Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Membuat Nasi Campur Madura ala Ngampel: Nikmatnya Gurih dan Pedas!

Penasaran bagaimana cara membuat nasi campur Madura yang lezat ala Ngampel? Tidak perlu khawatir, di artikel ini akan kita bahas langkah demi langkah untuk menciptakan hidangan yang menggoda ini. Berbekal bumbu khas Madura yang kaya rempah, nasi campur Madura ala Ngampel ini akan memanjakan selera Anda dengan cita rasa gurih dan pedas yang khas.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

- Daging ayam, sapi, atau kambing (sesuai selera), potong kecil-kecil- Terasi secukupnya- Bumbu kacang (bisa dipilih disesuaikan dengan selera)- Telur ayam, rebus dan iris menjadi dua bagian- Tempe goreng, potong panjang-panjang- Tahu goreng, potong kecil-kecil- Krupuk emping, untuk pelengkap- Teri Medan kering, untuk tambahan rasa gurih- Tomat, potong-potong- Sayur kangkung, rebus sebentar- Bawang merah dan bawang putih, haluskan- Cabai rawit sesuai selera, haluskan atau iris tipis- Garam, kaldu bubuk, dan gula secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Pertama-tama, haluskan bumbu terasi dengan menggunakan cobek atau blender. Setelah itu, goreng bumbu terasi hingga harum.2. Selanjutnya, tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum dan berubah menjadi kecokelatan.3. Masukkan potongan daging yang telah dipotong kecil-kecil tadi ke dalam tumisan bawang merah dan bawang putih. Tambahkan sedikit garam, gula, dan kaldu bubuk. Aduk rata hingga daging matang dan bumbu meresap.4. Setelah itu, goreng tempe dan tahu hingga kering dan kecokelatan. Tiriskan.5. Siapkan bumbu kacang dan campurkan dengan air secukupnya. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk, dan terasi yang telah digoreng tadi. Aduk merata.6. Rebus sayur kangkung hingga setengah matang. Tiriskan.7. Ambil piring saji, tuangkan nasi putih ke dalam piring. Tata potongan daging ayam, sapi, atau kambing di satu sisi piring, dan letakkan irisan telur di sisi lainnya. Jangan lupa tambahkan tempe goreng, tahu goreng, sayur kangkung, tomat, dan teri Medan kering di atas nasi.8. Siram nasi campur dengan bumbu kacang yang telah disiapkan, dan taburkan potongan cabai rawit sesuai selera Anda.9. Untuk pelengkap, hidangkan dengan krupuk emping yang renyah.Nasi campur Madura ala Ngampel siap untuk dinikmati! Hidangan ini akan memanjakan lidah Anda dengan sensasi gurih dan pedas yang tak terlupakan. Sajikan kepada keluarga dan teman-teman terdekat Anda, dan saksikan mereka terpesona oleh kelezatannya. Selamat mencoba!

Apa Itu Nasi Campur Madura ala Ngampel?

Nasi Campur Madura ala Ngampel adalah salah satu hidangan khas dari Madura yang terkenal dengan cita rasanya yang khas dan beragam. Hidangan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan berbagai macam lauk-pauk, seperti ayam, empal, tahu, tempe, sayur, dan sambal khas Madura. Hidangan nasi campur ini banyak ditemukan di daerah Ngampel, Kabupaten Bangkalan, Madura, yang merupakan tempat asalnya.

Cara Membuat Nasi Campur Madura ala Ngampel

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat nasi campur Madura ala Ngampel:

1. Persiapan Bahan

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, antara lain:

  • Nasi putih
  • Ayam suwir
  • Empal suwir
  • Daging sapi suwir
  • Tahu dan tempe goreng
  • Sayur lodeh
  • Sambal petis
  • Bawang goreng

2. Memasak lauk-pauk

Siapkan wajan dan panaskan minyak. Masak ayam suwir, empal suwir, dan daging sapi suwir dengan bumbu yang telah dihaluskan. Setelah matang dan empuk, angkat dan sisihkan.

3. Memasak sayur lodeh

Rebus air dalam panci, masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Setelah mendidih, masukkan sayur-sayuran seperti daun pepaya, labu siam, dan jagung manis. Masak hingga sayur menjadi empuk.

4. Menghidangkan

Ambil sepiring nasi putih dan tambahkan lauk-pauk yang telah dimasak sebelumnya. Tambahkan sayur lodeh, sambal petis, dan taburan bawang goreng sesuai selera. Nasi campur Madura ala Ngampel siap disajikan.

Tips Membuat Nasi Campur Madura ala Ngampel

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti saat membuat nasi campur Madura ala Ngampel:

  1. Gunakan bumbu yang variatif untuk menambah cita rasa hidangan nasi campur.
  2. Pilih daging yang segar dan empuk untuk dijadikan lauk-pauk.
  3. Tambahkan sambal petis untuk memberikan rasa pedas khas Madura.
  4. Jaga kebersihan saat memasak dan mengolah bahan makanan.
  5. Sajikan nasi campur dengan aneka pelengkap seperti timun, kerupuk, dan irisan jeruk nipis untuk menambah kenikmatan hidangan.

Kelebihan Membuat Nasi Campur Madura ala Ngampel

Ada beberapa kelebihan dalam membuat nasi campur Madura ala Ngampel, antara lain:

  • Rasa yang khas dan lezat, karena menggunakan bumbu-bumbu tradisional yang khas Madura.
  • Beragam pilihan lauk-pauk yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.
  • Memiliki nilai gizi yang tinggi karena mengandung berbagai macam sayuran dan protein dari lauk-pauk.
  • Mudah dalam proses pembuatannya, sehingga dapat dijadikan hidangan sehari-hari.

FAQ

Q: Apakah nasi campur Madura hanya bisa ditemukan di Ngampel?

A: Meskipun nasi campur Madura ala Ngampel terkenal di daerah Ngampel, hidangan ini juga dapat ditemukan di berbagai tempat lain di Pulau Madura maupun di luar Madura.

FAQ

Q: Apakah nasi campur Madura ala Ngampel memiliki varian lain?

A: Ya, ada berbagai macam varian nasi campur Madura yang dapat ditemukan, tergantung dari wilayah dan penjualnya. Beberapa varian lainnya misalnya nasi campur Madura ala Bukit dan nasi campur Madura ala Pamekasan.

Demikianlah informasi lengkap tentang apa itu nasi campur Madura ala Ngampel, cara membuatnya, tips, kelebihannya, dan juga beberapa FAQ terkait hidangan ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk membuat hidangan nasi campur Madura ala Ngampel sendiri. Selamat mencoba!

Jika Anda tertarik untuk mencicipi nasi campur Madura ala Ngampel, Anda dapat mengunjungi restoran atau warung makan yang menyajikan hidangan ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan khas Madura yang lezat ini!

Post a Comment for "Cara Membuat Nasi Campur Madura ala Ngampel: Nikmatnya Gurih dan Pedas!"