Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Membuat Sambal Korek Madura: Pedasnya Bikin Lidah Bergoyang!

Madura, sebuah pulau di Jawa Timur yang terkenal dengan kekayaan kuliner khasnya. Satu di antara makanan yang tak bisa dilewatkan ketika mengunjungi pulau ini adalah sambal korek Madura. Sambal yang memiliki cita rasa yang begitu khas, membuat lidah bergoyang dan menuntut lebih banyak nasi. Jika Anda penasaran dengan resepnya, ikuti langkah-langkah berikut!

Bahan-bahan:

  • 15 cabe rawit merah
  • 5 buah cabe keriting merah
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 tomat merah
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Air matang secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Pertama-tama, cuci bersih semua bahan utama, yaitu cabe rawit merah, cabe keriting merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat merah.
  2. Kemudian, iris tipis-tipis cabe rawit merah dan cabe keriting merah. Untuk tingkat kepedasan yang lebih ringan, Anda bisa menghilangkan biji cabe rawit dan cabe keriting sebelum diiris.
  3. Selanjutnya, iris bawang merah dan bawang putih secara halus.
  4. Iris juga tomat merah menjadi beberapa bagian agar nantinya lebih mudah dihaluskan.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
  6. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan.
  7. Masukkan irisan cabe rawit merah dan cabe keriting merah. Aduk rata dan masak hingga aroma dari cabai mulai tercium sangat sedap.
  8. Tambahkan irisan tomat merah, gula pasir, dan garam. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna dan matang.
  9. Terakhir, tambahkan air secukupnya sesuai dengan kekentalan yang Anda inginkan. Masak sambal korek Madura ini selama beberapa menit hingga bumbunya meresap sempurna.

Setelah sambal korek Madura matang dan bumbunya meresap sempurna, angkat dari wajan dan tuangkan ke dalam wadah yang bersih. Sambal korek Madura siap disajikan dan menemani makanan kesukaan Anda, seperti nasi goreng, ayam bakar, atau ikan goreng. Rasanya yang pedas dan pedasnya yang bikin lidah bergoyang pasti akan mencuri perhatian lidah Anda! Selamat mencoba!

Sekali mencoba, akan selalu mengingat pedasnya yang menggoda!

Apa itu Sambal Korek Madura?

Sambal korek madura adalah salah satu jenis sambal khas Madura yang terkenal dengan rasa pedasnya yang menggigit. Sambal ini memiliki tekstur yang kental dan berbahan dasar cabe rawit merah yang dihaluskan. Sambal korek madura sering digunakan sebagai pelengkap hidangan, khususnya hidangan Indonesia. Selain itu, sambal ini juga bisa digunakan untuk dipadukan dengan makanan lain, seperti mie goreng, nasi goreng, atau sate.

Cara Membuat Sambal Korek Madura

Untuk membuat sambal korek madura, Anda memerlukan bahan-bahan sebagai berikut:

Bahan-bahan:

- 250 gram cabe rawit merah

- 4 buah bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 2 sendok teh air asam jawa

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula pasir

- Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

1. Pertama, cuci bersih cabe rawit merah dengan air mengalir. Jika Anda menginginkan sambal yang tidak terlalu pedas, Anda bisa mengurangi jumlah cabe rawit merah sesuai dengan selera.

2. Kemudian, kupas bawang merah dan bawang putih. Iris bawang merah dan bawang putih tipis-tipis agar mudah dihaluskan.

3. Selanjutnya, panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berwarna kecokelatan.

4. Setelah itu, tambahkan cabe rawit merah yang sudah dicuci ke dalam wajan. Aduk-aduk sampai cabe layu dan warna berubah menjadi lebih terang.

5. Angkat wajan dari api dan biarkan cabe dan bawang merah serta bawang putih yang ada dalam wajan dingin.

6. Setelah bahan-bahan dalam wajan dingin, masukkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam blender. Tambahkan air asam jawa, garam, dan gula pasir.

7. Blender semua bahan hingga halus dan tercampur merata. Jika diperlukan, tambahkan sedikit minyak goreng untuk membantu proses blending agar lebih lancar.

8. Jika tekstur sambal masih terlalu kental, tambahkan sedikit air matang dan blender kembali hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

9. Sambal korek madura siap disajikan.

Tips Membuat Sambal Korek Madura

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam membuat sambal korek madura yang enak dan lezat:

1. Memilih Cabai Rawit yang Baik

Pilihlah cabe rawit yang segar dan berwarna merah cerah. Cabe rawit yang segar akan memberikan rasa pedas yang lebih nikmat dan aroma yang khas.

2. Mengatur Tingkat Kepedasan

Jika Anda ingin sambal korek madura yang pedas, Anda bisa menambahkan lebih banyak cabe rawit. Namun, jika Anda tidak terlalu menyukai rasa pedas, Anda bisa mengurangi jumlah cabe rawit yang digunakan.

3. Memasukkan Bumbu-Bumbu Khas

Untuk memberikan cita rasa khas sambal korek madura, tambahkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, air asam jawa, garam, dan gula pasir. Bumbu-bumbu ini akan membuat sambal menjadi lebih sedap dan lezat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah sambal korek madura bisa diawetkan?

Iya, sambal korek madura bisa diawetkan dengan cara dituangkan ke dalam botol kaca yang bersih dan dijaga kebersihannya. Simpan di dalam kulkas agar sambal tetap segar dan tahan lebih lama. Namun, sebaiknya sambal yang sudah dibuat langsung habis dalam beberapa hari setelah pembuatan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

2. Apakah sambal korek madura hanya bisa digunakan untuk makanan Indonesia?

Tidak, sambal korek madura tidak hanya cocok untuk makanan Indonesia. Anda juga bisa menggunakannya sebagai pelengkap hidangan Asia lainnya. Selain itu, sambal korek madura juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan seperti tumisan sayur atau berbagai olahan daging.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sambal korek madura merupakan sambal khas Madura yang memiliki rasa pedas yang khas dan menggigit. Sambal ini dapat digunakan sebagai pelengkap hidangan atau dipadukan dengan makanan lain seperti mie goreng atau nasi goreng. Dalam membuat sambal korek madura, perhatikan pemilihan cabe rawit yang segar dan tambahkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, air asam jawa, garam, dan gula pasir untuk memberikan cita rasa khas. Sambal ini juga dapat diawetkan, namun sebaiknya dikonsumsi dalam waktu beberapa hari setelah pembuatan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat sambal korek madura sendiri di rumah dan menikmatinya bersama hidangan kesukaan Anda!

Post a Comment for "Cara Membuat Sambal Korek Madura: Pedasnya Bikin Lidah Bergoyang!"