Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Bumbu Kacang Sate Sapi Madura: Menggoyang Lidah Saat Makan!

Pernah mencicipi sate sapi Madura dengan bumbu kacang yang menggoyang lidah? Selain terkenal dengan pulau garam, Madura juga punya jajanan khas yang sudah menjadi favorit banyak orang. Sate sapi Madura dengan bumbu kacangnya yang gurih dan pedas mampu membuat siapa saja ketagihan. Mau tahu bagaimana cara membuatnya? Simak resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan:

- 500 gram daging sapi, potong kotak-kotak- 20 tusuk sate dari bambu, rendam air- 2 sendok makan minyak sayur- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh merica bubuk

Bumbu kacang:

- 200 gram kacang tanah, sangrai- 5 siung bawang putih- 5 buah cabai merah keriting, buang bijinya- 3 sendok makan kecap manis- 1 sendok makan air asam jawa- 1 sendok teh gula merah, sisir halus- 1 sendok teh garam- 1 sendok makan minyak sayur

Cara membuat:

1. Pertama-tama, haluskan kacang tanah, bawang putih, dan cabai merah. Gunakan blender atau ulek secara manual hingga halus.2. Panaskan minyak sayur dalam wajan. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis hingga harum.3. Tambahkan kecap manis, air asam jawa, gula merah, dan garam. Aduk rata dan masak dengan api kecil hingga matang. Angkat dan sisihkan.4. Siapkan tusuk sate dari bambu yang sudah direndam air agar tidak gampang terbakar saat dipanggang.5. Lumuri daging sapi dengan minyak sayur, garam, dan merica bubuk. Diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.6. Tusuk daging sapi pada tusuk sate secara bergantian hingga habis.7. Panggang sate sapi pada bara api yang sudah dipanaskan hingga matang sempurna. Balik sate secara teratur agar matang merata.8. Sajikan sate panas dengan bumbu kacang yang sudah diolah tadi. Wah, jangan terkejut jika sekali mencicipi, kamu akan ketagihan! Rasa gurih dari bumbu kacang yang segar serta cita rasa daging sapi Madura yang lezat akan membuatmu ingin selalu menyantapnya. Selamat mencoba!

Apa Itu Resep Bumbu Kacang Sate Sapi Madura?

Resep bumbu kacang sate sapi Madura adalah hidangan khas dari daerah Madura, Jawa Timur, Indonesia. Sate sapi Madura terkenal dengan cita rasanya yang khas, yaitu gurih, manis, pedas, dan sedikit asam. Bumbu kacang yang digunakan dalam resep ini memberikan rasa khas yang sangat lezat pada daging sapi yang telah ditusuk menggunakan tusuk sate. Biasanya, sate sapi Madura disajikan dengan nasi putih, lontong, atau ketupat, serta ditambah dengan bawang goreng dan irisan mentimun sebagai pelengkap.

Cara Resep Bumbu Kacang Sate Sapi Madura

Bahan-bahan:

- 500 gram daging sapi (bagian daging belakang)

- 200 ml air jeruk nipis

- 2 sendok makan kecap manis

- 1 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh merica bubuk

- 30 tusuk sate

- Minyak goreng secukupnya

Bumbu Kacang:

- 200 gram kacang tanah (digoreng)

- 2 siung bawang putih

- 4 buah cabai merah keriting

- 4 buah cabai merah besar

- 1 sendok teh terasi

- 3 sendok makan gula pasir

- 1 1/2 sendok teh garam

- 200 ml air

- 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat:

1. Potong-potong daging sapi menjadi dadu kecil dan masukkan ke dalam wadah. Tuangkan air jeruk nipis, kecap manis, garam, dan merica bubuk ke dalam wadah yang berisi daging sapi. Aduk rata dan diamkan selama 15-30 menit agar bumbu meresap.

2. Tusuk daging sapi yang telah dibumbui menggunakan tusuk sate. Lakukan sampai semua daging habis ditusuk.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan datar atau panggangan. Goreng sate sapi hingga matang dan berwarna kecokelatan, sambil sesekali dibolak-balik supaya matang merata.

4. Untuk membuat bumbu kacang, haluskan kacang tanah yang telah digoreng, bawang putih, cabai merah keriting, cabai merah besar, dan terasi menggunakan blender atau cobek.

5. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng hingga harum. Tambahkan air, gula pasir, dan garam. Aduk rata dan masak hingga matang dan mengental.

6. Siapkan piring saji dan susun sate sapi yang telah matang di atasnya. Siram dengan bumbu kacang yang sudah matang. Sate sapi Madura siap disajikan.

FAQ 1: Apakah Sate Sapi Madura Bisa Diganti dengan Daging Ayam?

Iya, Anda bisa mengganti daging sapi dengan daging ayam untuk membuat sate Madura. Namun, perlu diperhatikan bahwa citarasa sate akan berbeda karena ayam memiliki tekstur dan rasa yang berbeda dengan sapi. Sate ayam Madura memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan sate sapi Madura. Jadi, jika Anda ingin mencoba variasi rasa, Anda dapat menggunakan daging ayam sebagai pengganti.

FAQ 2: Bagaimana Cara Membuat Bumbu Kacang Sate Sapi Madura Lebih Pedas?

Jika Anda ingin Bumbu Kacang Sate Sapi Madura lebih pedas, Anda dapat menambahkan lebih banyak cabai merah keriting atau cabai merah besar saat membuat bumbu kacang. Anda juga dapat menambahkan cabai rawit jika ingin mendapatkan rasa pedas yang lebih intens. Selain itu, Anda dapat menambahkan saus sambal sebagai pelengkap saat menyajikan sate sapi Madura yang telah matang. Dengan penambahan cabai atau saus sambal sesuai selera, Anda dapat menyesuaikan tingkat kepedasan masakan sesuai preferensi pribadi.

Kesimpulan

Resep bumbu kacang sate sapi Madura adalah hidangan yang lezat dan kaya akan cita rasa. Dengan kombinasi bumbu kacang yang gurih, manis, pedas, dan sedikit asam, sate sapi Madura menjadi pilihan makanan yang populer dan banyak diminati. Dengan mengikuti resep ini, Anda dapat mencoba membuat sate sapi Madura di rumah dengan mudah.

Langkah demi langkah yang dijelaskan dalam resep ini akan memandu Anda untuk menghasilkan sate sapi Madura yang sempurna. Jangan lupa untuk memilih daging sapi yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Anda juga dapat menyesuaikan tingkat kepedasan dan rasa bumbu kacang sesuai dengan selera masing-masing.

Jika Anda ingin mencoba variasi rasa, Anda juga dapat mengganti daging sapi dengan daging ayam atau bahan lain sesuai preferensi Anda. Selamat mencoba resep bumbu kacang sate sapi Madura di rumah!

Bagikan pengalaman Anda dalam mencoba resep ini dengan orang-orang terdekat Anda dan semoga artikel ini membantu memperkaya pengetahuan Anda tentang kuliner Indonesia.

Post a Comment for "Resep Bumbu Kacang Sate Sapi Madura: Menggoyang Lidah Saat Makan!"