Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Masakan Cake Madura: Cake Lezat dengan Aroma Tradisional Madura

Cake Madura mungkin belum terdengar familiar di telinga Anda, tetapi jangan salah, sajian ini mampu membuat lidah bergoyang dan mengugah selera makan. Dari aroma khas rempah-rempah hingga kelembutan tekstur, resep masakan cake Madura ini layak untuk dicoba dan dijadikan pilihan hidangan di momen spesial Anda.

Cake Madura: Mengenal Kuliner Khas Madura

Madura merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Selama berabad-abad, pulau ini telah melestarikan kekayaan tradisi dan kultur lokal, termasuk dalam dunia kuliner. Salah satu makanan khas Madura yang patut dicoba adalah cake Madura.

Cake Madura: Harmoni Rempah-rempah

Salah satu hal yang membedakan cake Madura dengan cake pada umumnya adalah penggunaan rempah-rempah. Perpaduan unik dari kayu manis, cengkeh, dan cardamom memberikan aroma yang kuat dan khas. Tidak hanya mengundang selera makan, tetapi juga membangkitkan kenangan akan tradisi dan budaya Madura.

Bahan-bahan Dalam Cake Madura

Untuk menciptakan kelezatan cake Madura, bahan-bahan berikut ini harus Anda siapkan:1. Tepung terigu sebanyak 250 gram.2. Gula pasir sebanyak 200 gram.3. Garam sejumput.4. Kayu manis bubuk sebanyak satu sendok makan.5. Cengkeh bubuk sebanyak satu sendok teh.6. Cardamom bubuk sebanyak setengah sendok teh.7. Minyak kelapa sebanyak 150 ml.8. Santan kental sebanyak 200 ml.9. Air jeruk nipis sebanyak satu sendok makan.10. Gula pasir untuk taburan.

Langkah-langkah Pembuatan Cake Madura

Setelah terkumpul semua bahan di atas, ikuti langkah-langkah berikut untuk menciptakan cake Madura yang nikmat:1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, kayu manis bubuk, cengkeh bubuk, dan cardamom bubuk dalam mangkuk besar.2. Panaskan minyak kelapa dan tambahkan santan kental. Aduk rata hingga mendidih.3. Tuang campuran santan dan minyak kelapa ke dalam mangkuk dengan bahan-bahan kering. Aduk rata hingga membentuk adonan yang lembut.4. Tambahkan air jeruk nipis dan aduk lagi hingga merata.5. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.6. Olesi loyang dengan minyak kelapa dan taburi dengan gula pasir.7. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.8. Panggang adonan dalam oven selama 30-35 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan.9. Keluarkan cake Madura dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum dihidangkan.

Penyajian Cake Madura yang Menggugah Selera

Setelah dingin, potong-potong cake Madura menjadi irisan yang manis dan lezat. Sajikan dalam piring saji yang indah dan hiasi dengan sedikit gula pasir di atasnya. Cake Madura siap menemani momen spesial Anda, baik saat sarapan, makan siang, maupun sebagai hidangan penutup yang sempurna.Dengan resep masakan cake Madura ini, Anda dapat menikmati kelezatan kuliner khas Madura di rumah. Manjakan lidah dengan perpaduan rempah-rempah yang unik dan kenikmatan tekstur yang lembut. Semoga cake Madura dapat menjadi hidangan yang selalu ditunggu-tunggu di meja makan Anda!

Apa itu Resep Masakan Cake Madura?

Cake Madura adalah sejenis kue tradisional yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur, Indonesia. Kue ini terkenal dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Cake Madura biasanya terbuat dari bahan-bahan dasar seperti tepung, gula, telur, mentega, susu, dan vanili. Kue ini memiliki tampilan yang menarik dengan taburan wijen di atasnya.

Cara Membuat Resep Masakan Cake Madura

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Cake Madura:

Langkah 1: Menyiapkan Bahan-Bahan

Siapkan bahan-bahan berikut:

  1. 200 gram tepung terigu
  2. 200 gram gula pasir
  3. 5 butir telur
  4. 100 gram mentega, lelehkan
  5. 100 ml susu cair
  6. 1 sendok teh vanili bubuk
  7. Secubit garam
  8. Taburan wijen secukupnya

Langkah 2: Membuat Adonan

Langkah selanjutnya adalah membuat adonan Cake Madura:

  1. Masukkan telur dan gula pasir ke dalam mangkuk besar, kocok hingga mengembang dan berwarna putih pucat.
  2. Tambahkan tepung terigu, susu cair, mentega leleh, vanili bubuk, dan garam. Aduk rata menggunakan spatula atau whisk.
  3. Setelah adonan tercampur dengan baik, diamkan selama 10-15 menit agar udara dalam adonan mengembang dan membuat tekstur kue lebih lembut.

Langkah 3: Memanggang Cake Madura

Setelah adonan siap, langkah berikutnya adalah memanggang Cake Madura:

  1. Siapkan loyang bulat dengan diameter sekitar 22 cm. Olesi dengan mentega dan taburi tepung agar kue tidak lengket.
  2. Preheat oven pada suhu 180 derajat Celsius.
  3. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan.
  4. Ratakan permukaan adonan menggunakan spatula.
  5. Taburi permukaan adonan dengan taburan wijen.
  6. Panggang dalam oven selama 40-45 menit atau hingga matang. Untuk memastikan kematangan, tusukkan tusuk gigi ke tengah kue. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang.

FAQ - Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Dapatkah Saya Mengganti Tepung Terigu dengan Tepung Alternatif?

Tepung terigu biasa memberikan tekstur yang lembut pada Cake Madura. Namun, Anda bisa mencoba mengganti sebagian tepung terigu dengan tepung panggang untuk memberikan rasa yang lebih gurih. Pastikan untuk mencoba perbandingan yang tepat.

2. Apakah Saya Bisa Menambahkan Topping Lain pada Cake Madura?

Tentu saja! Anda dapat menambahkan kismis, buah kering, atau kacang panggang sebagai topping untuk Cake Madura. Kreativitas Anda dalam menambahkan topping akan memberikan variasi rasa yang menarik.

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep masakan Cake Madura di atas, Anda dapat membuat kue tradisional dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Percayalah, setelah mencicipi kelezatannya, Anda pasti akan tergoda untuk membuat Cake Madura lagi. Jadi, segera siapkan bahan-bahannya dan mulailah meracik adonan dengan hati yang penuh semangat. Selamat mencoba!

Demikianlah postingan mengenai resep masakan Cake Madura. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue tradisional yang lezat. Jangan ragu untuk berkreasi dan menambahkan sentuhan pribadi pada resep ini. Selamat mencoba dan selamat menikmati Cake Madura!

Post a Comment for "Resep Masakan Cake Madura: Cake Lezat dengan Aroma Tradisional Madura"