Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Geseng Tongkol Madura: Lezatnya Gurih Khas Nusantara!

JAKARTA - Mencari hidangan lezat yang memanjakan lidah? Jangan lewatkan resep geseng tongkol Madura yang kaya akan cita rasa gurih ala Nusantara ini! Dalam artikel ini, kita akan mengungkapkan cara mudah dalam menyajikan hidangan yang menggugah selera ini.Rasa menggoda di balik resep tradisional:Tidak diragukan lagi, kuliner Indonesia memang memiliki daya tariknya sendiri. Salah satu dari banyak hidangan yang menonjol adalah geseng tongkol, hidangan laut yang terkenal di Pulau Madura. Kombinasi sempurna antara potongan daging tongkol yang lembut, dengan bumbu rempah yang khas, menjadikan geseng tongkol Madura memiliki rasa yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.Siapkan bahan-bahan berikut:- 500 gram tongkol segar, potong menjadi potongan kecil- 2 sendok makan minyak goreng- 4 siung bawang putih, cincang halus- 2 lembar daun salam- 2 batang serai, memarkan- 2 cm lengkuas, memarkan- 1 buah tomat, potong dadu- 3 sendok makan kecap manis- 1 sendok teh gula pasir- Garam secukupnya- Air secukupnya- Daun bawang, iris tipis untuk taburanCara penyajian yang mudah:1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih, daun salam, serai, dan lengkuas hingga harum.2. Masukkan potongan tongkol dan aduk secara merata hingga berubah warna.3. Tambahkan potongan tomat dan aduk rata.4. Tuangkan air secukupnya hingga menutupi semua bahan dalam wajan.5. Masukkan kecap manis, gula pasir, dan garam sesuai selera.6. Biarkan hidangan mendidih dengan api kecil, sambil sesekali diaduk.7. Setelah hidangan meresap dan kuah menyusut, angkat dari kompor.8. Sajikan geseng tongkol dalam piring saji, dan taburi dengan irisan daun bawang.9. Geseng tongkol Madura siap dinikmati!Nikmati hidangan istimewa ini kapan saja:Dengan resep geseng tongkol Madura yang sederhana ini, Anda dapat menikmati cita rasa khas Nusantara tanpa harus keluar rumah. Hidangan ini cocok disantap sebagai makan siang, makan malam, atau bahkan saat Anda mengundang tamu. Jika Anda ingin menciptakan sensasi asli, hidangkan geseng tongkol Madura dengan nasi putih hangat dan sambal terasi pedas.Berbagi kelezatan Nusantara:Tak hanya menggugah selera, hidangan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk menjelajahi dan memperkenalkan kelezatan kuliner Nusantara kepada orang terdekat. Dengan santai berbagi resep ini, Anda dapat menjadi duta kuliner Indonesia yang memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia.Maka dari itu, jangan ragu untuk mencoba resep geseng tongkol Madura ini di dapur Anda. Rasakan kelezatan tongkol yang lembut dengan cita rasa rempah yang memikat! Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan khas Nusantara yang satu ini!

Apa Itu Resep Geseng Tongkol Madura?

Resep geseng tongkol madura adalah salah satu hidangan khas dari kota Madura, Jawa Timur. Hidangan ini terkenal dengan rasa yang gurih dan pedas, serta aroma yang khas. Geseng tongkol madura biasanya terbuat dari bahan utama tongkol jagung yang diolah dengan bumbu-bumbu rempah tradisional.

Cara Membuat Resep Geseng Tongkol Madura

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat resep geseng tongkol madura dengan penjelasan yang lengkap:

Bahan-bahan:

- 500 gram tongkol jagung

- 5 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 3 buah cabai merah besar

- 5 buah cabai rawit merah (sesuai selera)

- 2 lembar daun salam

- 2 cm lengkuas, memarkan

- 1 batang serai, memarkan

- 2 sendok makan minyak goreng

- 500 ml air

- Garam secukupnya

- Kaldu bubuk secukupnya

Langkah-langkah:

1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan.

2. Bersihkan tongkol jagung dan potong-potong menjadi beberapa bagian kecil.

3. Haluskan bawang merah dan bawang putih menggunakan blender atau ulegan.

4. Potong-potong cabai merah besar dan cabai rawit.

5. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng.

6. Tumis bumbu bawang merah dan bawang putih hingga harum.

7. Masukkan cabai merah besar dan cabai rawit. Tumis hingga cabai layu.

8. Tambahkan daun salam, lengkuas, serai, garam, dan kaldu bubuk. Aduk rata.

9. Masukkan potongan tongkol jagung ke dalam wajan. Aduk merata hingga bumbu tercampur baik.

10. Tuang air ke dalam wajan dan masak dengan api sedang.

11. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam tongkol jagung. Angkat dari api.

12. Sajikan geseng tongkol madura dengan nasi hangat sebagai hidangan utama.

FAQ 1: Apakah bisa menggunakan tongkol ikan?

Jawab: Resep geseng tongkol madura sebenarnya menggunakan tongkol jagung sebagai bahan utama. Namun, jika tidak bisa mendapatkan tongkol jagung, Anda dapat menggantinya dengan tongkol ikan yang telah dipotong-potong menjadi bagian kecil. Tetap ikuti langkah-langkah dalam resep ini untuk menghasilkan hidangan yang lezat.

FAQ 2: Bisakah mengurangi tingkat kepedasan pada hidangan ini?

Jawab: Jika Anda tidak terlalu menyukai makanan pedas, Anda dapat mengurangi jumlah cabai rawit yang digunakan dalam resep ini. Dengan mengurangi jumlah cabai rawit, tingkat kepedasan dalam hidangan geseng tongkol madura akan berkurang. Anda juga dapat menghilangkan biji cabai rawit untuk mengurangi tingkat kepedasan tersebut.

Kesimpulan

Dengan resep geseng tongkol madura, Anda dapat menikmati hidangan khas dari Madura yang gurih dan pedas. Hidangan ini cocok untuk dihidangkan sebagai hidangan utama, terutama ketika disajikan dengan nasi hangat.

Terlebih lagi, Anda dapat mengkreasikan hidangan ini dengan bahan tambahan sesuai dengan selera Anda, seperti tomat atau terong. Rasakan sensasi cita rasa khas Madura dalam setiap suapan. Selamat mencoba!

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba resep geseng tongkol madura ini. Buatlah hidangan ini sendiri di rumah dan nikmati cita rasa khas Madura yang lezat. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Geseng Tongkol Madura: Lezatnya Gurih Khas Nusantara!"