Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Sate Madura: Nikmatnya Sensasi Kuah Kacang dan Daging Sapi yang Gurih

Dalam selera kuliner Indonesia, sate Madura memang tak pernah lekang oleh waktu. Apalagi bila kau adalah pencinta kuliner yang suka mencari rasa baru, sensasi kuah kacang dan aroma khas rempah Sate Madura ini akan membuatmu jatuh hati. Tidak hanya itu, proses pembuatannya pun cukup sederhana dan dapat dilakukan di rumah. Yuk, simak bahan dan cara pembuatan Sate Madura yang lezat ini!

Bahan-bahan:

1. 500 gram daging sapi (pilih yang bagian paha atau has dalam)2. 20 tusuk sate (sebaiknya menggunakan tusuk bambu agar rasa lebih autentik)3. 150 gram kacang tanah (sangrai hingga matang)4. 3 siung bawang putih (haluskan)5. 1 buah bawang merah (haluskan)6. 1/2 sdt ketumbar bubuk7. 1/2 sdt jintan bubuk8. 3 sdm kecap manis9. 1 sdm air asam jawa10. 1 sdm minyak goreng11. Gula secukupnya12. Garam secukupnya

Cara Pembuatan:

1. Siapkan daging sapi yang telah dipotong-potong menjadi dadu kecil.2. Tusukkan potongan daging sapi ke tusukan sate, kemudian sisihkan.3. Haluskan kacang tanah sangrai menggunakan blender atau ulek halus.4. Tumis bawang putih hingga harum dan kecokelatan, lalu tambahkan bawang merah, ketumbar bubuk, dan jintan bubuk. Aduk hingga bumbu tercampur rata.5. Masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan ke dalam tumisan bumbu, tambahkan sedikit air matang, lalu aduk rata.6. Tambahkan gula, garam, kecap manis, air asam jawa, dan minyak goreng. Aduk hingga bumbu mengental dan merata.7. Panaskan panggangan atau grill pan, kemudian panggang sate yang telah ditusukkan hingga matang merata. Jangan lupa untuk membalik sate agar matang sempurna.8. Sajikan sate Madura dengan kuah kacang yang sudah matang bersama lontong atau nasi putih, serta irisan mentimun dan bawang merah.Voila! Sate Madura siap dihidangkan. Jangan lupa untuk menikmatinya dengan kuah kacang yang dipadu dengan daging sapi yang empuk dan dijamin membuat lidahmu bergoyang. Selamat mencoba!

Apa Itu Sate Madura?

Sate Madura merupakan satu jenis makanan khas Indonesia yang terkenal dengan citarasa yang khas dan nikmat. Sate ini berasal dari Madura, sebuah pulau di Jawa Timur. Sate Madura terbuat dari daging sapi yang ditusuk dan dipanggang menggunakan arang. Sate Madura memiliki keunikan dalam bahan bumbu kacang yang kental dan sedikit pedas. Cita rasa yang gurih dan pedasnya bumbu kacang membuat sate ini menjadi favorit banyak orang.

Bahan Pembuatan Sate Madura

Bahan Utama:

1. 500 gram daging sapi, potong kecil-kecil

2. 20 tusuk sate, rendam dalam air agar tidak gosong saat dipanggang

3. Arang

Bahan Bumbu Marinasi:

1. 4 siung bawang putih, haluskan

2. 1 sendok teh ketumbar, haluskan

3. 1 sendok teh garam

4. 1 sendok teh merica bubuk

5. 1 sendok makan kecap manis

6. 1 sendok makan minyak goreng

Bahan Bumbu Kacang:

1. 200 gram kacang tanah, sangrai dan haluskan

2. 4 siung bawang putih, haluskan

3. 2 sendok makan kecap manis

4. 2 sendok makan air asam jawa

5. 2 sendok makan gula merah, serut halus

6. 1 sendok teh garam

7. 1 sendok teh ketumbar bubuk

8. 400 ml air

Cara Membuat Sate Madura

Langkah 1: Marinasi Daging Sapi

1. Campurkan bawang putih, ketumbar, garam, merica bubuk, kecap manis, dan minyak goreng dalam wadah.

2. Aduk rata dan masukkan potongan daging sapi.

3. Diamkan selama minimal 1 jam agar bumbu meresap.

Langkah 2: Membuat Bumbu Kacang

1. Campurkan kacang tanah yang sudah dihaluskan dengan bawang putih, kecap manis, air asam jawa, gula merah, garam, ketumbar bubuk, dan air.

2. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur dengan baik.

3. Masak bumbu kacang di atas api kecil hingga mendidih sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.

4. Setelah mendidih, angkat dan biarkan dingin.

Langkah 3: Memanggang Sate

1. Tusuk daging sapi yang telah dimarinasi ke dalam tusukan sate.

2. Panaskan arang dan panggang sate di atasnya.

3. Bolak-balik sate agar matang merata dan warnanya menjadi kecokelatan.

4. Setelah matang, angkat sate dari panggangan.

FAQ 1: Bagaimana Cara Menghindari Sate Madura yang Keras?

Sate Madura yang keras biasanya disebabkan oleh pemilihan daging yang kurang tepat. Untuk menghindari sate yang keras, pilihlah daging yang memiliki serat lebih halus dan daging yang tidak terlalu berlemak. Pemilihan daging yang tepat akan membuat sate lebih lembut dan mudah dicerna saat dikonsumsi.

FAQ 2: Apakah Sate Madura Bisa Disajikan dengan Sambal Kecap?

Tentu saja! Sate Madura dapat disajikan dengan berbagai saus atau sambal. Salah satu kombinasi yang populer adalah dengan menggunakan sambal kecap. Sambal kecap yang pedas dan segar memberikan tambahan cita rasa yang lezat saat disantap bersama sate Madura. Namun, tentu saja pilihan saus atau sambal tetap tergantung pada selera masing-masing.

Kesimpulan

Sate Madura adalah makanan khas Indonesia yang memiliki citarasa yang khas dan nikmat. Pembuatan sate ini melibatkan daging sapi yang dimarinasi dengan bumbu yang khas, dipanggang di atas arang, dan disajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Untuk menghindari sate yang keras, pilihlah daging dengan serat yang lebih halus. Sate Madura juga dapat disajikan dengan berbagai saus atau sambal, seperti sambal kecap. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat dan menikmati sate Madura yang lezat ini!

Apakah Anda siap mencoba membuat sate Madura di rumah? Ayo tuangkan kreativitas Anda dalam memasak dan nikmati hidangan lezat ini bersama keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Sate Madura: Nikmatnya Sensasi Kuah Kacang dan Daging Sapi yang Gurih"