Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Nasi Jejen Madura Surabaya: Santap Empal yang Menggoyang Lidah

Nasi Jejen Madura Surabaya telah lama menjadi primadona kuliner bagi para pecinta kuliner di Surabaya. Dengan cita rasa yang khas dan menggoyang lidah, hidangan ini telah mencuri perhatian banyak orang dari berbagai wilayah. Di balik penampilannya yang sederhana, Nasi Jejen Madura Surabaya menyembunyikan kelezatan yang tak terduga. Seporsi nasi putih hangat disajikan dengan empal daging sapi yang empuk dan berempah. Rasanya yang gurih dan kaya rempah, membuat lidah tidak bisa berhenti menikmatinya.Tekstur empal yang lembut bertemu dengan nasi yang pulen, menciptakan perpaduan sempurna dalam setiap suapan. Ditambah dengan sambal khas Madura yang pedas dan menggigit, menjadikan hidangan ini semakin menggairahkan selera. Kombinasi sempurna ini membuat nasi jejen menjadi pilihan yang pas untuk dijadikan santapan sehari-hari.Salah satu tempat terkenal yang menyajikan Nasi Jejen Madura Surabaya adalah warung legendaris di Jalan Gajah Mada. Warung ini telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu dan masih ramai dikunjungi oleh para penikmat kuliner hingga saat ini. Hidangan ini juga menarik minat wisatawan dari luar kota. Banyak dari mereka yang sengaja datang ke Surabaya hanya untuk mencoba kelezatan Nasi Jejen Madura Surabaya yang memikat. Tak heran jika restoran dan warung penjual nasi jejen ini selalu dipadati pengunjung setiap harinya.Bagi kamu yang ingin mencoba kuliner unik dan menggoyang lidah, Nasi Jejen Madura Surabaya adalah pilihan yang tepat. Siapa sangka, kelezatan sepotong nasi dengan empal dapat membawa pengalaman kuliner yang tak terlupakan.Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Surabaya dan nikmati kelezatan Nasi Jejen Madura Surabaya yang akan memanjakan lidah dan perutmu!

Apa Itu Nasi Jejen Madura Surabaya?

Nasi Jejen Madura Surabaya adalah salah satu makanan khas dari Surabaya, Jawa Timur. Makanan ini terbuat dari nasi yang diolah dengan bumbu khas Madura dan disajikan dengan berbagai tambahan lauk-pauk yang lezat.

Cara Membuat Nasi Jejen Madura Surabaya

Bahan-bahan:

  • 3 gelas beras
  • 6 gelas air
  • 1 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm garam
  • 500 gram daging sapi, potong kecil-kecil
  • 400 ml santan
  • Bumbu halus:
    • 5 siung bawang putih
    • 8 butir bawang merah
    • 3 buah cabai merah keriting
    • 1 sdt merica
    • 2 sdt ketumbar

Cara membuat:

  1. Cuci beras hingga bersih, lalu tiriskan.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Masukkan daging sapi dan aduk rata hingga daging berubah warna.
  5. Masukkan santan, serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan garam.
  6. Masak hingga santan mendidih dan daging empuk.
  7. Masukkan beras yang sudah dicuci dan aduk rata.
  8. Tambahkan air dan masak dengan api kecil hingga nasi matang dan air meresap.
  9. Angkat dan hidangkan nasi jejen Madura Surabaya dengan lauk pauk pilihan.

Tips Memasak Nasi Jejen Madura Surabaya

1. Pilih beras berkualitas

Pastikan menggunakan beras yang memiliki kualitas bagus agar nasi jejen Madura Surabaya memiliki tekstur dan rasa yang enak.

2. Gunakan santan segar

Santan segar akan memberikan aroma dan rasa yang lebih kaya pada nasi jejen Madura Surabaya. Hindari menggunakan santan instan atau yang sudah dikemas dalam kaleng.

3. Tambahkan lauk-pauk pilihan

Sajikan nasi jejen Madura Surabaya dengan lauk-pauk pilihan, seperti ayam goreng, telur dadar, tahu tempe, atau sambal terasi. Hal ini akan menambah cita rasa dari makanan khas ini.

Kelebihan Nasi Jejen Madura Surabaya

Nasi Jejen Madura Surabaya memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi makanan yang populer:

  1. Rasa yang lezat: Dengan bumbu-bumbu khas Madura yang kaya rempah, nasi jejen Madura Surabaya memiliki rasa yang sangat lezat.
  2. Varian lauk-pauk: Nasi jejen Madura Surabaya dapat disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk, sehingga dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan konsumen.
  3. Porsi yang besar: Biasanya nasi jejen Madura Surabaya disajikan dalam porsi yang besar, sehingga cocok untuk acara makan bersama keluarga atau teman-teman.
  4. Harga terjangkau: Meskipun memiliki rasa yang enak dan porsi yang besar, harga nasi jejen Madura Surabaya relatif terjangkau.
  5. Bahan-bahan segar: Biasanya nasi jejen Madura Surabaya menggunakan bahan-bahan segar dan alami, sehingga memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah nasi jejen Madura Surabaya halal?

Iya, nasi jejen Madura Surabaya menggunakan bahan-bahan yang halal dan bebas dari bahan-bahan yang diharamkan.

2. Apakah nasi jejen Madura Surabaya hanya ada di Surabaya?

Meskipun nasi jejen Madura Surabaya merupakan makanan khas Surabaya, kini banyak restoran dan warung makan di berbagai kota yang menyajikan nasi jejen Madura Surabaya.

Kesimpulan

Nasi jejen Madura Surabaya adalah makanan khas yang memiliki rasa yang lezat dan dapat disesuaikan dengan berbagai macam lauk-pauk. Dengan bahan-bahan yang segar dan harga terjangkau, nasi jejen Madura Surabaya cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Jika Anda belum pernah mencoba, segera kunjungi restoran atau warung makan terdekat dan nikmati kelezatan nasi jejen Madura Surabaya!

So, what are you waiting for? Segeralah mencoba nasi jejen Madura Surabaya dan rasakan lezatnya cita rasa makanan khas Surabaya ini! Yuk, ajak keluarga dan teman-temanmu untuk menikmati nasi jejen Madura Surabaya di restoran atau warung makan terdekat.

Post a Comment for "Nasi Jejen Madura Surabaya: Santap Empal yang Menggoyang Lidah"