Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Babat Goreng Madura: Nikmatnya Olahan Khas Jawa Timur yang Menggugah Selera

Siapa yang bisa menolak makanan yang menggugah selera? Salah satu hidangan khas yang tak boleh terlewatkan adalah babat goreng Madura. Jika Anda menggemari makanan pedas dengan cita rasa yang unik, inilah hidangan yang patut Anda coba!Babat goreng Madura merupakan olahan khas dari Jawa Timur yang terkenal dengan sensasi gurih dan pedasnya. Tidak hanya lezat, hidangan ini juga memiliki tekstur yang menggigit dan aroma yang menggiurkan. Cocok untuk dinikmati saat bersantai dengan keluarga atau teman-teman terdekat.Berikut adalah resep babat goreng Madura yang bisa Anda coba di rumah:Bahan-bahan:- 500 gram babat sapi, rebus dalam air jahe dan daun jeruk hingga empuk, lalu iris tipis- 3 sendok makan tepung terigu- 2 sendok makan tepung tapioka- 1 butir telur, kocok lepas- 4 siung bawang putih, haluskan- 2 batang serai, memarkan bagian putihnya- 2 lembar daun salam- 1 ruas jari lengkuas, memarkan- Garam secukupnya- Minyak goreng secukupnya untuk menggorengBumbu halus:- 5 buah cabai merah keriting- 10 buah cabai rawit merah (sesuai selera)- 4 butir bawang merah- 2 cm kencur- 2 cm kunyit- 1 sendok teh terasi, sangraiCara membuat:1. Pertama-tama, haluskan semua bumbu halus dengan blender atau ulekan.2. Tumis bumbu halus bersama dengan serai, daun salam, dan lengkuas hingga harum.3. Masukkan irisan babat sapi ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga bumbu meresap.4. Tambahkan garam secukupnya. Aduk kembali hingga bumbu merata dan matang sempurna.5. Gulingkan irisan babat dalam campuran tepung terigu dan tepung tapioka hingga rata.6. Celupkan irisan babat yang sudah digulingkan dalam kocokan telur.7. Panaskan minyak dalam wajan hingga cukup banyak untuk menggoreng babat goreng.8. Goreng irisan babat dalam minyak panas hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.9. Sajikan babat goreng Madura dengan nasi hangat dan sambal terasi atau sambal merah favorit Anda.Dengan resep yang sederhana ini, Anda bisa menikmati hidangan khas Jawa Timur yang spesial dengan cita rasa yang menggugah selera. Jangan lupa berbagi dengan orang terdekat, agar hidangan ini semakin nikmat saat dinikmati bersama-sama. Selamat mencoba!

Apa Itu Resep Babat Goreng Madura?

Resep babat goreng Madura adalah salah satu hidangan khas dari Pulau Madura, Jawa Timur. Babat adalah bagian perut sapi yang dimasak dengan cara digoreng hingga kering dan renyah. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan gurih, dan sering dijadikan sebagai lauk pendamping nasi.

Cara Membuat Resep Babat Goreng Madura

Bahan-bahan:

  • 500 gram babat sapi, bersihkan dan iris tipis
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Marinasi babat dengan air jeruk nipis selama 15 menit untuk mengurangi bau amisnya.
  2. Cuci bersih babat dengan air mengalir.
  3. Larutkan bawang putih, ketumbar bubuk, lada bubuk, dan garam dalam air, aduk rata untuk membuat bumbu marinasi.
  4. Marinasi babat dengan bumbu yang telah disiapkan selama minimal 2 jam. Lebih lama proses marinasi akan membuat babat semakin empuk dan bumbunya meresap lebih dalam.
  5. Setelah babat dimarinasi, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.
  6. Goreng babat dalam minyak panas hingga kering dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Resep babat goreng Madura siap disajikan dengan nasi hangat.

Tips dalam Membuat Resep Babat Goreng Madura

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti dalam membuat resep babat goreng Madura yang lezat:

  • Pilih babat yang masih segar dan bersihkan dengan baik sebelum digunakan.
  • Jangan terlalu lama menggoreng babat agar tetap renyah. Angkat babat saat sudah berwarna kecokelatan.
  • Jika Anda ingin memberikan rasa pedas pada hidangan, Anda bisa menambahkan cabe rawit yang diiris halus pada saat marinasi.
  • Anda juga bisa menambahkan bumbu rempah lainnya seperti jintan, kayu manis, atau bumbu-bumbu lain sesuai selera untuk menambah aroma dan citarasa khas.

Kelebihan Resep Babat Goreng Madura

Resep babat goreng Madura memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi hidangan yang menarik untuk dicoba:

  • Rasa gurih dan unik dari babat yang diberi bumbu dan digoreng hingga kering memberikan sensasi tersendiri bagi lidah Anda.
  • Proses marinasi membuat babat lebih empuk dan bumbunya meresap dengan baik.
  • Dapat dijadikan sebagai menu utama atau lauk pendamping nasi.
  • Lezat disantap dengan sambal kecap dan nasi hangat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah babat yang digunakan dalam resep ini bisa digantikan dengan potongan daging lainnya?

Iya, Anda bisa menggantikan babat dengan potongan daging sapi atau ayam jika tidak menyukai atau sulit mendapatkan babat.

2. Berapa lama proses marinasi yang disarankan untuk membuat babat empuk?

Proses marinasi babat disarankan minimal selama 2 jam untuk membuat babat menjadi lebih empuk dan bumbu lebih meresap. Namun, jika Anda memiliki waktu lebih, proses marinasi bisa dilakukan hingga semalam agar hasilnya lebih maksimal.

Kesimpulan

Resep babat goreng Madura merupakan hidangan yang gurih dan unik, khas dari Pulau Madura, Jawa Timur. Dengan menggunakan babat sapi yang digoreng hingga kering dan bumbunya yang meresap, hidangan ini siap memanjakan lidah Anda. Dalam proses pembuatannya, penting untuk merendam babat dengan bumbu marinasi untuk mendapatkan rasa yang lezat dan tekstur yang empuk. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan bumbu dan rempah lainnya sesuai dengan selera pribadi. Nikmati resep babat goreng Madura sebagai sajian utama atau lauk pendamping nasi, dan lengkapi dengan sambal kecap serta nasi hangat untuk pengalaman makan yang lebih nikmat.

Coba resep ini sekarang juga dan nikmati sensasi baru dalam menyantap hidangan khas Pulau Madura. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Babat Goreng Madura: Nikmatnya Olahan Khas Jawa Timur yang Menggugah Selera"