rencana kemana untuk liburan kali ini? Jangan lupa selalu jaga kesehatan, ya!

Post a Comment for "Lengkap! Lokasi Harga Tiket Fasilitas Bukit Jaddih Bangkalan yang Hits di Madura"