Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Membuat Sambel Kacang Sate Madura: Kenikmatan Asli Dari Negeri Arek Malang

Sate Madura, hidangan favorit para pecinta kuliner khas Indonesia, tak akan lengkap tanpa kehadiran sambel kacangnya yang khas. Bagaimana tidak, sambel kacang Sate Madura ini mampu memberikan sentuhan eksotis, pedas, dan gurih pada tiap tusukan sate yang menggugah selera. Tak perlu bingung, berikut adalah panduan sederhana dalam membuat sambel kacang ala Sate Madura yang lezat dan autentik, sehingga Anda dapat menikmati kenikmatan khas dari Negeri Arek Malang ini di rumah Anda sendiri.

Bahan-bahan:

- 200 gram kacang tanah, sangrai hingga kecoklatan dan kupas kulitnya.- 3 siung bawang putih- 4 buah cabai merah keriting (sesuai selera kepedasan)- 2 sendok makan air asam jawa- 2 sendok makan gula merah, serut halus- 1 sendok teh garam- 100 ml air matang

Langkah-langkah:

1. Siapkan blender atau food processor, masukkan kacang tanah sangrai, bawang putih, dan cabai merah keriting ke dalamnya. Haluskan semua bahan tersebut hingga berbentuk pasta.2. Setelah halus, tambahkan air asam jawa, gula merah serut, dan garam ke dalam blender. Lanjutkan proses blender hingga semua bahan tercampur sempurna dan terbentuk tekstur yang lebih lembut.3. Panaskan sebuah wajan anti lengket, tuangkan adonan sambel kacang yang telah dihasilkan dari blender. Tambahkan air matang sedikit demi sedikit hingga mencapai konsistensi yang diinginkan. Masak sambel pada api kecil hingga mengecilkan air dan adonan mengental, sekitar 10-15 menit.4. Jika sambel telah mengental dan minyak tampak mengambang di atasnya, angkat sambel dari wajan dan tuangkan ke dalam wadah penyimpanan yang telah bersih dan kering. Biarkan sambel kacang Sate Madura ini dingin sejenak sebelum digunakan.5. Sambel kacang Sate Madura siap dinikmati bersama tusukan sate ayam, daging sapi, atau kambing kesukaan Anda. Anda juga dapat menggunakannya sebagai pelengkap untuk hidangan lain, seperti tahu goreng atau nasi goreng.Nikmati sensasi pedas dan gurihnya sambel kacang Sate Madura yang lezat ini. Dengan petunjuk yang sederhana ini, kini Anda dapat menghadirkan kelezatan Sate Madura di rumah Anda sendiri. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Apa Itu Sambel Kacang Sate Madura

Sambel kacang sate Madura adalah salah satu jenis sambal kacang yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur, Indonesia. Sambel ini biasanya disajikan sebagai bumbu pelengkap untuk hidangan sate Madura. Sambel kacang sate Madura memiliki cita rasa yang kaya, gurih, pedas, dan sedikit manis. Selain digunakan untuk hidangan sate, sambel kacang sate Madura juga dapat dinikmati dengan makanan lainnya seperti tahu goreng, tempe goreng, atau nasi goreng. Proses pembuatan sambel kacang sate Madura melibatkan beberapa bahan dan tahapan yang harus diikuti dengan benar untuk mendapatkan hasil yang lezat.

Cara Membuat Sambel Kacang Sate Madura

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambel kacang sate Madura yang lezat:

1. Persiapan Bahan

- 250 gram kacang tanah, sangrai hingga matang dan kulitnya mengelupas.
- 4 siung bawang putih, iris tipis.
- 4 buah cabai merah keriting, buang bijinya dan iris tipis.
- 100 ml air matang.
- 2 sendok makan kecap manis.
- 1 sendok makan gula merah, parut.
- 1 sendok teh air jeruk nipis.
- 1/2 sendok teh garam.
- Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

2. Penghalusan Bahan

- Haluskan kacang tanah yang sudah disangrai menggunakan blender atau food processor hingga menjadi serbuk halus.
- Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum dan matang.
- Angkat dan dinginkan.
- Haluskan tumisan bawang putih dan cabai merah menggunakan blender atau food processor hingga halus.

3. Pembuatan Sambel Kacang

- Panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang.
- Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
- Masukkan air matang, kecap manis, gula merah, air jeruk nipis, dan garam.
- Aduk rata dan biarkan mendidih hingga kuah agak mengental.
- Masukkan kacang tanah halus dan aduk rata.
- Masak sambel kacang sate Madura sambil terus diaduk hingga matang dan kuah mengental.
- Angkat dan biarkan dingin.
- Sambel kacang sate Madura siap disajikan.

Tips Membuat Sambel Kacang Sate Madura yang Lezat

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat sambel kacang sate Madura yang lezat:

1. Gunakan Kacang Tanah yang Segar

Pilih kacang tanah yang masih segar dan berkualitas baik. Kacang tanah segar akan memberikan rasa dan aroma yang lebih enak pada sambel kacang sate Madura.

2. Tumis Bumbu Halus dengan Baik

Pastikan bumbu halus seperti bawang putih dan cabai merah ditumis dengan baik hingga harum dan matang. Hal ini akan memberikan aroma yang sedap pada sambel kacang sate Madura.

3. Jangan Lupa dengan Bahan Tambahan

Tambahkan bahan tambahan seperti kecap manis, gula merah, air jeruk nipis, dan garam dengan takaran yang pas. Bahan-bahan ini akan memberikan rasa manis, asam, dan gurih yang khas pada sambel kacang sate Madura.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah bisa menggunakan kacang tanah yang sudah dikupas?

Ya, Anda bisa menggunakan kacang tanah yang sudah dikupas. Namun, kacang tanah dengan kulitnya masih utuh akan memberikan rasa dan tekstur yang lebih nikmat pada sambel kacang sate Madura.

2. Bisakah sambel kacang sate Madura disimpan dalam jangka waktu lama?

Ya, sambel kacang sate Madura dapat disimpan dalam lemari es selama beberapa minggu. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya.

Kesimpulan

Membuat sambel kacang sate Madura sendiri tidaklah sulit jika mengikuti langkah-langkah yang tepat. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas baik dan mengikuti tips-tips yang telah disebutkan untuk mendapatkan sambel kacang sate Madura yang lezat. Nikmati sambel kacang sate Madura sebagai pelengkap hidangan sate atau makanan lainnya untuk memberikan cita rasa pedas, gurih, dan manis yang khas. Jangan ragu untuk mencoba membuat sambel kacang sate Madura sendiri di rumah!

Jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi kelezatan sambel kacang sate Madura yang khas. Coba resep ini sekarang juga dan buat hidangan Anda semakin lezat. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Membuat Sambel Kacang Sate Madura: Kenikmatan Asli Dari Negeri Arek Malang"