Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Tahu Petis Madura: Nikmatnya Paduan Tahu Gurih dengan Petis Khas Madura

Selamat datang di artikel kami yang kali ini akan membahas tentang resep tahu petis Madura. Siapa yang tidak kenal dengan olahan tahu yang gurih ini? Ditambah lagi dengan hampiran petis khas Madura yang memikat selera, semakin membuat resep ini patut dicoba. Mari kita simak bersama bagaimana cara membuatnya!

Bahan-bahan:

- 300 gram tahu putih, potong dadu- 3 sendok makan tepung terigu- Minyak goreng secukupnyaBahan pelapis tahu:- 3 sendok makan tepung terigu- 2 sendok makan tepung beras- ½ sendok teh garam- Air secukupnyaBahan petis:- 4 sendok makan air asam yang sudah disaring- 2 sendok makan petis Madura- 2 siung bawang putih, haluskan- 1 sendok makan gula merah, serut kasar- ½ sendok teh garam- 3 sendok makan minyak gorengBahan pelengkap:- 2 buah tomat, potong dadu- Daun bawang secukupnya, iris halus

Cara Membuat:

1. Langkah pertama, kita akan membuat pelapis tahu. Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam dalam satu wadah. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang kental tapi masih dapat dicelupkan. Setelah itu, masukkan tahu dalam adonan ini hingga tahu terbalut merata.2. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng tahu yang sudah dibalut pelapis hingga kuning kecokelatan dan matang. Angkat dan tiriskan.3. Selanjutnya, kita akan membuat petis. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan air asam, petis Madura, gula merah, dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata dan dijaga dengan api kecil hingga mendidih. Angkat.4. Tahu yang sudah digoreng tadi, letakkan dalam piring saji. Siramkan petis di atasnya secara merata.5. Tambahkan potongan tomat dan irisan daun bawang untuk memberikan sentuhan segar pada hidangan ini.6. Tahu petis Madura siap dihidangkan! Nikmati hidangan ini selagi hangat.Dan itulah resep tahu petis Madura yang bisa Anda coba di rumah. Dengan paduan tahu gurih yang digoreng crispy dan petis Madura yang kaya akan cita rasa, pastinya hidangan ini akan menjadikan makan siang atau malam Anda lebih istimewa. Selamat mencoba!

Apa itu Tahu Petis Madura?

Tahu petis Madura adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur. Tahu petis terdiri dari tahu yang dibalut dengan adonan tepung dan digoreng hingga crispy, kemudian disajikan dengan petis sebagai saus atau sambal.

Cara Membuat Tahu Petis Madura

Untuk membuat tahu petis Madura, Anda memerlukan beberapa bahan berikut:

Bahan:

  • 500 gram tahu
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 sendok teh bawang putih goreng
  • 1 sendok teh bawang merah goreng
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
  • 150 gram petis
  • 100 ml air matang

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat tahu petis Madura:

Langkah-langkah:

  1. Potong tahu menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  2. Ambil satu wadah, campurkan tepung terigu, bawang putih goreng, bawang merah goreng, dan garam. Aduk hingga merata.
  3. Gulingkan tahu pada campuran tepung hingga tertutupi secara merata.
  4. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.
  5. Goreng tahu hingga berwarna keemasan dan crispy.
  6. Sajikan tahu petis dengan menggoreng petis bersama air matang, aduk hingga rata. Tambahkan tahu dan aduk hingga rata.

Tips dalam Membuat Tahu Petis Madura

Agar tahu petis Madura yang Anda buat memiliki rasa yang lezat, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Pilihlah tahu yang segar

Pastikan tahu yang Anda gunakan masih segar agar rasanya lebih enak dan teksturnya lebih kenyal.

2. Jangan terlalu banyak menggoreng tahu

Ketika menggoreng tahu, pastikan tidak terlalu banyak menggoreng tahu sekaligus. Gorenglah tahu secara bertahap agar teksturnya tetap renyah.

3. Gunakan petis yang berkualitas

Pilihlah petis yang memiliki kualitas baik dan rasanya enak. Petis yang berkualitas akan memberikan citarasa yang lebih khas pada tahu petis Madura.

Kelebihan Resep Tahu Petis Madura

Tahu petis Madura memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi makanan yang layak untuk dicoba, antara lain:

1. Mudah dibuat

Resep tahu petis Madura sangat mudah untuk diikuti, meskipun bagi pemula sekalipun.

2. Bahan-bahannya mudah didapatkan

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat tahu petis Madura dapat dengan mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat.

3. Rasanya yang lezat

Tahu petis Madura memiliki rasa yang lezat dan khas, dengan kombinasi tahu yang renyah dan petis yang gurih.

4. Cocok sebagai hidangan utama atau makanan ringan

Tahu petis Madura dapat disajikan sebagai hidangan utama dalam menu makan malam, atau sebagai makanan ringan yang nikmat untuk menemani segelas teh di sore hari.

FAQ

Q: Apakah tahu petis Madura pedas?

A: Tahu petis Madura memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas. Namun, tingkat kepedasannya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

FAQ

Q: Apakah tahu petis Madura dapat disimpan?

A: Ya, tahu petis Madura bisa disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas selama 1-2 hari. Namun, sebaiknya tahu petis dimakan dalam waktu segera untuk menjaga kelezatannya.

Secara kesimpulan, tahu petis Madura adalah makanan tradisional Indonesia yang terdiri dari tahu yang digoreng dengan adonan tepung dan disajikan dengan petis sebagai saus atau sambal. Resep tahu petis Madura cukup mudah dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Tahu petis Madura memiliki rasa yang lezat dan cocok sebagai hidangan utama atau makanan ringan. Ekstra kelezatannya juga bisa diatur dengan tingkat kepedasan petis. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep tahu petis Madura sendiri di rumah!

Ayo segera coba resep tahu petis Madura ini dan rasakan sensasi kelezatan yang unik. Anda pasti akan terpesona dengan kelezatan tahu petis Madura yang menggugah selera. Selamat memasak!

Post a Comment for "Resep Tahu Petis Madura: Nikmatnya Paduan Tahu Gurih dengan Petis Khas Madura"