Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura: Lezatnya Sensasi Kuliner yang Memikat Lidah!

Dalam deretan kuliner Indonesia yang selalu menggugah selera, sate ayam bumbu kacang khas Madura adalah salah satu hidangan yang tak boleh dilewatkan. Bagaimana tidak, cita rasa kacang yang kaya dan rempah-rempah yang begitu terasa pada setiap gigitannya membuat sensasi kuliner ini begitu memikat lidah para penikmatnya.

Kayaknya sudah saatnya, nih, bagi kamu yang penasaran dengan resep sate ayam bumbu kacang khas Madura, untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Siapkan bahan-bahan yang segar dan ikuti langkah-langkah berikut ini!

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging ayam fillet, iris tipis memanjang
  • 20 tusuk sate, rendam dalam air agar tidak gosong saat dipanggang
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
  • Secukupnya garam dan merica

Bumbu Kacang:

  • 150 gram kacang tanah, sangrai dan haluskan
  • 6 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah keriting, buang bijinya untuk mengurangi pedas
  • 2 sendok makan air asam jawa, larutkan dalam segelas air
  • 1 sendok makan gula merah, serut halus
  • Secukupnya garam dan kaldu bubuk

Cara Membuat:

1. Rendam potongan daging ayam dalam campuran kecap manis, minyak goreng, air perasan jeruk nipis, garam, dan merica. Biarkan selama 30 menit agar bumbu meresap dengan sempurna.

2. Siapkan tusuk sate dan tata potongan ayam di atasnya. Pastikan tusuk sate tidak terlalu penuh agar daging matang dengan merata saat dipanggang.

3. Bakar sate ayam di atas bara api atau panggangan dengan suhu sedang hingga matang sempurna dan kecokelatan. Bolak-balik sate agar matang merata dan tidak gosong.

4. Untuk bumbu kacang, haluskan bawang putih dan cabai merah keriting. Tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan. Aduk rata hingga kacang cukup matang.

5. Tambahkan air asam jawa dan serutan gula merah ke dalam tumisan kacang. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam kacang. Tambahkan garam dan kaldu bubuk secukupnya untuk menyesuaikan rasa.

6. Sajikan sate ayam dengan bumbu kacang yang lezat dan tambahkan irisan mentimun, bawang merah, dan kecap manis sesuai selera.

Voila! Sate ayam bumbu kacang khas Madura siap memanjakan lidahmu. Nikmati sensasi gurih dan manisnya daging ayam yang dipadu dengan aroma kacang yang begitu khas. Cocok disantap bersama keluarga tercinta atau bagi kamu yang ingin menikmati hidangan spesial di momen tertentu.

Tak perlu lagi bingung mencari kuliner favoritmu di luar sana. Dengan resep ini, kamu bisa menghidangkan sate ayam bumbu kacang ala Madura dengan mudah di rumah. Selamat mencoba!

Apa Itu Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura?

Sate ayam bumbu kacang merupakan salah satu masakan khas Madura yang terkenal di Indonesia. Sate ayam adalah sejenis makanan berupa tusukan daging ayam yang ditusuk dalam sebatang bambu. Daging ayam yang digunakan biasanya dipotong menjadi irisan kecil atau dadu, kemudian ditusuk dan dipanggang hingga matang.

Bumbu kacang

Sate ayam khas Madura ini memiliki ciri khas pada bumbu kacangnya. Bumbu kacang yang digunakan terdiri dari campuran kacang tanah yang dihaluskan, bawang putih, bawang merah, cabe merah, gula merah, dan garam. Semua bahan tersebut dihaluskan hingga menjadi pasta kental yang kemudian digunakan untuk memarut atau mencelupkan sate ayam saat penyajian.

Cara Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging ayam, potong dadu
  • 100 gram kacang tanah, sangrai dan haluskan
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 3 siung bawang merah, haluskan
  • 5 buah cabe merah, haluskan
  • 50 gram gula merah, serut
  • 1 sendok teh garam
  • Secukupnya minyak goreng
  • Tusukan sate dari bambu

Langkah-langkah:

1. Campurkan daging ayam dengan bumbu kacang yang telah dihaluskan. Aduk rata dan diamkan selama 30-60 menit agar bumbu meresap ke dalam daging.

2. Tusuk daging ayam yang telah dibumbui ke dalam tusukan sate bambu.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan atau panggangan, kemudian panggang sate ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan.

4. Sajikan sate ayam bumbu kacang dengan bumbu kacang yang tersisa sebagai pelengkap.

Tips Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura yang Lezat

1. Pilih daging ayam yang berkualitas

Pastikan daging ayam yang digunakan segar dan berkualitas. Pilih potongan daging ayam yang tidak terlalu besar agar daging matang merata saat dipanggang.

2. Rendam daging dalam bumbu kacang

Rendam potongan daging ayam dalam bumbu kacang yang telah dihaluskan selama beberapa waktu agar bumbu meresap dan menghasilkan rasa yang lebih nikmat.

3. Panggang dengan api sedang

Jangan terlalu cepat mematikan api saat memanggang sate ayam. Panggang dengan api sedang agar daging matang sempurna dan bumbu terasa lebih harum.

4. Sajikan dengan bumbu kacang tambahan

Untuk menambah kelezatan, sajikan sate ayam bumbu kacang dengan bumbu kacang yang tersisa sebagai pelengkap. Bumbu kacang yang dimasukkan ke dalam mangkuk juga dapat digunakan untuk mencelupkan sate saat menyantapnya.

Kelebihan Resep Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura

Sate ayam bumbu kacang khas Madura memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi makanan yang cukup populer di Indonesia.

1. Rasa yang lezat

Bumbu kacang yang digunakan pada sate ayam Madura memberikan rasa yang kaya dan gurih. Kombinasi antara kacang tanah, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya membuat sate ayam ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

2. Mudah dibuat

Resep sate ayam bumbu kacang ini tidak terlalu sulit untuk diikuti. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan di pasaran. Dengan petunjuk yang jelas, Anda dapat mencoba membuat sate ayam ini di rumah dengan mudah.

3. Variasi penyajian

Kekhasan sate ayam adalah bahwa sate dapat disajikan dengan berbagai pelengkap yang berbeda. Anda bisa menambahkan nasi himpit, lontong, atau ketupat. Selain itu, jangan lupa mencelupkan sate dalam bumbu kacang yang nikmat.

FAQ (Frequently Asked Questions) tentang Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura

1. Bagaimana cara menyimpan sate ayam bumbu kacang?

Sate ayam bumbu kacang dapat disimpan dalam lemari es selama 1-2 hari. Letakkan dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik cling wrap agar kualitas dan kelezatannya tetap terjaga. Sebelum disimpan, pastikan sate sudah dingin dan kering.

2. Apakah sate ayam bumbu kacang bisa diungkep?

Ya, sate ayam bumbu kacang bisa diungkep. Setelah sate dipanggang, Anda dapat mengungkepnya dalam plastik aluminium atau wadah kedap udara. Ungkep dalam freezer untuk kebutuhan masa depan. Sebelum disajikan, sate cukup direbus atau dipanaskan kembali.

Kesimpulan

Sate ayam bumbu kacang khas Madura adalah makanan yang sangat lezat dan populer di Indonesia. Resepnya tidak terlalu sulit untuk diikuti dan semua bahan-bahannya mudah ditemukan. Daging ayam yang juicy dipadu dengan bumbu kacang yang kaya akan cita rasa menghasilkan sate ayam yang tak terlupakan.

Jika Anda ingin mencoba membuat sate ayam bumbu kacang khas Madura, segeralah mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Buktikan bahwa Anda juga bisa membuat sate ayam yang lezat seperti yang biasa Anda nikmati di restoran atau warung. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura: Lezatnya Sensasi Kuliner yang Memikat Lidah!"