Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Membuat Sate Ayam Madura Bumbu Kacang yang Menggugah Selera

Makanan khas Indonesia yang satu ini tak pernah gagal menyedot perhatian para pecinta kuliner. Sate ayam Madura dengan bumbu kacang yang kaya rasa ini memang pantas disebut sebagai hidangan yang menggugah selera. Jika Anda penasaran bagaimana cara membuatnya, yuk simak resepnya berikut ini!

Bahan-bahan

1. 500 gram daging ayam, potong kotak kecil2. 20 tusuk sate, rendam dalam air hangat3. 100 gram kacang tanah, sangrai4. 4 siung bawang putih5. 4 siung bawang merah6. 2 sdm kecap manis7. 2 sdm air jeruk nipis8. 1 sdt gula merah, serut halus9. 1 sdm minyak goreng10. ½ gelas air matang11. Garam secukupnya12. Lontong atau nasi hangat sebagai pelengkap

Langkah Pembuatan

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan dengan cermat.2. Haluskan kacang tanah, bawang putih, dan bawang merah menggunakan blender atau cobek.3. Tumis bumbu halus hingga harum dengan menggunakan minyak goreng.4. Masukkan air matang dan aduk rata.5. Tambahkan kecap manis, air jeruk nipis, gula merah serut, dan garam, aduk merata.6. Masak bumbu kacang yang telah tercampur rata hingga mendidih dan meresap matang.7. Tusuk daging ayam pada tusuk sate yang telah direndam air hangat.8. Panggang sate ayam hingga matang merata dengan menggunakan pan atau grill.9. Setelah matang, oleskan sate ayam dengan bumbu kacang yang telah dimasak.10. Sajikan sate ayam Madura dengan lontong atau nasi hangat sebagai pelengkap.

Tips Tambahan

- Untuk mendapatkan cita rasa yang autentik, gunakan daging ayam paha bagian atas yang memiliki lemak yang cukup. Hal ini akan menambah kelezatan sate ayam Madura Anda.- Jika ingin rasa sate ayam Madura yang lebih pedas, tambahkan cabe rawit atau sambal sesuai selera.- Semakin lama bumbu kacang direbus, semakin tinggi intensitas rasa yang dihasilkan. Jadi, jika ingin rasa yang lebih kuat, biarkan bumbu meresap dalam waktu lebih lama.Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat sate ayam Madura bumbu kacang yang lezat dan menggugah selera. Nantikan keseruan saat menyantap hidangan ini bersama keluarga atau teman terdekat Anda. Selamat mencoba!

Apa Itu Sate Ayam Madura Bumbu Kacang?

Sate Ayam Madura adalah hidangan khas dari daerah Madura, Jawa Timur, yang terkenal dengan cita rasa khasnya. Sate ayam madura terbuat dari potongan daging ayam yang ditusuk dengan tusukan bambu atau lidi, kemudian dipanggang hingga matang. Sate ini disajikan dengan bumbu kacang yang khas dan sering dihidangkan dengan lontong atau nasi. Sate ayam madura dengan bumbu kacang ini sangat populer di Indonesia dan menjadi favorit banyak orang.

Cara Membuat Sate Ayam Madura Bumbu Kacang

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sate ayam madura bumbu kacang yang lezat:

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging ayam fillet, potong dadu
  • 15 tusuk sate bambu atau lidi
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • Air jeruk nipis secukupnya

Bumbu Marinasi:

  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh jintan bubuk
  • Garam secukupnya
  • Air jeruk nipis secukupnya

Bahan Bumbu Kacang:

  • 200 gram kacang tanah, sangrai dan haluskan
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 3 buah cabai merah keriting, buang biji dan haluskan
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh gula merah, serut
  • 1 sendok teh air asam jawa
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Marinasi daging ayam dengan bahan-bahan bumbu marinasi dan diamkan selama minimal 30 menit.
  2. Tusukkan potongan daging ayam ke tusuk sate bambu atau lidi.
  3. Panaskan minyak goreng di teflon atau wajan datar.
  4. Goreng sate ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  5. Untuk bumbu kacang, panaskan sedikit minyak di wajan.
  6. Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum.
  7. Masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan dan aduk rata.
  8. Tambahkan kecap manis, gula merah, air asam jawa, garam, dan air secukupnya. Aduk hingga bumbu kacang mengental dan matang.
  9. Sajikan sate ayam madura dengan bumbu kacang, lontong, atau nasi.

Tips Membuat Sate Ayam Madura Bumbu Kacang yang Lezat

Agar sate ayam madura dengan bumbu kacang yang Anda buat memiliki cita rasa yang lezat, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Gunakan Ayam yang Segar

Pilih daging ayam yang segar dan berkualitas untuk membuat sate ayam madura. Daging yang segar akan memberikan hasil yang lebih enak dan lezat.

2. Marinasi Daging Ayam

Marinasi daging ayam dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dan beri waktu istirahat agar bumbu meresap. Hal ini akan membuat daging ayam lebih sedap saat dipanggang.

3. Panggang dengan Api Kecil

Untuk menghasilkan sate ayam yang sempurna, panggang sate dengan menggunakan api kecil dan bolak-balik hingga matang merata. Hal ini akan membuat sate ayam matang secara merata dan tidak mudah gosong.

4. Jangan Tergesa-gesa

Memasak sate ayam membutuhkan kesabaran. Jangan tergesa-gesa saat memasak sate agar hasilnya tetap lezat dan empuk.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah sate ayam madura hanya bisa menggunakan bumbu kacang?

Tidak, bumbu kacang hanyalah salah satu variasi dari sate ayam madura. Anda juga bisa mencoba variasi bumbu lain seperti kecap, kecap manis pedas, atau bumbu rempah khas Madura.

2. Apakah sate ayam madura harus menggunakan tusuk sate bambu?

Tidak, Anda juga bisa menggunakan tusuk sate dari lidi atau tusuk sate dari bahan lainnya. Namun, tusuk sate bambu menjadi pilihan yang lebih umum digunakan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep dan tips yang kami berikan di atas, Anda sekarang bisa mencoba membuat sate ayam madura dengan bumbu kacang yang lezat di rumah. Jadikan hidangan ini sebagai sajian istimewa di acara keluarga atau temu makan bersama teman-teman. Selamat mencoba dan nikmati cita rasa khas sate ayam madura yang lezat!

Jika Anda memiliki pertanyaan lain atau ingin berbagi pengalaman dalam membuat sate ayam madura, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Membuat Sate Ayam Madura Bumbu Kacang yang Menggugah Selera"