Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Ayam Bakar Madura: Kelezatan Kuliner Khas Nusantara yang Menggoyang Lidah!

Ayam bakar Madura, siapa yang tak kenal dengan sajian kuliner yang satu ini? Berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur, ayam bakar Madura telah menjadi santapan favorit masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah resep ayam bakar Madura yang akan membawa Anda dalam perjalanan lezat melalui cita rasa khas Nusantara.

Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian- 5 siung bawang putih, haluskan- 4 sendok makan kecap manis- 2 sendok makan saus sambal (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)- 2 sendok makan air jeruk nipis- 1 sendok makan gula merah, serut- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh merica bubuk- 2 sendok makan minyak goreng

Cara membuat:

1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci ayam hingga bersih. Tiriskan airnya dan sisihkan.2. Dalam sebuah wadah, campurkan bawang putih, kecap manis, saus sambal, air jeruk nipis, gula merah, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga bumbu tercampur dengan baik.3. Masukkan potongan ayam ke dalam wadah dengan bumbu tersebut. Pastikan semua bagian ayam terbalur dengan merata. Diamkan selama minimal 1 jam agar bumbu meresap dengan baik.4. Panaskan minyak goreng dalam wajan atau panggangan. Panggang ayam di atasnya dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecokelatan, sambil sesekali diolesi dengan sisa bumbu yang tersisa.5. Jika ada sisa bumbu, bisa digunakan sebagai saus untuk ayam bakar Madura ini.6. Angkat ayam bakar Madura dari wajan atau panggangan. Sajikan dengan nasi hangat dan lalapan segar sebagai pelengkapnya.

Kelezatan yang tak terlupakan

Ayam bakar Madura menghadirkan cita rasa yang begitu khas dan lezat. Dengan perpaduan bumbu rempah yang pas dan proses pemanggangan yang tepat, ayam ini akan memberikan kenikmatan yang tak terlupakan bagi lidah Anda.Tidak perlu repot-repot mencari restoran khusus, dengan resep ini Anda bisa membuat ayam bakar Madura sendiri di rumah. Cukup siapkan bahan-bahannya dan ikuti langkah-langkah dengan cermat, maka kelezatan kuliner khas Nusantara ini akan terhidang di meja makan Anda.Nah, jangan ragu untuk mencoba resep ayam bakar Madura di atas dan nikmati kelezatannya di tengah-tengah keluarga tercinta. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Apa Itu Resep Ayam Bakar Madura?

Ayam bakar madura merupakan salah satu hidangan khas dari Pulau Madura, Jawa Timur, Indonesia. Hidangan ini terkenal karena cita rasanya yang khas, yaitu gurih, pedas, dan sedikit manis. Ayam bakar madura biasanya disajikan dengan nasi putih, lalapan, dan sambal terasi. Resep ayam bakar madura ini menggunakan bumbu rempah khas Madura yang memberikan aroma dan cita rasa yang menggugah selera.

Cara Membuat Resep Ayam Bakar Madura

Berikut adalah langkah-langkah lengkap dalam membuat ayam bakar madura:

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 3 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan gula merah, sisir halus
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 2 cm jahe, haluskan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Pertama-tama, lumuri potongan ayam dengan kecap manis dan kecap asin.
  2. Siapkan blender atau penggiling rempah. Masukkan bawang putih, jahe, serai, daun jeruk, gula merah, air asam jawa, dan garam.
  3. Haluskan bumbu rempah menggunakan blender atau penggiling rempah hingga tercampur rata.
  4. Setelah halus, campurkan bumbu rempah dengan ayam yang telah dilumuri kecap. Ratakan bumbu rempah hingga merata di seluruh permukaan ayam.
  5. Diamkan ayam dalam bumbu rempah selama minimal 2 jam agar bumbu meresap.
  6. Panaskan grill atau teflon dengan sedikit minyak goreng.
  7. Panggang ayam hingga matang dengan api sedang. Bolak-balik ayam agar matang merata.
  8. Saat ayam sudah matang dan berwarna kecokelatan, angkat dari grill atau teflon.
  9. Ayam bakar madura siap disajikan dengan nasi putih, lalapan, dan sambal terasi.

FAQs (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak ayam bakar madura?

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak ayam bakar madura adalah sekitar 2-3 jam, termasuk waktu marinasi ayam dalam bumbu rempah. Namun, waktu ini dapat bervariasi tergantung pada jumlah dan ukuran potongan ayam.

2. Apa yang membuat ayam bakar madura menjadi spesial?

Ayam bakar madura memiliki keunikan dalam bumbu rempahnya. Bumbu rempah khas Madura yang terbuat dari bawang putih, jahe, serai, daun jeruk, gula merah, air asam jawa, dan garam memberikan aroma dan cita rasa yang khas pada ayam bakar madura. Selain itu, proses penggorengan atau pemanggangan yang sempurna juga membuat ayam bakar madura menjadi spesial.

Kesimpulan

Ayam bakar madura merupakan hidangan yang lezat dan menggugah selera. Proses pembuatan ayam bakar madura membutuhkan sedikit waktu dan usaha, namun hasilnya pasti akan memuaskan. Dengan menggunakan bumbu rempah khas Madura, citarasa ayam bakar ini menjadi sangat istimewa. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ayam bakar madura ini di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga dan teman-teman Anda.

Jangan sia-siakan kesempatan untuk mencicipi hidangan khas Indonesia yang lezat ini. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Ayam Bakar Madura: Kelezatan Kuliner Khas Nusantara yang Menggoyang Lidah!"