Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Perjalanan Mengagumkan Bubur Kacang Hijau Madura di Surabaya

Bubur kacang hijau, salah satu kuliner legendaris dari Madura, telah menemukan tempatnya yang ajaib di hati penduduk Surabaya. Dengan cita rasa nikmatnya yang menggoda, tak heran jika bubur kacang hijau ini menjadi primadona di sepanjang kota Pahlawan.

Dibalut dengan Racikan Rahasia

Rahasia kelezatan bubur kacang hijau Madura terletak pada penggunaan bahan-bahan segar dan proses pembuatannya yang penuh kasih sayang. Dalam setiap sendoknya, Anda akan menemukan butiran kacang hijau yang lembut, bercampur dengan gula merah yang legit. Tidak hanya itu, taburan kelapa parut dengan aroma khasnya menjadi pelengkap sempurna yang meningkatkan kenikmatan rasanya.

Ketangguhan Rasa

Satu suapan bubur kacang hijau Madura mampu membangkitkan kenangan manis dan menyenangkan. Rasa manis gula merah yang terasa pas tidak membuatnya terlalu menjengkelkan di lidah. Sedangkan, kelembutan butiran kacang hijau yang melumer di mulut memberikan sensasi yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Wisata Kuliner Legendaris

Bubur kacang hijau Madura telah mengukir namanya sebagai salah satu ikon kuliner di Surabaya. Pencinta kuliner dari berbagai penjuru datang untuk menikmati kelezatan bubur ini. Terdapat berbagai warung bubur yang menjual hidangan yang sama, tetapi beberapa warung khusus telah menjadi tujuan favorit para pecinta makanan. Jika Anda sedang berada di Surabaya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi nikmatnya bubur kacang hijau Madura ini!

Kunjungan Tak Terlupakan

Tidak ada yang lebih memuaskan daripada menyantap bubur kacang hijau Madura di tengah suasana kota Surabaya yang ramai. Anda dapat menikmatinya dengan ditemani secangkir teh hangat atau kopi hitam yang aromatis. Ketika Anda mencicipi kelezatan bubur ini, Anda juga ikut merasakan kisah panjang dari warisan kuliner yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.Dalam setiap suapannya, Anda akan merasakan kehangatan dan kelezatan yang membangkitkan kenangan indah. Buatlah perjalanan kuliner Anda tak terlupakan dengan menyantap bubur kacang hijau Madura ini. Anda pasti akan meninggalkan warung bubur dengan perasaan puas serta janji untuk kembali lagi ke surga kuliner yang ada di Surabaya. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo nikmati kelezatan bubur kacang hijau Madura di Surabaya sekarang!

Apa itu Bubur Kacang Hijau Madura Surabaya?

Bubur kacang hijau Madura Surabaya adalah salah satu hidangan tradisional yang berasal dari Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur di Indonesia. Hidangan ini terbuat dari bahan dasar kacang hijau yang dimasak dengan air dan gula, kemudian disajikan dengan tambahan beragam topping seperti kelapa parut, kacang tanah, dan selasih.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Madura Surabaya

Berikut ini adalah cara lengkap untuk membuat bubur kacang hijau Madura Surabaya:

1. Persiapan Bahan:

- 250 gram kacang hijau
- 1.500 ml air
- 200 gram gula merah, disisir halus
- 1/2 sendok teh garam
- Daun pandan secukupnya, simpulkan
- Kelapa parut secukupnya, kukus
- Kacang tanah sangrai secukupnya
- Selasih secukupnya

2. Pengendapan Kacang Hijau:

- Cuci bersih kacang hijau dan rendam dalam air selama 2-3 jam.
- Tiriskan kacang hijau dan masukkan ke dalam panci bersama dengan air dan daun pandan.

3. Proses Memasak:

- Masak kacang hijau dengan api sedang hingga mendidih.
- Setelah mendidih, kecilkan api dan masak kacang hijau sampai matang dan lembut. Aduk sesekali untuk menghindari kacang hijau menyatu dengan dasar panci.
- Setelah kacang hijau matang, tambahkan gula merah yang telah disisir halus dan garam. Aduk rata dan masak kembali hingga gula merah larut dan bubur kacang hijau mengental.
- Angkat bubur kacang hijau dari api dan pindahkan ke dalam mangkuk saji.
- Sajikan bubur kacang hijau Madura Surabaya dengan tambahan kelapa parut, kacang tanah sangrai, dan selasih di atasnya.

FAQ 1: Apakah Bubur Kacang Hijau Madura Surabaya Nikmat?

Ya, bubur kacang hijau Madura Surabaya adalah hidangan yang sangat nikmat. Bubur ini memiliki tekstur yang lembut dan kental, serta rasa manis yang berasal dari gula merah. Tambahkan kelapa parut, kacang tanah, dan selasih sebagai topping untuk memberikan rasa dan tekstur yang lebih beragam. Hidangan ini dapat dinikmati sebagai sarapan atau camilan di siang hari.

FAQ 2: Apakah Bubur Kacang Hijau Madura Surabaya Mudah Dibuat?

Ya, bubur kacang hijau Madura Surabaya tergolong mudah dalam pembuatannya. Proses persiapan dan pengolahan bahan-bahan relatif sederhana, dan waktu yang dibutuhkan pun tidak terlalu lama. Dalam waktu kurang dari 2 jam, Anda sudah dapat menikmati bubur kacang hijau Madura Surabaya yang lezat. Cocok bagi Anda yang ingin mencoba membuat hidangan tradisional Indonesia di rumah.

Kesimpulan

Bubur kacang hijau Madura Surabaya adalah hidangan tradisional yang lezat dan populer di Indonesia. Dengan bahan-bahan sederhana dan proses pengolahan yang mudah, Anda dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Rasakan kelezatannya dengan bubur kacang hijau yang lembut dan kental, serta tambahan kelapa parut, kacang tanah, dan selasih sebagai topping. Cobalah resep ini dan rasakan kenikmatan hidangan tradisional Indonesia.

Sekarang, saatnya Anda mencoba membuat bubur kacang hijau Madura Surabaya di dapur Anda sendiri. Dapatkan semua bahan yang diperlukan, ikuti langkah-langkah dalam resep, dan nikmati hasilnya. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Perjalanan Mengagumkan Bubur Kacang Hijau Madura di Surabaya"