Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Desa Ben Baru Sumenep Madura: Keindahan dan Pesona Tradisi di Ujung Pulau Jawa

Pada ujung Pulau Jawa, tersembunyi sebuah desa yang kaya akan keindahan alam dan pesona tradisi. Namanya adalah Desa Ben Baru, yang terletak di kawasan Sumenep, Madura. Jika Anda mencari tempat santai untuk melupakan kepenatan perkotaan dan mengisi kembali energi, desa ini adalah pilihan yang tepat.Desa Ben Baru menghadirkan panorama alam yang memukau hati. Dikelilingi oleh perbukitan hijau yang menghampar luas, Anda dapat menikmati udara segar yang mampu menyegarkan pikiran. Dari atas puncak bukit, matahari terbenam akan menawarkan pemandangan spektakuler di cakrawala, menciptakan suasana yang romantis dan damai.Selain alamnya yang menakjubkan, Desa Ben Baru juga terkenal dengan tradisi dan kearifan lokalnya. Masyarakat desa yang ramah dan hangat sering kali menyambut pengunjung dengan senyuman lebar. Mereka dengan senang hati akan berbagi cerita mengenai sejarah dan budaya yang mereka anut dengan bangga.Salah satu tradisi yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Desa Ben Baru adalah "Tarian Kuntulan". Tarian ini merupakan tarian khas masyarakat Madura yang memperlihatkan kekuatan dan keberanian dalam menghadapi segala tantangan hidup. Anda dapat menikmati keindahan gerakan lincah para penari saat merasakan getaran energi yang kuat melalui tarian ini.Jangan lupa untuk menjelajahi kehidupan sehari-hari masyarakat lokal. Anda dapat bergabung dengan warga desa dalam meramu kopi tradisional Madura atau berpartisipasi dalam proses pembuatan kerajinan tangan. Melalui pengalaman ini, Anda akan lebih memahami kesederhanaan hidup dan nilai-nilai kebersamaan yang dianut oleh masyarakat desa.Selain itu, Desa Ben Baru juga menawarkan kuliner khas Madura yang menggugah selera. Cobalah "sate Ponorogo" yang terkenal dengan cita rasanya yang khas serta tekstur daging yang lembut. Di sini, Anda juga bisa menikmati hidangan laut segar langsung dari perairan sekitar desa, seperti ikan bakar, udang goreng, atau cumi-cumi saus padang.Jika Anda ingin mengunjungi Desa Ben Baru, ada beberapa penginapan yang dapat Anda pilih. Mulai dari penginapan tradisional yang memadukan estetika khas Madura dengan kenyamanan modern, hingga homestay yang dikelola oleh penduduk setempat untuk merasakan kehidupan desa yang autentik.Tidak hanya untuk melepas penat, Desa Ben Baru juga menyediakan banyak kegiatan seru. Anda dapat berpetualang dengan mendaki bukit, menjelajahi keindahan pantai, atau bahkan bersepeda menyusuri pedesaan yang tenang. Pilihan-pilihan tersebut akan membuat liburan Anda lebih berkesan dan penuh dengan pengalaman baru.Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi Desa Ben Baru Sumenep Madura dan rasakan keindahan serta pesona tradisinya. Dapatkan pengalaman yang tak terlupakan dan nikmati suasana yang benar-benar berbeda di ujung Pulau Jawa ini!

Apa Itu Desa Ben Baru Sumenep Madura?

Desa Ben Baru terletak di Kabupaten Sumenep, Madura. Desa ini merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang memiliki keindahan alam yang memukau. Desa Ben Baru terkenal dengan keunikan arsitektur rumah tradisional madura yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Dalam Bahasa Madura, Ben Baru berarti "baru". Desa ini disebut Ben Baru karena merupakan salah satu desa terbaru yang berada di wilayah Sumenep Madura. Desa ini memiliki keistimewaan dalam keadaan geografis dan keadaan sosial khususnya dalam budaya sosial masyarakatnya.

Desa Ben Baru juga terkenal dengan adat dan budayanya yang kaya serta komunitas yang sangat aktif dalam melestarikan kebudayaan tradisional Madura. Para penduduk desa ini masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya.

Cara Mengunjungi Desa Ben Baru Sumenep Madura

Untuk mengunjungi Desa Ben Baru di Sumenep Madura, Anda bisa menggunakan penerbangan atau transportasi darat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda tempuh:

1. Menggunakan Pesawat Terbang

Anda dapat terbang ke Bandara Juanda di Surabaya. Dari Bandara Juanda, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan taksi atau angkutan umum menuju Terminal Bungurasih. Dari Terminal Bungurasih, Anda dapat naik bus atau travel menuju pelabuhan Kamal. Setelah itu, Anda bisa naik kapal feri menuju Pelabuhan Kalianget. Dari Pelabuhan Kalianget, Anda dapat menggunakan angkutan umum menuju Desa Ben Baru.

2. Menggunakan Transportasi Darat

Jika Anda memilih untuk menggunakan transportasi darat, Anda bisa naik bus dari Surabaya menuju Terminal Bungurasih, kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus atau travel menuju pelabuhan Kamal. Setelah itu, Anda bisa naik kapal feri menuju Pelabuhan Kalianget. Dari Pelabuhan Kalianget, Anda dapat menggunakan angkutan umum menuju Desa Ben Baru.

Tips untuk Mengunjungi Desa Ben Baru Sumenep Madura

Untuk memaksimalkan kunjungan Anda ke Desa Ben Baru, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

1. Mempersiapkan Pakaian yang Tepat

Karena Desa Ben Baru terletak di daerah pedesaan dengan cuaca yang panas, disarankan untuk memakai pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Gunakan pakaian berbahan katun atau linen agar tetap terasa sejuk.

2. Menggunakan Alat Pelindung Diri

Sebaiknya Anda membawa tabir surya, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik. Juga pastikan untuk menggunakan sepatu yang nyaman untuk berjalan jauh.

3. Menghormati dan Mendukung Komunitas Lokal

Desa Ben Baru sangat menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya. Jadi, pastikan Anda menghormati dan mendukung kegiatan komunitas lokal selama kunjungan Anda. Belilah hasil kerajinan tangan dari warga setempat untuk mendukung perkembangan ekonomi masyarakat Desa Ben Baru.

Kelebihan Desa Ben Baru Sumenep Madura

Desa Ben Baru memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang menarik. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

1. Keindahan Alam

Desa Ben Baru dikelilingi oleh kebun dan sawah yang hijau. Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan udara segar di tempat ini. Keindahan alamnya membuat Desa Ben Baru cocok untuk dikunjungi oleh pecinta alam.

2. Rumah Tradisional Madura yang Unik

Di Desa Ben Baru, Anda dapat melihat rumah-rumah tradisional Madura yang masih lestari. Rumah-rumah ini memiliki arsitektur yang khas dan unik, dengan menggunakan bahan utama kayu. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang tertarik dengan budaya dan sejarah.

3. Keberagaman Budaya

Desa Ben Baru memiliki masyarakat yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya. Anda dapat belajar tentang adat dan budaya Madura secara langsung melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh warga setempat. Keberagaman budaya di Desa Ben Baru membuatnya menjadi suatu tempat yang menarik untuk dijelajahi.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cuaca di Desa Ben Baru Sumenep Madura?

Desa Ben Baru memiliki iklim tropis dengan suhu yang cukup tinggi sepanjang tahun. Biasanya suhu rata-rata berkisar antara 25 hingga 35 derajat Celsius. Disarankan untuk membawa pakaian yang nyaman, topi, dan alat pelindung diri lainnya saat mengunjungi desa ini.

2. Apa jenis kegiatan yang dapat dilakukan di Desa Ben Baru Sumenep Madura?

Di Desa Ben Baru, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan menarik, seperti mengunjungi rumah tradisional Madura, belajar tentang seni dan budaya Madura, menikmati keindahan alam, dan berinteraksi dengan masyarakat lokal. Anda juga dapat membeli kerajinan tangan khas Madura yang dijual di desa ini.

Kesimpulan

Desa Ben Baru di Sumenep Madura adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam, rumah tradisional yang unik, dan keberagaman budaya. Dengan mengunjungi desa ini, Anda bisa merasakan pengalaman yang berbeda dan mendapatkan wawasan baru tentang budaya dan adat Madura. Jangan lupa untuk menghormati dan mendukung komunitas lokal serta membawa pulang kerajinan tangan khas Madura sebagai oleh-oleh. Plan your trip now and enjoy the beauty of Desa Ben Baru!

Mari berbagi pengalaman Anda mengunjungi Desa Ben Baru kepada teman-teman dan keluarga. Bagikan foto-foto dan cerita Anda tentang pengalaman yang menarik di desa ini. Dengan begitu, Anda dapat mempromosikan pariwisata Desa Ben Baru serta membantu meningkatkan pendapatan masyarakat lokal. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan kunjungan Anda sekarang dan nikmati keindahan Desa Ben Baru!

Post a Comment for "Desa Ben Baru Sumenep Madura: Keindahan dan Pesona Tradisi di Ujung Pulau Jawa"