Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Soto Madura Gubeng Pojok: Menikmati Kelezatan Soto Asli Surabaya

Surabaya, 15 September 2022 - Di tengah dinamika citra kuliner yang semakin beragam di Kota Surabaya, tak ada yang bisa mengalahkan kelezatan Soto Madura Gubeng Pojok. Rasanya yang autentik, bumbu yang khas, dan cita rasa yang memanjakan lidah membuatnya menjadi primadona di hati penggemar kuliner kota ini.

Tak diragukan lagi, Soto Madura merupakan salah satu hidangan paling terkenal di Indonesia. Dan Soto Madura Gubeng Pojok mampu mempertahankan keaslian cita rasanya. Terletak di sudut jalan sempit di Gubeng, warung sederhana ini memiliki magnet yang tak bisa diabaikan oleh siapa pun yang melewatinya.

Dengan modal warung yang sederhana, Soto Madura Gubeng Pojok menawarkan sensasi kuliner yang tak terlupakan. Begitu memasuki warung, aroma harum dari sup bening dengan sejuta rempah menyeruak ke dalam hidung. Pengunjung dapat memilih aneka bagian daging, seperti daging ayam, sapi, atau jeroan yang diolah menjadi hidangan yang menggugah selera.

Tentu saja, Soto Madura Gubeng Pojok bukan hanya sekadar hidangan sup. Ketika hidangan dihidangkan di meja, bergelimang kerupuk dan taburan seledri serta daun bawang di atasnya, membuatnya terlihat begitu menggoda. Sedikit sambal terasi yang pedas dapat menambah kelezatan sup ini. Perpaduan rasa yang tepat dan porsi yang pas membuat Soto Madura Gubeng Pojok tetap menjadi langganan para penikmat kuliner di Surabaya.

Warung ini juga dikenal dengan pelayanan yang ramah dan hangat. Para pelanggan dapat menikmati hidangan mereka di dalam ruangan warung yang sederhana namun nyaman. Suasana yang riuh dengan tetangga sekitar, pasangannya yang berbahagia, atau bahkan pebisnis yang tengah istirahat dari kerja keras mereka, semakin menambah daya tarik warung ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, Soto Madura Gubeng Pojok juga menjadi favorit di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara yang ingin merasakan citarasa klasik Indonesia. Tidak hanya turis, tetapi juga masyarakat Surabaya sendiri yang rela antre panjang demi menikmati seporsi Soto Madura yang istimewa.

Meskipun ada banyak tempat di Surabaya yang menawarkan Soto Madura, Gubeng Pojok tetap menjadi pilihan utama bagi pecinta kuliner yang menginginkan soto asli dengan kualitas terbaik. Jika Anda mengunjungi kota Surabaya, jangan pernah lewatkan kesempatan untuk mencoba hidangan legendaris ini.

Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi Soto Madura Gubeng Pojok dan nikmati kelezatan Soto Madura yang tak tertandingi di Surabaya. Anda tidak akan kecewa!

Apa Itu Soto Madura Gubeng Pojok Asli Kota Surabaya?

Soto Madura Gubeng Pojok merupakan salah satu kuliner khas dari Kota Surabaya, Jawa Timur. Soto ini memiliki cita rasa yang unik dan begitu khas dengan bumbu rempah-rempah yang melimpah. Soto Madura Gubeng Pojok tidak hanya merupakan hidangan yang lezat, tapi juga mampu menggugah selera dengan balutan kuah bening dan aroma yang menggoda. Dalam setiap penyajiannya, soto ini selalu dilengkapi dengan bahan-bahan pelengkap seperti potongan daging sapi yang lembut, suiran ayam, tauge, telur rebus, irisan daun seledri dan bawang goreng. Tidak hanya itu, soto Madura juga tak lengkap tanpa tambahan sambal sebagai pelengkap yang menambah kenikmatan hidangan ini.

Cara Membuat Soto Madura Gubeng Pojok Asli Kota Surabaya

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat Soto Madura Gubeng Pojok sendiri di rumah, berikut ini adalah resep dan cara pembuatannya:

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi, potong per segenggam
  • 1 ekor ayam, potong menjadi 4 bagian
  • 100 gram tauge
  • 2 buah kentang, potong dadu
  • 2 batang sereh, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 3 lembar daun salam
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdm merica

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, tumis bumbu halus hingga harum dengan sedikit minyak goreng.
  2. Masukkan potongan ayam ke dalam tumisan bumbu halus, aduk hingga merata.
  3. Tambahkan potongan daging sapi, aduk kembali hingga daging berubah warna.
  4. Tuangkan air secukupnya, sekitar 2 liter atau sesuai selera kekentalan kuah yang diinginkan.
  5. Masukkan sereh, daun jeruk purut, dan daun salam ke dalam rebusan.
  6. Tambahkan potongan kentang, biarkan hingga semua bahan matang.
  7. Tambahkan garam dan merica secukupnya, sesuai selera.
  8. Masak selama 1-2 jam dengan api kecil hingga kuah meresap dan bumbu meresap sempurna.
  9. Selagi menunggu soto matang, rebus tauge hingga setengah matang. Tiriskan dan sisihkan.
  10. Saat hidangan akan disajikan, rebus telur hingga matang dan iris menjadi dua bagian.
  11. Penyajian: Letakkan suiran daging sapi dan ayam yang telah dimasak di atas mangkuk, tambahkan tauge, irisan daun seledri, dan bawang goreng. Siram dengan kuah soto yang sudah matang dan berikan irisan telur rebus. Sajikan soto Madura Gubeng Pojok dengan nasi putih dan sambal sebagai pelengkap.

FAQ tentang Soto Madura Gubeng Pojok Asli Kota Surabaya

1. Apa Keunikan Soto Madura Gubeng Pojok?

Soto Madura Gubeng Pojok memiliki keunikan dalam bumbu kuah yang kaya rempah, rasa yang gurih, serta tekstur daging yang lembut. Soto ini juga ditambahkan dengan tauge yang memberikan kesegaran, dan sambal sebagai pelengkap yang memberikan rasa pedas. Selain itu, soto ini juga memiliki rasa yang khas dan tidak bisa ditemui di tempat lain, membuatnya menjadi hidangan yang sangat istimewa.

2. Apa Bedanya Soto Madura Gubeng Pojok dengan Soto Madura lainnya?

Perbedaan utama antara Soto Madura Gubeng Pojok dengan soto Madura lainnya terletak pada bumbu kuah dan teknik memasak yang digunakan. Soto Madura Gubeng Pojok memiliki bumbu kuah yang lebih kaya akan rempah-rempah, memberikan cita rasa yang lebih kuat dan khas. Selain itu, teknik memasaknya juga berbeda, sehingga menghasilkan perbedaan dalam rasa dan aroma.

Kesimpulan

Soto Madura Gubeng Pojok merupakan kuliner khas yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Kota Surabaya. Kelezatan kuahnya yang kaya akan rempah, daging sapi yang lembut, serta tambahan tauge dan sambal sebagai pelengkap membuat soto ini memiliki citarasa yang unik dan menggugah selera. Jika Anda ingin mencoba merasakan sendiri kelezatan hidangan ini, Anda dapat mencoba membuatnya di rumah dengan menggunakan resep dan cara pembuatan di atas. Selamat mencoba!

Untuk info lebih lanjut dan menu lengkap Soto Madura Gubeng Pojok, kunjungi website kami di www.sotomaduragubengpojok.com

Post a Comment for "Soto Madura Gubeng Pojok: Menikmati Kelezatan Soto Asli Surabaya"