Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Desa Bena: Destinasi Wisata Asli Sumenep, Madura yang Menggoda Selera

Madura, salah satu pulau terbesar di Indonesia, terkenal dengan keindahan alamnya yang memikat hati. Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Madura adalah Desa Bena, yang terletak di kawasan Sumenep. Desa ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memesona, tetapi juga menggoda selera dengan resep-resep kuliner khasnya.

Desa Bena adalah desa tradisional yang masih memegang erat kebudayaan dan tradisi leluhur mereka. Ketika mengunjungi desa ini, Anda akan seolah-olah melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, dengan rumah-rumah adat yang berdiri kokoh dan terjaga dengan baik. Pemandangan alam di sekitarnya juga luar biasa, dengan hamparan sawah yang hijau dan gunung-gunung yang menjulang di kejauhan.

Tapi jangan salah, keindahan Desa Bena tidak hanya terletak pada lanskapnya yang memukau. Desa ini juga terkenal dengan berbagai hidangan lezat yang membuat lidah Anda bergoyang. Salah satu resep paling terkenal di Desa Bena adalah "Sate Ayam Kampung". Hasil olahan daging ayam yang empuk, dibumbui dengan rempah-rempah khas Madura, dan dibakar dengan arang yang memberikan cita rasa yang unik dan menggugah selera.

Sate Ayam Kampung di Desa Bena biasanya disajikan dengan lontong dan ditambahkan dengan sambal khas Madura yang pedas dan mengugah selera. Rasanya yang khas dan aroma yang menggoda akan membuat Anda ingin menambah porsi berulang kali. Selain sate ayam, masih banyak hidangan lezat lainnya yang dapat Anda temukan di Desa Bena, seperti "Oseng-oseng Mercon" yang pedas, "Ikan Asap" yang gurih, dan "Nasi Pecel" yang segar.

Untuk mengunjungi Desa Bena, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau naik bus dari pusat kota Sumenep. Jaraknya yang tidak terlalu jauh membuat destinasi wisata ini cukup mudah dijangkau. Sesampainya di Desa Bena, Anda akan disambut dengan keramahan penduduk setempat yang senang menerima tamu dari luar daerah. Anda juga dapat mempelajari kebudayaan dan tradisi mereka, serta belajar langsung tentang resep-resep kuliner khas Desa Bena yang lezat.

Apakah Anda siap menjelajahi keindahan Desa Bena dan mencoba resep-resep kuliner menggoda di Sumenep, Madura? Jangan lewatkan kesempatan ini untuk merasakan sensasi wisata sejarah yang unik dan menikmati hidangan lezat yang sulit dilupakan. Desa Bena menawarkan pengalaman yang takkan terlupakan bagi penggemar kuliner dan pecinta sejarah. Jadi, segera rancang perjalanan Anda dan jadilah saksi keindahan dan kelezatan Desa Bena, Sumenep, Madura!

Apa Itu Desa Bena di Sumenep Madura?

Desa Bena merupakan salah satu desa yang terletak di kabupaten Sumenep, Madura. Desa ini memiliki banyak keunikan dan daya tarik yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang populer di wilayah tersebut. Desa Bena dikenal karena rumah tradisionalnya yang megah dan memukau, serta kehidupan masyarakatnya yang masih sangat terjaga keasliannya.

Cara Mengunjungi Desa Bena

Untuk mengunjungi Desa Bena, Anda dapat menggunakan transportasi darat maupun laut. Jika Anda berada di luar pulau Madura, Anda dapat mencapai pulau ini dengan menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, ke Pelabuhan Kalianget, Sumenep. Setelah tiba di Pelabuhan Kalianget, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan darat menuju Desa Bena.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum dari Surabaya ke Sumenep. Perjalanan darat ini akan memakan waktu sekitar delapan jam tergantung dari kecepatan dan kepadatan lalu lintas.

Tips Mengunjungi Desa Bena

1. Datang pada musim yang tepat

Untuk mengoptimalkan pengalaman Anda di Desa Bena, disarankan untuk datang pada musim yang tepat. Musim yang disarankan adalah pada saat musim kemarau, karena pada saat itu cuaca cenderung cerah dan tidak ada hujan yang mengganggu perjalanan Anda. Selain itu, kunjungi desa ini pada hari biasa untuk menghindari kerumunan pengunjung yang banyak.

2. Bersikap sopan dan menghormati adat istiadat

Saat mengunjungi Desa Bena, penting untuk bersikap sopan dan menghormati adat istiadat masyarakat setempat. Jaga kebersihan, jangan merusak atau mencoret-coret bangunan, dan dilarang merokok di dalam kawasan desa ini. Ikuti aturan yang telah ditetapkan dan hormati privasi penduduk setempat.

3. Menjaga kebersihan

Ketika berada di Desa Bena, penting untuk menjaga kebersihan lingkungan. Buang sampah pada tempatnya dan hindari kerusakan terhadap keindahan alam dan bangunan di desa ini. Dengan saling menjaga kebersihan, kita dapat menjaga kelestarian dan keaslian Desa Bena.

Kelebihan Desa Bena

Desa Bena memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, antara lain:

1. Arsitektur rumah tradisional yang memukau

Rumah adat di Desa Bena memiliki arsitektur yang unik dengan atap bergelombang, dinding dari anyaman bambu, dan hiasan ornamen yang indah. Keunikan arsitektur ini membuat rumah-rumah di desa ini sangat memukau dan menarik perhatian wisatawan.

2. Kehidupan masyarakat yang masih mempertahankan tradisi

Di Desa Bena, masyarakatnya masih sangat mempertahankan tradisi dan adat istiadat mereka. Masyarakat desa ini masih menjalankan kehidupan sehari-hari mereka dengan pola yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Hal ini membuat Desa Bena menjadi tempat yang ideal untuk belajar dan mengenal budaya Madura secara lebih dalam.

3. Keindahan alam sekitar

Desa Bena terletak di dataran tinggi yang dikelilingi oleh keindahan alam yang spektakuler. Bukit-bukit hijau yang memanjakan mata, pemandangan laut yang memukau, dan udara segar yang memanjakan jiwa menjadi daya tarik tambahan dari Desa Bena.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Bagaimana ketersediaan akomodasi di Desa Bena?

Desa Bena memiliki beberapa homestay yang disewakan kepada wisatawan. Homestay ini menawarkan kenyamanan yang cukup memadai dengan harga yang bersahabat. Namun, karena Desa Bena menjadi destinasi wisata yang populer, disarankan untuk melakukan pemesanan akomodasi jauh-jauh hari sebelum kunjungan Anda.

2. Apakah ada restoran atau warung makan di Desa Bena?

Desa Bena menyediakan beberapa warung makan dan restoran yang menyajikan hidangan khas Madura. Anda dapat menikmati hidangan lezat seperti soto Madura, nasi krawu, dan rujak cingur di beberapa warung makan yang tersebar di desa ini. Namun, disarankan untuk membawa bekal atau makanan ringan sendiri jika Anda memiliki preferensi makanan tertentu atau menghindari antrian yang panjang di warung makan tersebut.

Kesimpulan

Dari artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa Desa Bena di Sumenep Madura adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dengan keindahan alam, arsitektur rumah tradisional yang memukau, dan kehidupan masyarakat yang masih mempertahankan tradisi, Desa Bena menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dan unik. Penting untuk mengunjungi desa ini dengan sikap yang sopan, menjaga kebersihan lingkungan, dan menghormati adat istiadat masyarakat setempat. Pesan kami adalah, jangan ragu untuk mencoba pengalaman berbeda di Desa Bena dan nikmati segala keindahan dan keasliannya!

Post a Comment for "Desa Bena: Destinasi Wisata Asli Sumenep, Madura yang Menggoda Selera"