Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Membuat Keripik Singkong Madura yang Gurih dan Nikmat

Berbicara mengenai camilan khas Nusantara, keripik singkong tentu tidak boleh terlewatkan. Salah satu jenis keripik yang paling populer adalah keripik singkong khas Madura. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya selalu menjadi pilihan favorit para pecinta camilan.

Tidak hanya nikmat saat disantap, keripik singkong Madura juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Jika Anda tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri, berikut adalah cara praktis dan simpel membuat keripik singkong Madura yang menggugah selera.

Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

1. Pertama-tama, siapkan singkong yang sudah dicuci bersih dan dikupas kulitnya. Potong singkong menjadi irisan tipis atau dadu sesuai dengan selera.

2. Rendam singkong dalam air yang telah ditambahkan sedikit garam selama sekitar 30 menit. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan getah singkong yang dapat membuat keripik menjadi pahit.

3. Setelah direndam, tiriskan singkong dan lap hingga kering dengan menggunakan kain bersih atau tisu dapur.

4. Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup di wajan atau penggorengan dengan api sedang.

5. Goreng singkong perlahan-lahan dalam minyak panas hingga keripik berubah menjadi kuning keemasan. Pastikan untuk terus mengaduk agar keripik matang merata dan tidak gosong.

6. Angkat keripik singkong dari minyak dan tiriskan dengan menggunakan saringan atau tisu dapur agar minyak berlebih terserap.

7. Taburkan garam secukupnya untuk memberi rasa gurih pada keripik. Anda juga dapat menambahkan bumbu atau rempah sesuai dengan selera seperti balado atau BBQ powder.

8. Biarkan keripik singkong Madura dingin dan kering di suhu ruangan. Setelah itu, simpan dalam wadah kedap udara agar kelezatannya tetap terjaga.

Voila! Keripik singkong Madura pun siap untuk dinikmati. Cocok disajikan sebagai camilan di berbagai acara mulai dari kumpul keluarga, hingga sebagai cemilan saat nonton film.

Selamat mencoba dan semoga keripik singkong Madura buatan Anda menjadi favorit di kalangan teman dan keluarga. Rasanya yang gurih dan renyah dijamin membuat mereka ketagihan!

Apa Itu Keripik Singkong Madura?

Keripik singkong Madura adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis dan digoreng hingga renyah. Makanan ini berasal dari daerah Madura, Jawa Timur, Indonesia. Dikenal dengan tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, keripik singkong Madura telah menjadi camilan favorit banyak orang. Selain itu, keripik singkong Madura juga memiliki manfaat kesehatan yang cukup baik karena tinggi serat dan rendah kalori.

Cara Membuat Keripik Singkong Madura

Bahan-bahan yang Diperlukan:

- Singkong segar

- Minyak goreng secukupnya

- Garam secukupnya

Langkah-langkah Membuat:

1. Bersihkan singkong dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau tanah yang menempel.

2. Kupas kulit singkong menggunakan pisau, kemudian cuci kembali hingga bersih.

3. Potong singkong menjadi irisan tipis menggunakan mandoline atau pisau dengan ketebalan sekitar 1-2 mm.

4. Rendam irisan singkong dalam air selama sekitar 30 menit untuk menghilangkan amilum yang berlebih.

5. Panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng semua irisan singkong.

6. Setelah minyak panas, goreng irisan singkong secara bertahap dalam minyak panas hingga kecokelatan dan renyah.

7. Angkat keripik singkong dari minyak goreng dan tiriskan di atas kertas minyak.

8. Beri garam secukupnya pada keripik singkong yang masih panas, lalu aduk hingga merata.

9. Setelah dingin, keripik singkong Madura siap disajikan.

Tips dalam Membuat Keripik Singkong Madura

1. Gunakan singkong segar

Pastikan Anda menggunakan singkong segar dan berkualitas untuk menghasilkan keripik singkong Madura yang enak dan renyah. Singkong yang sudah tua atau layu dapat menghasilkan keripik yang keras dan kurang enak.

2. Iris singkong dengan ketebalan yang tepat

Untuk mendapatkan tekstur yang renyah, iris singkong dengan ketebalan sekitar 1-2 mm. Jika terlalu tipis, keripik akan mudah gosong saat digoreng. Jika terlalu tebal, keripik akan kurang renyah.

3. Rendam singkong dalam air sebelum digoreng

Rendam irisan singkong dalam air selama sekitar 30 menit sebelum digoreng untuk menghilangkan amilum yang berlebih. Ini akan membantu menjaga keripik tetap renyah dan tidak mudah lembek.

4. Gunakan minyak yang cukup banyak

Pastikan Anda menggunakan minyak goreng yang cukup banyak sehingga semua irisan singkong dapat terendam saat digoreng. Hal ini akan memastikan bahwa keripik matang dengan baik dan merata.

5. Jangan lupa beri garam

Setelah menggoreng keripik, beri garam secukupnya pada keripik yang masih panas. Garam akan menambah cita rasa gurih pada keripik singkong Madura.

Kelebihan Cara Membuat Keripik Singkong Madura

Kelebihan dari cara membuat keripik singkong Madura ini adalah bahwa keripik singkong yang dihasilkan memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Selain itu, dengan membuat keripik sendiri, Anda dapat mengontrol kualitas bahan dan tidak perlu khawatir dengan bahan pengawet atau tambahan kimia yang mungkin ada dalam keripik komersial. Anda juga dapat menyesuaikan rasa sesuai dengan preferensi pribadi Anda dengan menambahkan bumbu atau rempah-rempah favorit.

FAQ

1. Apakah bisa menggoreng keripik singkong menggunakan minyak sayur?

Ya, Anda bisa menggunakan minyak sayur untuk menggoreng keripik singkong. Minyak sayur merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan minyak kelapa sawit atau minyak lain dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Namun, perlu diingat bahwa keripik singkong yang digoreng dengan minyak sayur mungkin memiliki sedikit perbedaan rasa dan aroma dibandingkan dengan yang digoreng dengan minyak kelapa sawit.

2. Apakah bisa menambahkan bumbu atau rempah-rempah lain dalam keripik singkong Madura?

Tentu saja! Anda bebas menambahkan bumbu atau rempah-rempah favorit Anda pada keripik singkong Madura. Beberapa contoh bumbu yang bisa Anda gunakan adalah bawang putih bubuk, paprika bubuk, cabai bubuk, atau garam beryodium. Eksperimenlah dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah untuk menciptakan rasa yang sesuai dengan selera Anda.

Kesimpulan

Membuat keripik singkong Madura sendiri adalah cara yang menyenangkan dan murah meriah untuk menikmati camilan yang renyah dan gurih. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, Anda dapat membuat keripik singkong yang berkualitas dengan cita rasa yang tak kalah dengan yang dijual di pasaran. Selamat mencoba!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera persiapkan singkong segar dan ciptakan keripik singkong Madura sendiri di rumah. Anda pasti akan senang dengan hasilnya dan bisa menikmati camilan yang lezat kapan pun Anda mau. Selamat mencoba dan nikmati keripik singkong Madura yang renyah dan gurih!

Post a Comment for "Cara Membuat Keripik Singkong Madura yang Gurih dan Nikmat"