Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Ayam Goreng Serundeng Madura: Menu Lezat yang Menggiurkan!

Saat ini, semakin banyak orang yang mencari ragam menu makanan yang unik dan menggugah selera. Salah satu menu yang tak boleh terlewatkan adalah ayam goreng serundeng Madura. Bagi pecinta kuliner, menu khas Jawa Timur ini sudah tidak asing lagi di lidah.Ayam goreng serundeng Madura merupakan perpaduan sempurna antara cita rasa gurih ayam goreng dengan kelezatan serundeng. Hasilnya adalah hidangan yang sarat dengan rasa rempah khas serta kelezatan yang memanjakan lidah.Siapa yang tidak tergoda dengan ayam goreng serundeng Madura yang renyah dengan kelapa yang gurih serta bumbu yang meresap hingga ke dalam daging ayam? Tidak hanya lezat, hidangan ini juga mudah dan praktis untuk dibuat di rumah.Berikut adalah resep ayam goreng serundeng Madura yang bisa kamu coba:Bahan-bahan:1. 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian2. 200 gram serundeng kelapa, sangrai hingga kecokelatan3. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam4. Bumbu Ayam: - 4 siung bawang putih, haluskan - 3 cm jahe, haluskan - 3 cm kunyit, haluskan - 1 sdm ketumbar, haluskan - 1 sdt garam - ½ sdt merica bubuk - 2 sdm air asam jawaCara membuat:1. Campurkan semua bumbu ayam dan air asam jawa. Aduk rata hingga bumbu merata dan tercampur dengan baik.2. Balurkan ayam dengan bumbu yang telah disiapkan. Pastikan bumbu meresap dengan baik ke dalam ayam, diamkan selama minimal 30 menit.3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.4. Setelah ayam dingin, gulingkan dalam serundeng kelapa hingga ayam terbalut rata dengan serundeng.5. Ayam goreng serundeng Madura siap dinikmati! Sajikan dengan nasi hangat dan sambal favoritmu.Dengan resep sederhana ini, kamu dapat menikmati ayam goreng serundeng Madura berkualitas restoran langsung di rumah. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan rasa dan tingkat kepedasan serundeng sesuai dengan selera.Jangan ragu untuk mencoba resep ini dan menyajikannya sebagai hidangan istimewa saat berkumpul dengan keluarga atau teman-teman. Ayam goreng serundeng Madura yang lezat ini pasti akan membuat mereka terkagum-kagum dengan keahlian memasakmu!Dapatkan pengalaman baru dalam menikmati menu ayam goreng yang berbeda dengan tambahan serundeng yang begitu menggiurkan. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini!

Apa Itu Resep Ayam Goreng Serundeng Madura?

Ayam goreng serundeng madura adalah salah satu hidangan khas daerah Madura, Jawa Timur, Indonesia. Hidangan ini terdiri dari potongan ayam yang digoreng dengan bumbu rempah khas seperti lengkuas, kunyit, dan serai, yang memberikan rasa yang kaya dan aroma yang sedap. Ayam goreng serundeng madura juga ditaburi dengan serundeng, yaitu sambal kelapa kering yang renyah dan pedas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi hangat, lalapan sayuran, dan sambal.

Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng Madura

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat ayam goreng serundeng madura:

1. Persiapan Bahan

- 1 ekor ayam, potong menjadi bagian sesuai selera- 3 sdm minyak goreng

2. Rempah Ayam

- 4 cm lengkuas, memarkan- 2 batang serai, memarkan- 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek- 2 cm jahe, memarkan- 5 cm kunyit, haluskan

3. Bumbu Ayam

- 5 siung bawang merah, haluskan- 3 siung bawang putih, haluskan- 1 sdt ketumbar, haluskan- 1 sdt merica, haluskan- 1 sdt garam- 1 sdm air asam jawa

4. Serundeng

- 150 gram kelapa parut kasar, sangrai- 4 butir bawang merah, haluskan- 2 siung bawang putih, haluskan- 5 buah cabai merah keriting, haluskan- 2 lembar daun jeruk, iris tipis- garam secukupnya- gula secukupnya

Langkah-langkah:

1. Pertama, rendam potongan ayam dengan air jeruk nipis selama 10-15 menit untuk menghilangkan bau amis.2. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu ayam (bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, garam, dan air asam jawa) sampai harum.3. Masukkan rempah ayam (lengkuas, serai, daun jeruk, jahe, dan kunyit) ke dalam wajan dan tumis sebentar sampai rempah matang.4. Tambahkan ayam ke dalam wajan dan aduk hingga ayam terbalut rata dengan bumbu.5. Tutup wajan dan masak ayam dengan api kecil selama 30-40 menit atau sampai ayam empuk dan bumbu meresap.6. Sementara itu, untuk membuat serundeng, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah keriting dalam minyak panas sampai harum.7. Masukkan daun jeruk, kelapa parut kasar, gula, dan garam ke dalam wajan dan aduk rata.8. Masak serundeng dengan api kecil sampai kelapa parut berubah warna menjadi kecokelatan dan kering.9. Angkat ayam dari wajan dan sajikan dengan taburan serundeng di atasnya.

Tips Membuat Ayam Goreng Serundeng Madura yang Lezat

- Pastikan ayam yang digunakan segar untuk mendapatkan rasa yang terbaik.- Gunakan rempah-rempah segar untuk menghasilkan aroma yang lebih kuat.- Jika tidak menyukai makanan pedas, kurangi jumlah cabai merah dalam serundeng.- Selalu gunakan api kecil saat memasak ayam agar bumbu meresap dengan baik.- Pastikan kelapa parut kasar digoreng hingga kecokelatan agar serundeng lebih renyah.

Kelebihan Resep Ayam Goreng Serundeng Madura

Ayam goreng serundeng madura memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

- Rasa yang kaya: Dengan penggunaan rempah-rempah khas seperti lengkuas, kunyit, dan serai, ayam goreng serundeng madura memiliki rasa yang kaya dan nikmat.- Aroma yang sedap: Rempah-rempah yang digunakan dalam hidangan ini juga memberikan aroma yang lezat saat dimasak.- Taburan serundeng yang renyah: Serundeng memberikan tekstur renyah kepada hidangan ini, menambah kenikmatan saat dikonsumsi.- Cocok untuk acara spesial: Ayam goreng serundeng madura merupakan hidangan yang cocok disajikan pada acara-acara spesial atau dalam acara makan bersama keluarga dan teman.

FAQ

1. Berapa lama ayam goreng serundeng madura dapat disimpan?

Ayam goreng serundeng madura dapat disimpan dalam lemari es selama 2-3 hari. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelezatan dan keamanan makanan.

2. Apakah serundeng dapat diganti dengan bahan lain?

Ya, serundeng dapat diganti dengan bahan lain seperti kerupuk bawang atau kacang tanah goreng sebagai pengganti taburan yang renyah.

Kesimpulan

Ayam goreng serundeng madura adalah hidangan lezat yang terkenal dari Madura. Dengan rasa yang kaya dan aroma yang sedap, hidangan ini cocok disajikan pada acara-acara spesial atau dalam acara makan bersama keluarga dan teman. Dengan mengikuti resep dan tips di atas, Anda dapat membuat ayam goreng serundeng madura yang lezat dan nikmat. Jangan ragu untuk mencoba sendiri resep ini dan memanjakan lidah Anda dengan cita rasa autentik dari Madura.

Post a Comment for "Resep Ayam Goreng Serundeng Madura: Menu Lezat yang Menggiurkan!"