Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Bubur Madura di Bandung: Nikmatnya Kelezatan Santap Malam

Bandung, 20 Januari 2023 - Bandung, kota kreatif nan memikat hati, tak hanya terkenal dengan sejuknya pegunungan atau keindahan alamnya yang eksotis. Di balik pesonanya, ternyata terselip kuliner lezat yang mengejutkan kita. Salah satunya adalah bubur Madura yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke kota ini.Saat malam tiba, kota Bandung memang tak pernah tidur. Sibuknya kendaraan dan hiruk pikuk kota seolah menyambut kita untuk menikmati satu menu andalan para penikmat kuliner, yaitu bubur Madura. Bukan bubur khas Madura melainkan bubur Madura yang menemukan tempatnya di Bandung, menggoda dengan cita rasa khas dan kenikmatannya yang begitu berbeda.Tepat di pusat kuliner kota ini, di sebuah gang kecil yang tak seberapa lebar, terdapat sebuah gerai kecil yang menjual bubur Madura. Beroperasi sejak tiga generasi lalu, pemiliknya, Pak Slamet, berhasil memikat hati seluruh masyarakat Bandung dengan racikan bubur khasnya.Bubur Madura versi Bandung ini memiliki keistimewaan dengan tambahan berbagai macam lauk pauk yang membuatnya semakin istimewa. Ada irisan ayam suwir yang lezat berpadu dengan daging sapi empuk. Jangan lupakan juga aroma rempah yang memenuhi tiap suapan bubur ini, yang membuat lidah tak ingin berhenti menikmatinya.Lauk pauk tak hanya berhenti di dua pilihan tersebut, sebab gerai Pak Slamet juga menawarkan berbagai pilihan lauk-lauk lainnya, seperti ikan asin yang gurih, abon sapi yang lezat, hingga jeroan ayam yang menggugah selera. Kombinasi sempurna dari berbagai pilihan lauk inilah yang menjadikan bubur Madura di Bandung unik dan berbeda dari bubur Madura di tempat lain.Hidangan ini tak lengkap tanpa pelengkap pendamping yang dugemari banyak orang, yaitu sambal. Di gerai Pak Slamet, kamu bisa memilih sambal dengan tingkat kepedasan sesuai selera. Mulai dari sambal merah yang pedasnya menggigit hingga sambal ijo yang segar dengan rasa yang memanjakan lidah. Sambal tersebut memberikan kekuatan dan kelezatan tersendiri pada bubur ini.Tak hanya dihidangkan di gerai, bubur Madura Bandung ini juga bisa dinikmati dengan mudah di beberapa tempat makan lainnya di kota ini. Sangat mudah untuk menemukan bubur ini di pinggir jalan atau di malam-malam tertentu ketika kulinernya menyatu dalam berbagai acara pasar malam. Jadi, tak terbatas hanya pada satu tempat, kamu bisa menikmati bubur Madura di Bandung kapanpun dan dimanapun.Bubur Madura di Bandung memang menggoda dan membawa sensasi kuliner yang begitu menyenangkan. Bagi pecinta kuliner yang selalu mencari pengalaman baru, menjelajah ragam rasa, dan merasakan kelezatan tiap suapan, jangan ragu untuk mencoba bubur ini. Setelah satu kali mencicipi, janji, kamu akan kembali lagi untuk merasakan kelezatan santap malam yang begitu berkesan. Selamat menikmati!

Apa Itu Bubur Madura di Bandung?

Bubur Madura merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang berasal dari Madura, Jawa Timur. Namun, meskipun berawal dari Madura, bubur Madura juga sangat populer di daerah lain di Indonesia, termasuk di Bandung, Jawa Barat. Bubur Madura di Bandung memiliki cita rasa yang khas dan unik, sehingga banyak dijadikan sebagai menu sarapan atau makanan ringan saat berbuka puasa.

Cara Membuat Bubur Madura di Bandung

Untuk membuat bubur Madura di Bandung, berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Untuk membuat bubur Madura di Bandung, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • Nasi putih secukupnya
  • Ayam suwir secukupnya
  • Tauge secukupnya
  • Daun bawang cincang secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Garam secukupnya

2. Rebus Nasi

Pertama, rebus nasi hingga menjadi bubur dengan konsistensi yang lembut. Anda dapat menggunakan rice cooker atau panci untuk merebus nasi. Pastikan untuk terus mengaduk agar nasi tidak lengket di panci atau rice cooker.

3. Masak Ayam Suwir

Sambil menunggu nasi menjadi bubur, Anda dapat memasak ayam suwir. Panaskan sedikit minyak di wajan dan tumis bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan ayam suwir dan tumis hingga matang. Beri sedikit garam untuk memberikan rasa pada ayam suwir.

4. Siapkan Pelengkap

Siapkan tauge, daun bawang cincang, bawang goreng, dan kecap manis sebagai pelengkap bubur Madura. Anda dapat menyiapkan pelengkap ini sesuai selera.

5. Sajikan Bubur Madura di Bandung

Setelah nasi menjadi bubur, matikan api dan pindahkan bubur ke mangkuk saji. Tambahkan ayam suwir, tauge, daun bawang cincang, bawang goreng, dan kecap manis di atas bubur. Aduk rata dengan sendok dan bubur Madura di Bandung siap disajikan.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah Bubur Madura di Bandung memiliki rasa yang berbeda dengan yang di Madura?

Secara umum, bubur Madura di Bandung memiliki rasa yang mirip dengan yang di Madura. Namun, kadang-kadang penjual bubur Madura di Bandung menyesuaikan citarasa mereka dengan selera lokal, sehingga ada sedikit perbedaan dalam rempah-rempah atau penggunaan bahan-bahan tertentu.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

2. Apakah Bubur Madura di Bandung hanya dapat dinikmati saat buka puasa?

Tidak, bubur Madura di Bandung dapat dinikmati kapan saja, tidak terbatas pada waktu buka puasa. Bubur Madura di Bandung biasanya dijual sepanjang hari dan seringkali menjadi menu sarapan atau makanan ringan yang lezat.

Kesimpulan

Bubur Madura di Bandung merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang populer di daerah Bandung, Jawa Barat. Dengan cara pengolahan yang sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapatkan, Anda dapat mencoba membuat bubur Madura di rumah. Rasanya yang lezat dan bergizi menjadikannya pilihan yang tepat sebagai menu sarapan atau makanan ringan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep dan nikmati kelezatannya!

Post a Comment for "Bubur Madura di Bandung: Nikmatnya Kelezatan Santap Malam"