Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Soto Madura Soto Sulung: Lezatnya Soto dengan Rasa Pedas Khas

Soto Madura Soto Sulung, hidangan khas dari Pulau Madura yang tak akan pernah gagal memanjakan lidah kita. Dengan kuah kental dan aroma sedapnya, soto Madura Soto Sulung memang menjadi favorit semua orang. Jika Anda ingin mencoba membuat soto yang lezat ini di rumah, berikut adalah resep yang kami bagikan!

Bahan-Bahan:

- 500 gram daging sapi, potong dadu kecil- 1 liter air- 2 batang serai, memarkan- 4 lembar daun jeruk- 4 lembar daun salam- 2 sendok makan minyak goreng- 2 sendok makan bawang merah goreng- 2 sendok makan air asam jawa- 1 sendok makan garam- 1 sendok teh gula pasir- 1 sendok teh merica bubuk- 1 sendok teh kaldu bubuk- 1 buah jeruk nipis, potong menjadi 4 bagian

Isi Mie:

- 200 gram mie kuning telur, seduh dengan air panas hingga lembut- 200 gram tauge pendek, seduh dengan air mendidih selama 1 menit- 2 batang daun bawang, iris tipis- 2 sendok makan daun seledri cincang- 100 gram bawang goreng

Bumbu Halus:

- 5 siung bawang putih- 4 butir kemiri- 2 sendok teh ketumbar- 1 sendok teh jinten- ½ sendok teh merica butiran

Cara Memasak:

1. Pertama-tama, blender atau haluskan semua bumbu halus hingga halus dan tercampur rata.2. Panaskan minyak goreng dalam wajan yang cukup besar. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, dan daun salam hingga harum.3. Tambahkan daging sapi, aduk rata hingga daging berubah warna. Masak selama 5-7 menit atau hingga matang.4. Tuangkan air, masak hingga mendidih dan daging menjadi empuk. Anda bisa menggunakan panci presto untuk mempercepat proses memasak.5. Setelah daging matang, masukkan garam, gula pasir, merica, dan kaldu bubuk. Aduk rata dan biarkan kuah mendidih secara perlahan selama 15-20 menit.6. Sementara itu, persiapkan bahan isi mie yang sudah diseduh. Sisihkan beberapa sendok mie dalam mangkuk saji.7. Ambil sejumput tauge pendek, tambahkan di atas mie yang sudah disiapkan.8. Siramkan kuah soto yang masih panas di atas mie dan tauge.9. Taburi dengan daun bawang, daun seledri, dan bawang goreng sebagai tambahan aroma dan tekstur.10. Terakhir, berikan perasan jeruk nipis sesuai selera di atas soto. Soto Madura Soto Sulung siap disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi.

Selamat menikmati soto Madura Soto Sulung yang lezat!

Nikmati kelezatan soto Madura Soto Sulung ini dengan keluarga tercinta. Jangan lupa untuk menyesap kuah soto yang gurih, dan rasakan sensasi pedas khas soto Madura yang bikin ketagihan. Selamat mencoba!

Apa itu Resep Soto Madura Soto Sulung?

Resep Soto Madura Soto Sulung adalah salah satu varian soto yang berasal dari pulau Madura, Jawa Timur. Soto Madura Soto Sulung terkenal dengan kuah kaldu yang gurih dan bumbu rempah yang khas, sehingga memberikan rasa yang lezat dan menggugah selera.

Soto Madura Soto Sulung juga memiliki tampilan yang menarik dengan aneka potongan daging sapi, sayuran seperti kol dan taoge, serta taburan bawang goreng dan seledri. Keunikan Soto Madura Soto Sulung terletak pada penggunaan daging sapi yang dipotong kecil-kecil namun tetap empuk dan lezat.

Resep Soto Madura Soto Sulung ini sangat populer dan sering dijadikan sebagai menu utama dalam acara keluarga atau juga saat berkumpul dengan teman-teman. Tak heran jika soto ini menjadi salah satu hidangan yang selalu dinantikan oleh banyak orang.

Cara Membuat Resep Soto Madura Soto Sulung

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Resep Soto Madura Soto Sulung yang lezat dan menggugah selera:

Bahan-bahan:

1. 500 gram daging sapi,

2. 2 liter air,

3. 2 batang serai, memarkan,

4. 4 lembar daun jeruk purut,

5. 3 lembar daun salam,

6. 2 ruas lengkuas, memarkan,

7. 3 sendok makan minyak goreng,

8. 5 siung bawang merah, iris tipis,

9. 3 siung bawang putih, iris tipis,

10. 1 sendok teh jinten,

11. 1 sendok teh merica bubuk,

12. 1 sendok teh garam,

13. 1 sendok teh gula pasir,

14. 500 gram mie soto,

15. 200 gram taoge, bersihkan,

16. Daun seledri, cincang halus untuk taburan.

Cara membuat:

1. Rebus daging sapi dengan air hingga empuk dan matang. Angkat daging sapi dan suwir-suwir.

2. Didihkan kembali kaldu daging sapi yang telah didapatkan tadi.

3. Tambahkan serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas ke dalam kaldu. Rebus hingga harum.

4. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang.

5. Tambahkan jinten, merica bubuk, garam, dan gula pasir ke dalam bumbu tumis. Aduk rata.

6. Tuang bumbu tumis ke dalam kaldu yang telah disiapkan. Aduk rata.

7. Didihkan kembali kaldu dengan bumbu hingga meresap sempurna.

8. Siapkan mie soto dan taoge dalam mangkuk. Siram dengan kuah soto yang telah matang.

9. Tambahkan suwiran daging sapi, daun seledri, dan bawang goreng sebagai taburan.

10. Soto Madura Soto Sulung siap disajikan.

FAQ

1. Apa yang membedakan Soto Madura Soto Sulung dengan soto lainnya?

Soto Madura Soto Sulung memiliki ciri khas bumbu rempah yang kaya dengan rasa yang gurih dan kuah kaldu yang kental. Daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan empuk juga menjadi keunikan dari soto ini.

2. Apakah mie soto wajib digunakan dalam Resep Soto Madura Soto Sulung?

Mie soto dapat digunakan untuk menambah kenikmatan dalam sajian Soto Madura Soto Sulung. Namun, jika Anda tidak menyukai mie soto, Anda dapat menggantinya dengan nasi atau tidak menggunakan karbohidrat tambahan sama sekali.

Dengan semua kelezatan dan keunikannya, Resep Soto Madura Soto Sulung adalah hidangan yang wajib dicoba. Yuk, coba buat sendiri di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga atau teman-teman Anda!

Post a Comment for "Resep Soto Madura Soto Sulung: Lezatnya Soto dengan Rasa Pedas Khas"