Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Bubur Kacang Ijo Madura Dikramat: Menikmati Kelezatan Tradisional dengan Sentuhan Santai

Selain dikenal dengan keindahan pantai dan keramahan penduduknya, Jawa Timur juga menjadi surga kuliner bagi pecinta makanan tradisional. Salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi daerah ini adalah bubur kacang ijo Madura dikramat. Mari nikmati kelezatan tradisional ini dengan sentuhan santai!Bubur kacang ijo Madura dikramat telah dikenal sejak lama sebagai hidangan penyejuk tenggorokan di hari-hari panas. Dengan bahan dasar kacang ijo yang diolah dengan begitu sempurna, bubur ini siap memanjakan lidah Anda dalam setiap sendokannya.Pertama-tama, kacang ijo direndam semalaman untuk menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan lebih mudah untuk dimasak. Setelah direndam dengan penuh kasih sayang, kacang ijo ini kemudian dikukus hingga matang sempurna. Dalam proses pengukusan ini, aroma khas dari kacang ijo tersebut akan menguar dan menggoda selera.Selanjutnya, bubur kacang ijo yang telah matang tersebut akan dicampur dengan gula aren. Gula aren memberikan cita rasa manis yang alami dan memberikan warna serta kekayaan rasa pada bubur. Tidak hanya itu, sentuhan spesial lainnya adalah tambahan biji salak yang memberikan sensasi kenyal dan segar pada setiap suapan.Bubur kacang ijo Madura dikramat telah menjadi hidangan khas yang tidak lepas dari daerah ini. Dikramat sendiri adalah nama sebuah kampung di Madura, Jawa Timur yang menjadi pusat produksi bubur kacang ijo ini. Dalam setiap buka puasa selama bulan Ramadhan, masyarakat setempat tak pernah melewatkan hidangan yang satu ini.Hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Kandungan serat yang tinggi dalam kacang ijo dapat membantu meningkatkan pencernaan serta menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kombinasi kacang ijo dan gula aren juga memberikan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.Jadi, jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Jawa Timur, jangan lupa mencicipi bubur kacang ijo Madura dikramat ini. Rasakan sensasi kenikmatan tradisional dengan sentuhan santai yang akan membuat lidah Anda bergoyang kegirangan. Selamat menikmati!

Apa Itu Bubur Kacang Ijo Madura Dikramat?

Bubur Kacang Ijo Madura Dikramat adalah sejenis makanan tradisional khas Madura yang terbuat dari bahan utama kacang ijo. Kacang ijo ini kemudian direbus hingga lembut dan dijadikan bubur dengan campuran gula merah yang dipanaskan hingga larut. Dikramat sendiri merupakan nama suatu daerah di Madura yang menjadi tempat asal makanan ini. Bubur Kacang Ijo Madura Dikramat sering kali dihidangkan dengan topping berupa kelapa parut dan biji selasih.

Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Madura Dikramat

Bahan-bahan:

  • 250 gram kacang ijo
  • 150 gram gula merah
  • 1 liter air
  • Secukupnya biji selasih
  • Secukupnya kelapa parut

Langkah-langkah:

  1. Cuci bersih kacang ijo, kemudian rendam dalam air selama minimal 4 jam.
  2. Tiriskan kacang ijo setelah direndam.
  3. Rebus kacang ijo dengan air hingga matang dan empuk. Aduk secara teratur agar tidak lengket di dasar panci. Tambahkan air jika diperlukan.
  4. Masukkan gula merah ke dalam panci berisi kacang ijo yang sudah empuk. Aduk hingga gula merah larut sepenuhnya.
  5. Cek kelembutan kacang ijo, jika sudah matang dan empuk, matikan api.
  6. Sajikan bubur kacang ijo dalam mangkuk, tambahkan kelapa parut dan biji selasih sebagai topping.
  7. Nikmati bubur kacang ijo madura dikramat selagi masih hangat.

FAQ

1. Apakah Bubur Kacang Ijo Madura Dikramat memiliki kandungan gizi yang baik?

Ya, Bubur Kacang Ijo Madura Dikramat memiliki kandungan gizi yang baik. Kacang ijo mengandung serat, protein, vitamin B kompleks, asam folat, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Gula merah yang digunakan sebagai pemanis bubur mengandung kalori, mineral, dan beberapa vitamin juga. Kelapa parut dan biji selasih yang digunakan sebagai topping juga memberikan tambahan nutrisi yang baik.

FAQ

2. Apakah Bubur Kacang Ijo Madura Dikramat bisa disimpan?

Ya, Bubur Kacang Ijo Madura Dikramat bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam lemari es selama 2-3 hari. Namun, sebaiknya bubur segera disajikan setelah dimasak untuk menjaga kelezatan dan kualitasnya. Ketika memanaskan kembali, tambahkan sedikit air agar bubur tidak terlalu kental.

Kesimpulan

Bubur Kacang Ijo Madura Dikramat adalah makanan tradisional yang lezat dan bergizi. Makanan ini terbuat dari kacang ijo yang direbus hingga empuk, kemudian dicampur dengan gula merah. Penambahan kelapa parut dan biji selasih sebagai topping membuat bubur ini semakin nikmat. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga mengandung banyak nutrisi penting, seperti protein, serat, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan menikmati kelezatan bubur kacang ijo Madura Dikramat ini! Anda bisa mencoba resep di atas agar dapat menikmati bubur kacang ijo Madura Dikramat di rumah. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Bubur Kacang Ijo Madura Dikramat: Menikmati Kelezatan Tradisional dengan Sentuhan Santai"