Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jajanan Khas Madura, Cocok Dijadikan Oleh-oleh

Madura adalah salah satu pulau di Indonesia yang mendapat julukan sebagai Pulau Garam. Ada banyak sekali keindahan alam yang bisa dinikmati di Madura. Karakteristik tanah Madura sebenarnya cenderung kering dan musim kemarau di sana juga lebih panjang dibandingkan dengan kebanyakan daerah lain di Indonesia, namun jika berbicara mengenai pesona alamnya tentu Madura tiada dua.

Di Madura terdapat banyak sekali pantai yang menyimpan daya tarik tersendiri untuk para wisatawan baik itu lokal atau asing, salah satunya adalah Pantai Jumiang, pantai Talang Siring Pamengkasan, pantai Rongkang, dan lain sebagainya.

Jika kamu mengunjungi suatu daerah di Indonesia tentu tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh atau mencicipi makanan khas daerah tersebut. Ini juga termasuk dengan Madura, jika kamu berkunjung ke sana maka bisa mencoba jajanan khas Madura yang beragam, di antaranya sebagai berikut:

1. Jubada 


Kalau kamu menyukai makanan manis, maka Jubada bisa dijadikan sebagai pilihan tepat untuk oleh-oleh dari Madura. Jubede atau Jubada adalah makanan yang terbuat dari tepung dan dicampur gula merah serta air nira. Jubada juga masuk ke dalam makanan legendaris karena sudah ada sejak zaman dulu kala, resepnya juga turun temurun dan sekarang ini menjadi makanan yang begitu populer di Madura.

Cara membuat jajanan khas Madura yang satu ini yaitu campuran tepung jagung, tepung tapioka, gula merah, dan air nira dimasak selama berjam-jam hingga mengental. Teksturnya mirip dengan dodol betawi. Jubada kemudian dimasak di wajan datar dan digulung memanjang, setelah itu dipotong kecil-kecil. Kamu bisa mendapatkan Jubada di toko oleh-oleh khas Madura.

2. Keripik Tette

Keripik Tette adalah makanan berbahan dasar singkong dengan cita rasa gurih, sangat cocok untuk oleh-oleh untuk kerabat setelah kamu mengunjungi Madura. Tekstur dari Keripik Tette renyah dan sangat cocok dikonsumsi selagi santai ditemani dengan sambal petis yang semakin menambah rasa nikmat dari keripik ini.

Cara membuat Keripik Tette yaitu singkong dikupas dan dicuci bersih, direbus hingga empuk dengan sedikit garam. Kemudian singkong dipotong kecil-kecil, ditumbuk hingga halus dan dipipihkan. Kemudian singkong dijemur hingga kering sampai akhirnya digoreng. Dan Keripik Tette pun siap dinikmati bersama teman, keluarga, atau ketika kamu santai.

3. Otok

Jika kamu ingin jajanan khas Madura yang nikmat dan bisa untuk cemilan juga, Otok dapat kamu pilih. Otok adalah cemilan khas Madura yang bahan utamanya adalah kacang yang sudah digoreng sampai garing, kemudian dibumbui dengan bumbu khusus sehingga cita rasanya begitu nikmat.

Untuk rasa dari Otok ini perpaduan antara manis, pedas, gurih, dan juga asin. Sedangkan untuk harganya juga terjangkau sehingga tidak menguras isi dompet kamu. Otok sangat tepat untuk teman berkumpul dengan keluarga dan teman.

4. Rengginang Lorjuk

Jajanan khas Madura yang satu ini sebenarnya sangat istimewa, di mana Rengginang Lorjuk adalah rengginang yang punya kekhasan tersendiri. Keistimewaan yang ada di Rengginang Lorjuk adalah penggunaan ikan lorjuk untuk membuatnya. Kemudian Rengginang Lorjuk juga memiliki tekstur yang krispi dan rasanya gurih, masyarakat Madura sangat menyukai Rengginang Lorjuk.

Rengginang Lorjuk dibuat dari beras ketan yang dikukus setengah matang, kemudian beras ketan yang sudah dikukus ini dicampur dengan bumbu tertentu sehingga memberikan cita rasa gurih yang mantap. Beras ketan yang sudah dibumbui kembali dikukus dengan campuran ikan lorjuk, pengukusan dilakukan hingga matang.

5. Maco Ketan

Dan yang terakhir adalah Maco Ketan, ketika Anda mengunjungi pulau Madura maka Maco Ketan adalah oleh-oleh yang tidak boleh ketinggalan. Berbahan dasar beras ketan dan bisa Anda beli sebagai buah tangan jika kembali ke rumah. Rasanya manis dan teksturnya renyah pasti disukai oleh anak-anak.

Harga Maco Ketan juga terjangkau, jadi jangan ragu untuk membelinya dalam jumlah banyak.

Itulah 5 jajanan khas Madura yang menggugah selera. Jika kamu berkunjung ke Madura, jangan lupa ya untuk mencicipi jajanan tersebut dan membawanya untuk keluarga di rumah. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat ya!