Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Rujak Madura: Kenikmatan Segarnya Mangga Muda di Bangkalan

Halo semua, sudah tahukah kamu tentang rujak Madura? Ya, makanan legendaris yang memiliki cita rasa unik ini memang pantas disebut sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang wajib dicoba. Kali ini, kita akan membahas tentang kelezatan rujak Madura terutama di daerah Bangkalan. Siap-siap tergoda dengan manisnya mangga muda yang digunakan sebagai bahan utamanya!

Menyebut rujak Madura, tidak lengkap rasanya jika tidak membicarakan mangga muda. Buah segar ini menjadi bahan utama dalam pembuatan rujak Madura. Mangga muda segar dipotong dalam bentuk dadu, kemudian dicampur dengan aneka buah dan sayuran lain seperti ketimun, nanas, kedondong, bengkuang, dan masih banyak lagi. Ditambahkan ke dalamnyalah bumbu rujak yang khas, seperti kacang tanah, petis, gula merah, air asam, dan cabai.

Nah, rujak Madura di Bangkalan ini memiliki keunikan tersendiri. Di sini, rujak Madura biasanya disajikan dengan cara yang sedikit berbeda. Alih-alih menggunakan tusuk sate atau sendok kayu untuk memakannya, di Bangkalan, kamu akan disajikan rujak Madura dengan menggunakan mangkok kecil. Kamu dapat menikmati rujak ini dengan menggunakan tanganmu sendiri. Rasanya pun menjadi semakin berbeda ketika disantap dengan menggunakan jari-jari tangan, memberikan sensasi yang unik dan menyenangkan.

Rujak Madura di Bangkalan juga memiliki variasi bumbu yang siap menggoyang lidahmu. Jika kamu suka dengan yang pedas, kamu dapat meminta tambahan cabai atau sambal extra yang bisa membuat makanan ini semakin pedas dan menggigit. Namun, jika kamu tidak terlalu suka dengan rasa pedas, kamu tetap bisa menikmati rujak ini dengan meminta sedikit cabai atau sambal.

Selain rasanya yang lezat, menikmati rujak Madura di kota Bangkalan juga memberikan pengalaman yang berbeda. Kamu akan merasakan atmosfer tradisional yang masih kental, dari penjual yang ramah hingga aroma khas bumbu-bumbu rujak yang menggoda. Sudah banyak warung-warung rujak Madura di Bangkalan yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan kelezatan rujak Madura ini.

Bagi pecinta makanan tradisional, rujak Madura di Bangkalan adalah makanan yang wajib kamu coba. Kombinasi segar dari mangga muda dan cita rasa bumbu rujak yang khas membuat rujak Madura menjadi juara di lidah dan hati penggemarnya. Jadi, jika kamu sedang berada di Bangkalan, jangan lupa untuk mencicipi rujak Madura yang lezat ini!

Apa Itu Rujak Madura di Bangkalan?

Rujak Madura adalah salah satu makanan khas dari Bangkalan, Madura. Bangkalan sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Rujak Madura terkenal dengan rasa pedas, manis, asam, dan segar yang sangat khas. Makanan ini terbuat dari campuran buah-buahan seperti mangga, kedondong, nanas, jambu biji, belimbing, bengkuang, serta beberapa jenis sayuran seperti mentimun, kacang panjang, dan tauge.

Ciri Khas Rujak Madura di Bangkalan

Rujak Madura di Bangkalan memiliki ciri khas yang membedakannya dari rujak-rujak di daerah lain. Salah satunya adalah bumbu rujak yang digunakan. Bumbu rujak khas Bangkalan ini terbuat dari campuran cabai rawit, gula jawa, gula pasir, air asam jawa, petis udang, dan garam. Bumbu ini memberikan rasa yang unik dan bumbu pedas yang lezat.

Selain itu, rujak madura di Bangkalan biasanya juga ditambahkan dengan kerupuk, seperti kerupuk udang atau kerupuk krupuk. Hal ini menambah tekstur dan rasa gurih pada rujak Madura. Tentu saja, rujak Madura juga tidak lengkap tanpa kacang tanah yang digunakan sebagai taburan.

Yang membedakan rujak madura di Bangkalan dengan rujak madura di daerah lainnya adalah rujak madura di Bangkalan lebih cenderung kecil-kecil dan memiliki rasa yang sangat segar dan nikmat. Tak heran jika banyak orang yang ketagihan dengan rujak madura khas Bangkalan ini.

Cara Membuat Rujak Madura di Bangkalan

Membuat rujak Madura di Bangkalan cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Bahan-bahan:

  • 2 buah mangga mentah, potong dadu
  • 1 buah kedondong, potong dadu
  • 1 buah nanas, potong dadu
  • 2 buah jambu biji, potong dadu
  • 1 buah belimbing, potong dadu
  • 200 gram bengkuang, potong dadu
  • 100 gram mentimun, iris tipis
  • 100 gram kacang panjang, potong pendek
  • 100 gram tauge, bersihkan
  • Kerupuk udang, secukupnya
  • Secukupnya kacang tanah sangrai, haluskan

Bumbu Rujak:

  • 10 buah cabai rawit, haluskan
  • 150 gram gula jawa, serut halus
  • 50 gram gula pasir
  • 50 ml air asam jawa
  • 50 gram petis udang
  • Garam secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Cuci bersih semua buah dan sayuran yang akan digunakan.
  2. Rebus air dalam panci hingga mendidih, masukkan tauge dan kacang panjang, biarkan sebentar hingga tauge dan kacang panjang matang setengah.
  3. Tiriskan tauge dan kacang panjang, lalu campurkan dengan potongan buah-buahan dan sayuran lainnya dalam mangkuk besar.
  4. Haluskan cabai rawit, gula jawa, gula pasir, air asam jawa, petis udang, dan garam. Aduk hingga rata.
  5. Tuangkan bumbu rujak ke dalam mangkuk berisi campuran buah dan sayuran. Aduk hingga merata.
  6. Taburkan kerupuk udang dan kacang tanah yang sudah dihaluskan di atas rujak.
  7. Rujak Madura siap disajikan. Nikmati rujak madura segar dari Bangkalan!

FAQ

Apa saja kandungan gizi dalam rujak madura di Bangkalan?

Rujak Madura di Bangkalan mengandung banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Buah-buahan yang digunakan, seperti mangga dan nanas, mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan. Sayuran yang ditambahkan juga memberikan kandungan serat yang tinggi serta mineral penting seperti kalsium dan zat besi. Namun, perlu diingat bahwa gula dan petis udang yang digunakan dalam bumbu rujak ini sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang moderat.

Apakah rujak madura di Bangkalan pedas?

Ya, rujak madura di Bangkalan memiliki rasa yang pedas karena menggunakan cabai rawit dalam bumbu rujak. Namun, tingkat kepedasannya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika Anda tidak suka pedas, Anda dapat mengurangi jumlah cabai rawit yang digunakan dalam bumbu rujak.

Demikianlah penjelasan mengenai rujak Madura di Bangkalan. Rasakan sensasi pedas, manis, asam, dan segar dalam satu gigitan rujak Madura yang lezat ini. Segera coba resep di atas dan nikmati kelezatannya. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Rujak Madura: Kenikmatan Segarnya Mangga Muda di Bangkalan"