Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Membuat Wajik Madura, Manjakan Lahir dan Batin

Siapa yang tak kenal dengan Wajik Madura? Makanan khas Jawa Timur yang satu ini selalu sukses membuat lidah bergoyang dan memanjakan lidah penggila kuliner. Bagi pecinta manisan tradisional, Wajik Madura adalah pilihan yang sempurna untuk menemani sore santai atau menyenangkan tamu-tamu yang hadir di rumah. Yuk, simak cara membuat Wajik Madura yang lezat dan menggoyang hati ini!Bahan-bahan:- 500 gram beras ketan putih, rendam dalam air selama minimal 2 jam- 400 ml santan kental- 250 gram gula merah, serut halus- 1 lembar daun pandan- 1/2 sendok teh garam- Air secukupnya untuk merebusCara Membuat:1. Setelah beras ketan direndam dengan air selama minimal 2 jam, tiriskan dan siapkan panci untuk merebusnya.2. Rebus beras ketan menggunakan air yang ditambahkan secukupnya hingga matang, namun tetap kenyal. Angkat dan tiriskan.3. Selanjutnya, masukkan santan kental ke dalam wajan. Panaskan santan dengan api sedang, sambil diaduk perlahan sampai santan benar-benar mendidih.4. Setelah mendidih, masukkan gula merah serut dan daun pandan. Aduk rata sampai gula merah larut sempurna.5. Masukkan beras ketan yang telah direbus ke dalam wajan, aduk merata dengan santan dan gula merah. Biarkan campuran ini mendidih dengan api kecil sambil terus diaduk agar tidak gosong dan lengket pada bagian bawah wajan.6. Tambahkan garam dan terus aduk sampai campuran mengental dan beras ketan terlihat lengket.7. Siapkan loyang yang telah diolesi minyak goreng tipis untuk menuangkan adonan Wajik Madura yang telah matang. Ratakan permukaannya dengan sendok agar adonan tampak rapi.8. Tunggu hingga Wajik Madura agak dingin dan mengeras, kemudian potong sesuai selera.9. Wajik Madura siap disajikan dan dinikmati!Terdapat banyak varian rasa dalam memasak Wajik Madura. Anda bisa menambahkan kacang tanah sangrai yang sudah dihaluskan, kelapa parut, atau bahkan potongan buah-buahan segar sebagai hiasan. Kreasikan rasa sesuai selera Anda untuk menciptakan sensasi baru dalam menikmati Wajik Madura.Merebus beras ketan tidak boleh terlalu lama agar tidak membuatnya terlalu lunak. Tekstur kenyal pada beras ketan yang sedikit mengeras menjadi salah satu daya tarik utama dalam Wajik Madura. Selain itu, gula merah yang digunakan sebaiknya yang berkualitas agar rasa dan aroma yang dihasilkan semakin mantap.Jangan lupa, simpan Wajik Madura dalam wadah kedap udara agar tetap awet dan bisa dinikmati dalam beberapa hari kemudian. Sajikan Wajik Madura ini pada momen spesial bersama keluarga atau sahabat terdekat, dan rasakan kelezatannya yang tiada tara.Yuk, jangan ragu untuk mencoba membuat Wajik Madura yang lezat ini di rumah! Buat hidangan tradisional ini menghiasi meja makan Anda, dan saksikan betapa senangnya lidah dan hati yang memakannya. Selamat mencoba dan selamat menikmati Wajik Madura!

Apa Itu Wajik Madura?

Wajik Madura adalah sejenis kue tradisional yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur. Kue ini terkenal karena teksturnya yang kenyal dan rasa gurih yang unik. Wajik Madura biasanya terbuat dari ketan yang dipadukan dengan gula merah, santan, dan daun pandan. Proses pembuatannya melibatkan perendaman ketan dalam santan dan gula merah, lalu dikukus hingga matang. Setelah matang, Wajik Madura biasanya dipotong menjadi bentuk segitiga atau persegi panjang sebelum dihidangkan.

Cara Membuat Wajik Madura

Untuk membuat Wajik Madura, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

  1. 400 gram ketan
  2. 200 gram gula merah, serut
  3. 400 ml santan
  4. 2 lembar daun pandan, ikat simpul
  5. 1/2 sendok teh garam
  6. Minyak kelapa secukupnya

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Wajik Madura:

  1. Pertama, siapkan panci dan tuangkan santan ke dalamnya. Tambahkan serutan gula merah, daun pandan, dan garam. Aduk rata.
  2. Setelah itu, panaskan panci dengan api sedang. Masak campuran santan, gula merah, daun pandan, dan garam sambil terus diaduk hingga gula merah larut dan campuran menjadi kental.
  3. Selanjutnya, tambahkan ketan ke dalam panci yang sudah berisi campuran santan. Aduk rata dan pastikan ketan terendam dengan baik dalam santan.
  4. Tutup panci dengan rapat dan kukus ketan selama sekitar 30-45 menit hingga matang. Jangan lupa mengecek kekematangan ketan dengan mencobanya menggunakan tusuk gigi.
  5. Jika ketan sudah matang, angkat panci dari kukusan dan biarkan Wajik Madura dingin.
  6. Setelah dingin, olesi permukaan talenan dengan minyak kelapa. Lalu, potong Wajik Madura sesuai dengan selera. Anda bisa memilih bentuk segitiga atau persegi panjang.
  7. Wajik Madura siap disajikan dan nikmati dengan teh hangat.

Tips Membuat Wajik Madura yang Enak

Agar menghasilkan Wajik Madura yang enak dan kenyal, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

  1. Pilih ketan yang berkualitas bagus, karena ketan yang baik akan memberikan tekstur yang kenyal pada Wajik Madura.
  2. Perendam ketan dalam santan minimal selama 6 jam agar ketan dapat meresap dengan baik dan menghasilkan rasa yang lezat.
  3. Pastikan gula merah benar-benar larut dalam campuran santan agar Wajik Madura tidak memiliki butiran gula merah yang keras saat dikunyah.
  4. Kukus Wajik Madura di atas api kecil selama proses pematangan agar ketan matang secara merata dan tidak terlalu keras.
  5. Dinginkan Wajik Madura sebelum dipotong, agar ketan lebih mudah dipotong dengan rapi tanpa melekat pada pisau.

Kelebihan Cara Membuat Wajik Madura

Membuat Wajik Madura sendiri memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  1. Lebih terjamin kebersihan dan keamanannya karena Anda mengolahnya sendiri dengan bahan-bahan yang segar.
  2. Anda dapat mengatur kadar gula sesuai dengan selera, sehingga dapat merasakan kemanisannya dengan lebih pas.
  3. Membuat sendiri Wajik Madura memberikan kepuasan tersendiri dan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan.
  4. Anda bisa mencoba variasi bentuk dan ukuran potongan Wajik Madura sesuai dengan kreativitas Anda.

FAQ (Pertanyaan Umum tentang Wajik Madura)

1. Bagaimana cara menyimpan Wajik Madura?

Untuk menyimpan Wajik Madura, pastikan Anda menyimpannya dalam wadah kedap udara di suhu ruangan. Hindari menyimpannya di tempat yang terkena panas atau lembab. Wajik Madura dapat bertahan hingga 2-3 hari jika disimpan dengan benar.

FAQ (Pertanyaan Umum tentang Wajik Madura)

2. Bisakah Wajik Madura dibuat tanpa gula merah?

Tentu saja. Jika Anda tidak memiliki gula merah, Anda dapat menggantinya dengan gula pasir. Namun, perlu diingat bahwa rasa dan tekstur Wajik Madura akan sedikit berbeda.

Untuk mencoba sensasi kenikmatan dari Wajik Madura, segera coba resep di atas dan nikmati kelezatannya. Jangan lupa berbagi dengan keluarga dan teman-teman Anda!

Post a Comment for "Cara Membuat Wajik Madura, Manjakan Lahir dan Batin"