Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Sate Madura Daging Sapi: Lezatnya Gurih Nan Menggoyang Lidah

Siapa yang tidak kenal dengan sate Madura? Makanan khas yang berasal dari Pulau Madura ini memang telah melegenda di Indonesia. Rasanya yang gurih dan cara penyajiannya yang unik dengan lontong dan bumbu kacang yang kental membuat sate Madura menjadi favorit banyak orang.Namun, kali ini kita akan membahas tentang varian sate Madura yang tidak kalah enaknya, yaitu sate Madura daging sapi. Dibuat dengan menggunakan daging sapi yang lembut dan bumbu rempah pilihan, sate ini benar-benar menggoyang lidah.Berikut ini adalah resep sate Madura daging sapi yang dapat Anda coba di rumah:Bahan-bahan:- 500 gram daging sapi, potong dadu- 2 sdm kecap manis- 1 sdm kecap asin- 2 sdm minyak wijen- 1 sdm air jeruk nipis- 1 sdt garam- 1 sdt merica bubuk- 1 sdt ketumbar bubuk- 1 sdt bubuk jinten- 2 siung bawang putih, haluskan- 2 sdm bawang merah goreng untuk taburanBumbu kacang:- 150 gram kacang tanah, sangrai- 3 siung bawang putih, goreng- 3 buah cabai merah keriting, buang biji- 1 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya- 1 sdm air asam jawa- Garam secukupnya- Gula secukupnya- Air secukupnyaCara membuat:1. Pertama, marinate daging sapi dengan kecap manis, kecap asin, minyak wijen, air jeruk nipis, garam, merica bubuk, ketumbar bubuk, bubuk jinten, dan bawang putih yang telah dihaluskan. Diamkan selama 30 menit supaya bumbu meresap ke dalam daging.2. Sementara itu, siapkan bumbu kacang dengan menghaluskan kacang tanah, bawang putih goreng, cabai merah keriting, dan daun jeruk. Tambahkan air asam jawa, garam, gula, dan air secukupnya untuk mendapatkan tekstur yang kental.3. Tusuk daging sapi yang telah dimarinasi ke dalam tusukan sate. Panggang di atas bara api atau grill yang sudah dipanaskan hingga matang sempurna dan berwarna kecokelatan.4. Angkat sate dari panggangan dan sajikan dengan bumbu kacang yang sudah siap. Taburi dengan bawang merah goreng untuk memberikan sensasi renyah pada tiap gigitannya.Sate Madura daging sapi siap untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Hidangan ini bisa menjadi sajian spesial saat acara barbekyu atau sekadar santap siang di rumah. Rasanya yang lezat dan gurih akan membuat siapa pun ketagihan.Nah, tunggu apalagi? Coba resep sate Madura daging sapi ini di dapur Anda dan rasakan kelezatannya sendiri. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Apa Itu Resep Sate Madura Daging Sapi?

Resep sate madura daging sapi adalah masakan khas Madura yang terkenal dengan cita rasa gurih dan pedas. Sate ini terbuat dari potongan daging sapi yang ditusuk dengan tusuk sate, lalu dipanggang atau dibakar sehingga matang dengan sempurna. Sate madura daging sapi biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan pedas, serta tambahan lontong atau nasi goreng sebagai pelengkap.

Cara Resep Sate Madura Daging Sapi

Bahan-bahan:

- 500 gram daging sapi, potong dadu

- 15 tusuk sate, rendam dalam air agar tidak mudah terbakar

- 3 siung bawang putih, haluskan

- 2 sendok makan kecap manis

- 2 sendok makan air asam jawa

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh merica bubuk

- 1 sendok makan minyak goreng

- 1 sendok makan air jeruk nipis

Bumbu Kacang:

- 200 gram kacang tanah, goreng

- 5 siung bawang putih

- 5 buah cabai rawit

- 3 sendok makan kecap manis

- 1 sendok teh gula merah, sisir halus

- 1 sendok teh air asam jawa

- 1 sendok teh gula pasir

- Garam secukupnya

- Air matang secukupnya

Cara Membuat:

1. Rendam potongan daging sapi dalam campuran bawang putih, kecap manis, air asam jawa, garam, merica bubuk, minyak goreng, dan air jeruk nipis. Diamkan selama 1 jam untuk meresapkan bumbu.

2. Tusuk potongan daging sapi yang telah direndam dengan tusuk sate yang telah direndam air.

3. Bakar sate di atas bara api, sambil sesekali diolesi sisa bumbu marinasi. Bolak-balik sate hingga matang merata. Jika tidak ada bara api, sate juga bisa dipanggang dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 10-15 menit.

4. Untuk membuat bumbu kacang, haluskan kacang tanah, bawang putih, dan cabai rawit dengan menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan kecap manis, gula merah, air asam jawa, gula pasir, dan garam. Aduk rata dan tambahkan air matang secukupnya hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.

5. Sajikan sate madura daging sapi dengan bumbu kacang, lontong atau nasi goreng, serta irisan timun dan bawang merah sebagai pelengkap.

FAQ

Apakah sate madura harus menggunakan daging sapi?

Tidak, sate madura juga dapat menggunakan jenis daging lain seperti ayam, kambing, atau seafood sesuai selera.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merendam daging sapi dalam bumbu?

Baiknya daging sapi direndam dalam bumbu selama minimal 1 jam agar bumbu dapat meresap dan menghasilkan rasa yang lebih enak.

Kesimpulan

Sate madura daging sapi adalah hidangan yang lezat dan mudah dibuat. Dengan mengikuti resep di atas, Anda dapat menikmati sate madura dengan cita rasa yang autentik. Jangan lupa untuk menikmati sate madura dengan bumbu kacang yang pedas dan lezat. Selamat mencoba membuat sate madura daging sapi dan nikmati kelezatannya bersama keluarga atau teman-teman!

Post a Comment for "Resep Sate Madura Daging Sapi: Lezatnya Gurih Nan Menggoyang Lidah"