Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Membuat Udang Goreng Madura: Gurih dan Bikin Nagih!

Pulau Madura, yang terletak di lepas pantai utara Jawa Timur, memang terkenal dengan kuliner khasnya yang menggoyang lidah. Salah satu hidangan yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke sana adalah udang goreng Madura yang lezat. Ingin tahu rahasia dibalik kelezatan udang goreng khas Madura ini? Yuk, simak caranya!1. Memilih udang yang segar adalah kunci utama dari sebuah hidangan yang sempurna. Pastikan kamu membeli udang yang masih segar dan terbebas dari bau amis. Pilihlah udang dengan ukuran yang sedang agar dagingnya tetap kenyal dan lezat.2. Setelah memilih udang yang berkualitas, selanjutnya tinggal membersihkannya dengan baik. Bersihkan udang dari kulit keras dan juga bagian hitam di sepanjang punggungnya. Jangan lupa untuk menghilangkan alat pengait ekornya, agar mudah saat menyantap udang goreng nanti.3. Selanjutnya, siapkan bumbu marinasi yang membuat udang goreng Madura ini begitu istimewa. Campurkan bawang putih yang telah dihaluskan, kecap manis, garam, merica bubuk, dan juga sedikit air jeruk nipis. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur dengan sempurna.4. Rendam udang dalam bumbu marinasi yang telah kamu buat tadi, dan biarkan meresap selama sekitar 15-30 menit agar bumbu meresap dengan baik ke dalam daging udang. Jangan terlalu lama merendamnya, karena bisa membuat daging udang terlalu asam dan kehilangan kekenyalannya.5. Setelah daging udang terendam dengan sempurna, panaskan minyak dalam jumlah yang cukup banyak di dalam wajan. Pastikan minyak benar-benar panas sebelum menggoreng udang, agar dagingnya tetap renyah dan tidak terlalu berminyak.6. Goreng udang dalam minyak panas hingga berubah warna menjadi merah keemasan dan kulitnya menjadi renyah. Hal ini biasanya memakan waktu sekitar 2-3 menit. Jangan terlalu lama menggoreng udang, karena bisa membuat dagingnya menjadi terlalu kering.7. Angkat udang goreng Madura yang telah matang dan tiriskan minyak berlebih menggunakan serbet atau tisu dapur. Sajikan udang goreng Madura ini selagi hangat, untuk mendapat sensasi terbaik dalam menggigit setiap potongannya.Nah, sekarang kamu bisa menikmati udang goreng Madura yang gurih dan bikin nagih di rumah sendiri! Jangan lupa untuk menghidangkan udang goreng ini dengan sambal kecap pedas dan nasi putih hangat. Selamat mencoba dan semoga makanan yang kamu buat disukai oleh semua orang!

Apa Itu Udang Goreng Madura?

Udang Goreng Madura adalah salah satu hidangan khas dari Madura, Jawa Timur. Hidangan ini terkenal karena udangnya yang digoreng dengan tepung berbumbu, sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan renyah. Udang Goreng Madura biasanya disantap sebagai lauk pauk pada makan siang atau makan malam.

Cara Membuat Udang Goreng Madura

Bahan-bahan:

- 500 gram udang ukuran sedang- 2 siung bawang putih, cincang halus- 1 sendok makan kecap manis- 1/2 sendok teh garam- 1/4 sendok teh merica bubuk- 1/4 sendok teh kaldu bubuk- 1/2 sendok teh gula pasir- Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

1. Bersihkan udang dari kepala, kulit, dan kaki-kakinya. Belah bagian punggung udang dengan pisau kecil, lalu buang "vena" atau bagian hitam yang ada di punggung udang.2. Tumis bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum.3. Masukkan udang ke dalam tumisan bawang putih, aduk rata.4. Tambahkan kecap manis, garam, merica bubuk, kaldu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata hingga udang terbalut bumbu.5. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng udang dalam minyak panas hingga berubah warna menjadi merah kecokelatan dan kecokelatan.6. Angkat udang goreng madura dari minyak, tiriskan.

Tips Membuat Udang Goreng Madura yang Lezat

- Pilih udang yang segar agar hasilnya lebih enak.- Saat memasak udang goreng madura, pastikan minyak dalam wajan benar-benar panas agar udang matang dengan cepat dan hasilnya lebih renyah.- Jika ingin mendapatkan rasa yang lebih gurih, tambahkan sedikit bubuk kaldu pada bumbu udang.

Kelebihan Cara Membuat Udang Goreng Madura

1. Mudah dibuat: Resep udang goreng madura ini sangat sederhana dan mudah diikuti oleh siapa saja, bahkan bagi pemula sekalipun.2. Bahan yang terjangkau: Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat udang goreng madura umumnya mudah ditemukan dan terjangkau harganya.3. Cita rasa yang lezat: Udang goreng madura memiliki cita rasa yang gurih, renyah, dan sedikit manis. Hal ini membuat hidangan ini disukai oleh banyak orang.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa menggunakan udang beku untuk membuat udang goreng madura?

Idealnya, menggunakan udang segar akan memberikan hasil yang lebih baik. Namun, jika tidak ada pilihan lain, Anda dapat menggunakan udang beku. Pastikan untuk mendefrostasi udang beku dengan benar sebelum digunakan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

2. Apakah bisa menggunakan tepung terigu biasa?

Idealnya, menggunakan tepung terigu khusus untuk gorengan akan memberikan hasil yang lebih renyah. Namun, jika tidak ada, Anda dapat menggunakan tepung terigu biasa dengan tambahan sedikit baking powder untuk hasil yang lebih renyah.

Demikianlah cara membuat udang goreng madura yang lezat dan renyah. Nikmati hidangan ini sebagai lauk pauk di makanan siang atau makan malam Anda. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Membuat Udang Goreng Madura: Gurih dan Bikin Nagih!"