Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Babat Usus Madura: Kuliner Khas yang Menggoyang Lidah

Madura, sebuah pulau di sebelah timur Jawa, terkenal dengan beragam kuliner lezat yang menggugah selera. Salah satu hidangan yang tak boleh dilewatkan adalah resep babat usus Madura. Babat yang lembut dan usus yang kenyal dipadu dengan bumbu khas, menciptakan citarasa yang unik dan mengundang selera.

Babat Usus Madura: Kuliner yang Menggoda di Setiap Gigitannya

Bagi pecinta makanan pedas dan berbumbu, resep babat usus Madura adalah pilihan yang tepat. Diiringi dengan sepiring nasi hangat, hidangan ini menjadi makanan favorit banyak orang. Tidak hanya di Madura, di berbagai daerah di Indonesia, makanan ini juga banyak dipilih sebagai menu spesial pada berbagai acara.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • 500 gram babat sapi
  • 500 gram usus sapi
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 sendok makan minyak kelapa
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok teh air asam jawa
  • 1 sendok teh gula merah, serut
  • 1 sendok teh kaldu sapi bubuk
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

Pertama-tama, rebuslah babat dan usus sapi dalam air mendidih bersama dengan daun jeruk purut, serai, lengkuas, dan daun salam. Masak hingga empuk, lalu tiriskan dan potong-potong sesuai selera.

Setelah itu, panaskan minyak kelapa di dalam wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. Bumbu halus yang perlu dihaluskan terlebih dahulu terdiri dari 5 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 3 buah cabai merah keriting, 2 buah cabai rawit (sesuai selera), 2 cm kunyit, dan 1 cm jahe. Aduk rata dan masak hingga matang.

Selanjutnya, masukkan babat dan usus sapi yang telah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu tumis, lalu tambahkan kecap manis, air asam jawa, gula merah, kaldu sapi bubuk, dan garam secukupnya. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk agar bumbu meresap ke dalam babat dan usus.

Setelah tercium aroma harum dan bumbu merata, matikan api dan hidangan resep babat usus Madura siap disajikan. Sajikan hangat sebagai hidangan utama, lengkap dengan nasi putih serta sambal dan irisan cabai rawit untuk tambahan pedasnya.

Nikmati Kelezatan Babat Usus Madura yang Menggiurkan

Resep babat usus Madura adalah salah satu hidangan yang tidak hanya memberikan kenikmatan bagi lidah, tapi juga menghadirkan kekayaan cita rasa tradisional. Kombinasi antara babat lezat dan usus kenyal yang dipadu dengan bumbu khas, menciptakan hidangan yang menggiurkan dan tak terlupakan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba resep babat usus Madura yang lezat ini. Ajak keluarga dan teman-teman untuk merasakan kenikmatan kuliner khas pulau Madura ini. Selamat mencoba!

Apa itu Resep Babat Usus Madura?

Resep babat usus madura adalah salah satu hidangan khas dari Pulau Madura yang terkenal dengan cita rasanya yang khas dan lezat. Hidangan ini terbuat dari babat dan usus sapi yang diolah dengan bumbu-bumbu khas Madura. Babat dan usus sapi memiliki tekstur yang kenyal dan gurih, sehingga sangat cocok sebagai bahan utama dalam hidangan ini.

Cara Membuat Resep Babat Usus Madura:

Bahan-bahan:

- 500 gram babat sapi

- 500 gram usus sapi

- 2 batang serai, memarkan

- 4 lembar daun salam

- 5 lembar daun jeruk purut

- 2 ruas lengkuas, memarkan

- 4 cm jahe, memarkan

- 5 butir bawang merah, haluskan

- 3 siung bawang putih, haluskan

- 2 sendok makan ketumbar bubuk

- 1 sendok makan merica bubuk

- 1 sendok makan garam

- 1 sendok makan gula jawa, serut

- 500 ml air

- Minyak goreng secukupnya

- Daun bawang, iris tipis (untuk garnish)

- Jeruk nipis, potong menjadi wedges (untuk pelengkap)

Cara membuat:

1. Bersihkan babat dan usus sapi dengan air mengalir sampai benar-benar bersih.

2. Rebus babat dan usus sapi dalam air mendidih selama 15 menit untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Angkat dan tiriskan.

3. Potong-potong babat dan usus sapi sesuai selera, kemudian sisihkan.

4. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum.

5. Masukkan serai, daun salam, daun jeruk purut, lengkuas, dan jahe yang telah dimemarkan. Tumis hingga aromanya keluar.

6. Tambahkan babat dan usus sapi yang telah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk rata.

7. Tuangkan air ke dalam wajan, lalu masukkan ketumbar bubuk, merica bubuk, garam, dan gula jawa serut. Aduk kembali hingga bumbu tercampur merata.

8. Masak dengan api sedang hingga babat dan usus sapi empuk dan bumbu meresap, sekitar 1-2 jam.

9. Angkat dan sajikan babat usus madura dalam piring saji. Berikan daun bawang iris sebagai hiasan dan jeruk nipis sebagai pelengkap.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang membedakan resep babat usus madura dengan hidangan serupa?

Resep babat usus madura memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu-bumbu khas Madura, seperti serai, daun salam, daun jeruk purut, lengkuas, dan jahe. Selain itu, penggunaan bumbu ketumbar bubuk, merica bubuk, dan gula jawa serut memberikan sentuhan rasa yang unik dan menggugah selera.

2. Bagaimana cara membuat babat dan usus empuk?

Agar babat dan usus sapi menjadi empuk saat diolah, langkah penting yang perlu dilakukan adalah merebusnya dalam air mendidih selama beberapa menit sebelum dimasak dengan bumbu lainnya. Proses merebus ini membantu menghilangkan bau tidak sedap dan membuat tekstur babat dan usus lebih kenyal.

Kesimpulan:

Resep babat usus madura adalah hidangan khas dari Pulau Madura yang memiliki rasa lezat dan bumbu yang khas. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat hidangan ini di rumah dengan mudah. Selamat mencoba resep babat usus madura, dan jangan lupa untuk menikmatinya bersama keluarga dan teman-teman. Semoga sukses!

Jika Anda ingin mencoba hidangan khas lainnya, jangan ragu untuk menjelajahi resep-resep kuliner lainnya di situs kami. Selamat memasak!

Post a Comment for "Resep Babat Usus Madura: Kuliner Khas yang Menggoyang Lidah"