Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Soto Daging Bening Madura: Rasanya Maknyus Bikin Ketagihan!

Siapa yang bisa menolak kelezatan soto daging? Apalagi soto daging bening khas Madura yang selalu bikin lidah bergoyang. Dengan kuah yang jernih dan citarasa yang khas, soto daging bening Madura ini memang pantas dijuluki hidangan pemenang hati. Yuk, ikuti resepnya dan buktikan sendiri kelezatannya!Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat soto daging bening Madura ini tidak sulit didapatkan. Anda hanya perlu menyiapkan:1. 500 gram daging sapi, potong-potong menjadi beberapa bagian2. 2 liter air3. 4 lembar daun jeruk4. 2 batang serai, memarkan5. 4 butir telur rebus, belah dua6. 200 gram tauge pendek7. Garam secukupnya8. Merica secukupnyaLangkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus daging sapi dalam air yang cukup. Tambahkan daun jeruk dan serai agar aroma dan citarasa semakin terasa. Rebus daging hingga empuk dan kuahnya bening.Setelah daging matang, angkat dan tiriskan. Anda bisa memotong-motong daging lebih kecil sesuai selera. Sisihkan air rebusan sebagai kuah utama soto.Langkah selanjutnya, rebus tauge pendek dalam air mendidih selama sekitar 2-3 menit. Tiriskan dan sisihkan.Saatnya membuat kuah soto yang khas. Panaskan air rebusan daging, tambahkan garam dan merica secukupnya. Anda juga bisa menambahkan bumbu pelengkap seperti bawang goreng, seledri cincang, dan irisan daun bawang. Biarkan mendidih sejenak agar rasa bumbu meresap.Saat semua bahan siap, hidangkan soto daging bening Madura di mangkuk. Letakkan potongan daging sapi, tauge pendek, dan setengah telur rebus di atasnya. Siram dengan kuah panas yang gurih. Jangan lupa tambahkan pelengkap seperti bawang goreng, seledri cincang, dan irisan daun bawang.Soto daging bening Madura siap disantap! Nikmati hidangan ini selagi hangat, dan sajikan dengan sambal terasi atau jeruk nipis untuk tambahan rasa segar. Rasanya yang begitu lezat pasti akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencoba lagi!Dengan mengikuti resep soto daging bening Madura ini, Anda tidak perlu lagi berburu makanan di luar untuk mendapatkan citarasa khas Madura. Coba buat sendiri di rumah, dan rasakan kepuasan saat lidah Anda terpuaskan dengan kuah bening yang menggoda. Selamat mencoba!

Apa Itu Resep Soto Daging Bening Madura?

Resep soto daging bening Madura adalah hidangan khas dari daerah Madura, Jawa Timur, Indonesia. Soto ini memiliki kuah bening yang kaya akan rempah-rempah dan daging sapi yang lembut. Biasanya disajikan dengan nasi putih, soto daging bening Madura bisa dinikmati sebagai salah satu hidangan utama.

Cara Resep Soto Daging Bening Madura

Bahan-bahan:

- 500 gram daging sapi, potong-potong

- 2 liter air

- 2 batang serai, memarkan

- 3 lembar daun jeruk purut

- 3 cm jahe, memarkan

- 3 cm lengkuas, memarkan

- 3 lembar daun salam

- 2 buah tomat, potong-potong

- 2 sdm minyak goreng

- 1 sdm garam

- 1 sdt gula

- Daun bawang dan seledri secukupnya, iris halus untuk taburan

- Bawang goreng untuk taburan

Bumbu Halus:

- 6 butir bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 1 sdt merica bubuk

- 1 sdt ketumbar bubuk

- 1 sdt jinten bubuk

- 1 cm kunyit, bakar

- 3 butir kemiri, sangrai

Cara Membuat:

1. Siapkan panci, panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk purut, jahe, lengkuas, dan daun salam hingga harum.

2. Masukkan potongan daging sapi. Aduk rata hingga daging berubah warna.

3. Tuang air secukupnya dan masak hingga mendidih.

4. Setelah mendidih, masukkan potongan tomat, garam, dan gula. Aduk rata dan masak dengan api kecil hingga daging empuk. Tambahkan air jika diperlukan.

5. Angkat daging sapi yang sudah empuk dan suwir-suwir daging tersebut. Sisihkan.

6. Saring kuah soto yang sudah matang.

7. Rebus kembali kuah soto yang sudah disaring hingga mendidih.

8. Siapkan mangkuk hidangan, letakkan suwiran daging sapi, potongan tomat, daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Siram dengan kuah soto panas.

9. Sajikan soto daging bening Madura hangat dengan nasi putih.

FAQ 1: Apakah Soto Daging Bening Madura Bisa Disimpan?

Ya, soto daging bening Madura bisa disimpan dalam lemari es. Setelah dimasak dengan sempurna, biarkan soto dingin terlebih dahulu. Kemudian, tuangkan soto ke dalam wadah kedap udara dan simpan di lemari es. Soto dapat disimpan selama 2-3 hari.

FAQ 2: Bagaimana Jika Tidak Suka Daging Sapi?

Jika Anda tidak suka daging sapi, Anda bisa menggantinya dengan ayam. Gunakan potongan daging ayam yang sesuai dengan resep ini. Anda juga dapat menambahkan telur rebus, bihun, tauge, atau bahan lain sesuai dengan selera Anda.

Kesimpulan

Dengan resep soto daging bening Madura ini, Anda dapat menikmati hidangan lezat yang kaya akan rempah-rempah. Soto ini cocok disajikan sebagai hidangan utama yang menghangatkan di hari-hari yang dingin. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah dan nikmati keenakannya bersama keluarga atau teman-teman Anda!

Ayo, coba buat resep soto daging bening Madura hari ini dan rasakan kenikmatannya!

Post a Comment for "Resep Soto Daging Bening Madura: Rasanya Maknyus Bikin Ketagihan!"