Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Madura: Nikmatnya Olahan Lezat dari Timur Indonesia

Siapa yang bisa menolak kelezatan bubur kacang ijo Madura? Olahan tradisional dari timur Indonesia ini merupakan paduan sempurna antara kelembutan kacang ijo dengan kekentalan santan yang menggoda. Jika Anda penasaran dengan cara pembuatannya, berikut adalah panduan sederhana yang bisa Anda ikuti.

Bahan-Bahan:

  • 250 gram kacang ijo
  • 1 liter air
  • 200 ml santan kental
  • 100 gram gula merah, serut halus
  • 1/2 sendok teh garam

Langkah Pembuatan:

Langkah 1: Rendam kacang ijo dalam air selama minimal 2 jam hingga mengembang dengan baik.

Langkah 2: Setelah kacang ijo mengembang, tiriskan air rendaman dan tambahkan 1 liter air bersih pada panci. Masak kacang ijo dengan api sedang dan biarkan mendidih hingga matang, kurang lebih selama 30-40 menit. Pastikan kacang ijo benar-benar lunak dan lembut saat dihancurkan.

Langkah 3: Selanjutnya, masukkan santan kental ke dalam panci yang berisi kacang ijo yang telah matang. Aduk perlahan agar santan meresap sempurna ke dalam kacang ijo. Tambahkan juga gula merah serut dan garam, aduk kembali hingga bahan tercampur merata.

Langkah 4: Terus masak bubur dengan api kecil selama kurang lebih 10-15 menit, sambil terus diaduk agar menghindari adanya endapan yang menempel di panci. Pastikan gula merah benar-benar larut dan bubur menjadi lebih kental.

Langkah 5: Setelah bubur matang dan kental, angkat panci dari kompor dan biarkan sedikit mendingin sebelum diberikan tambahan topping sesuai selera Anda. Beberapa pilihan topping yang klasik untuk bubur kacang ijo Madura adalah kelapa parut, biji ketapang, atau kacang tanah sangrai.

Sajikan dengan Hangat

Bubur kacang ijo Madura siap dihidangkan! Sajikan dalam keadaan hangat untuk mencapai kenikmatan yang maksimal. Rasa manis dari gula merah yang menyatu dengan lembutnya kacang ijo pasti akan menggugah selera Anda.

Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah dan nikmati sendiri kelezatan bubur kacang ijo Madura yang khas. Selamat mencoba!

Apa Itu Bubur Kacang Ijo Madura?

Bubur kacang ijo madura adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan rasa manisnya yang lezat dan tekstur yang lembut. Bubur ini terbuat dari kacang ijo yang diolah menjadi bubur dengan tambahan beberapa bahan alami lainnya seperti gula merah, santan kelapa, dan beberapa bumbu seperti daun pandan. Bubur kacang ijo madura juga sering disajikan dengan taburan kelapa parut yang memberikan sensasi gurih dan renyah.

Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Madura yang Lezat

Untuk membuat bubur kacang ijo madura yang lezat, Anda memerlukan langkah-langkah berikut:

1. Persiapan Bahan

Pertama, siapkan semua bahan yang diperlukan, antara lain:

  • 250 gram kacang ijo
  • 150 gram gula merah, disisir halus
  • 400 ml santan kelapa kental
  • 2 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Kelapa parut sebagai taburan

2. Memasak Kacang Ijo

Cuci bersih kacang ijo, lalu rendam dalam air selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, tiriskan dan masukkan kacang ijo ke dalam panci bersama dengan daun pandan. Tambahkan air secukupnya hingga kacang ijo terendam. Rebus kacang ijo dengan api sedang hingga empuk dan matang. Pastikan saat merebus kacang ijo selalu ditutup pancinya agar matang secara merata.

3. Menghaluskan Kacang Ijo

Setelah kacang ijo matang, angkat dan buang daun pandan. Haluskan kacang ijo dengan menggunakan blender atau alat penghalus makanan lainnya hingga menjadi bubur yang lembut. Jika teksturnya terlalu kental, tambahkan sedikit air matang hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.

4. Membuat Kuah Gula Merah

Panaskan panci, lalu masukkan santan kelapa kental dan gula merah yang sudah disisir halus. Aduk-aduk hingga gula merah larut dengan sempurna. Tambahkan sedikit garam untuk menyeimbangkan rasa manis. Masak kuah gula merah dengan api kecil hingga mendidih dan menjadi sedikit kental.

5. Menggabungkan Bubur dan Kuah Gula Merah

Tuangkan bubur kacang ijo yang sudah dihaluskan ke dalam panci berisi kuah gula merah. Aduk rata hingga bubur dan kuah tercampur dengan baik. Masak kembali bubur kacang ijo madura dengan api kecil hingga panas dan matang secara merata.

6. Penyajian

Sajikan bubur kacang ijo madura dalam mangkuk atau piring saji. Taburi permukaannya dengan kelapa parut sebagai hiasan. Bubur kacang ijo madura siap dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin sebagai hidangan penutup yang lezat.

Tips Membuat Bubur Kacang Ijo Madura yang Lezat

Agar bubur kacang ijo madura yang Anda buat memiliki cita rasa yang enak, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

1. Pilihlah Kacang Ijo yang Berkualitas

Gunakan kacang ijo yang masih segar dan berkualitas baik untuk menghasilkan bubur yang lezat. Pastikan juga untuk mencuci kacang ijo dengan bersih sebelum direndam dan dimasak.

2. Gunakan Santan Kelapa Kental

Untuk mendapatkan rasa yang kaya dan kental, gunakan santan kelapa yang kualitasnya baik dan kental. Ini akan memberikan kelembutan dan kelezatan pada bubur kacang ijo madura.

3. Sesuaikan Kekentalan Bubur

Apabila konsistensi bubur terlalu kental, Anda dapat menambahkan sedikit air matang agar mencapai kekentalan yang diinginkan. Sebelum mencampurkan bubur dengan kuah gula merah, pastikan bubur sudah mencapai tekstur yang lembut dan terhidasi dengan baik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Bubur Kacang Ijo Madura Bisa Disimpan dalam Kulkas?

Tentu saja! Bubur kacang ijo madura dapat disimpan dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya. Anda dapat menyimpannya dalam wadah kedap udara atau plastik makanan yang rapat. Bubur tersebut dapat bertahan selama 2-3 hari dalam suhu kulkas yang tidak lebih dari 4 derajat Celsius.

2. Bisakah Bubur Kacang Ijo Madura Dihidangkan sebagai Menu Sarapan?

Tentu saja bisa! Bubur kacang ijo madura dapat dijadikan sebagai menu sarapan yang sehat dan lezat. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam bubur kacang ijo madura, seperti protein dan serat, akan memberikan energi yang cukup bagi tubuh sehingga Anda dapat memulai hari dengan penuh semangat.

Kesimpulan

Bubur kacang ijo madura adalah hidangan penutup yang lezat dengan rasa manis yang khas. Proses pembuatannya cukup sederhana dan dapat dilakukan di rumah. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan langkah demi langkah untuk membuat bubur kacang ijo madura yang lezat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Selain itu, kami juga membagikan tips tambahan untuk menghasilkan bubur yang lebih sempurna.

Jika Anda belum pernah mencoba bubur kacang ijo madura sebelumnya, kami sangat menyarankan Anda untuk mencobanya. Rasakan kelezatannya dan nikmati sensasi manis gurih yang dihadirkan oleh hidangan ini. Jangan ragu untuk mencoba varian lain seperti tambahan tape singkong atau paduan dengan es serut sebagai variasi penyajian.

Dengan demikian, kami mengajak Anda untuk mencoba membuat bubur kacang ijo madura sendiri di rumah. Berkreasilah dengan menambahkan bumbu atau topping lain sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan nikmati hidangan ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat Anda!

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Madura: Nikmatnya Olahan Lezat dari Timur Indonesia"