Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

RESEP MARTABAK MIE BIHUN MADURA: KOMBINASI LEMBUT BIHUN DENGAN KELEZATAN MI

Siapa yang bisa menolak godaan rasa gurih dan tekstur lembut sepiring martabak mie bihun Madura? Resep klasik ini menggabungkan dua bahan yang sering kita temui dalam hidangan Indonesia, yaitu mie dan bihun, dengan cara yang unik dan menggugah selera. Mari kita simak resepnya yang menggoda ini!Bahan-bahan:- 200 gram mie kuning- 100 gram bihun- 2 butir telur- 100 gram kol, iris halus- 1 batang daun bawang, iris tipis- 2 siung bawang putih, cincang halus- 2 sendok makan kecap manis- 1 sendok makan saus tiram- Garam secukupnya- Merica secukupnya- Minyak goreng secukupnyaCara membuat:1. Rebus mie kuning dan bihun dalam air mendidih hingga matang sempurna. Tiriskan dan cuci dengan air dingin agar tidak lengket.2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, kemudian tumis bawang putih hingga harum.3. Tambahkan telur dan aduk hingga matang dan berbutir.4. Masukkan kol, daun bawang, kecap manis, saus tiram, garam, dan merica. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur sempurna.5. Tambahkan mie kuning dan bihun ke dalam wajan. Aduk merata hingga semua bumbu terdistribusi dengan baik.6. Koreksi rasa, tambahkan garam dan merica jika diperlukan. Aduk sebentar lagi hingga matang sempurna.7. Angkat martabak mie bihun Madura dari wajan. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan acar mentimun.Martabak mie bihun Madura yang lezat ini siap menggoyang lidah Anda! Nikmati kelezatannya sebagai hidangan sarapan atau juga bisa sebagai menu makan malam yang praktis. Selain menggunakan mie kuning dan bihun, Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera, seperti daging ayam cincang, udang, atau jamur.Tinggal beberapa langkah mudah dan hidangan spesial ini sudah siap untuk dinikmati. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep martabak mie bihun Madura ini di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Apa Itu Martabak Mie Bihun Madura?

Martabak Mie Bihun Madura adalah hidangan khas dari Madura yang terkenal dengan kelezatan dan keunikannya. Hidangan ini terdiri dari adonan mie dan bihun yang diisi dengan berbagai bahan seperti daging ayam, jamur, sayuran, dan rempah-rempah khas Madura. Martabak Mie Bihun Madura biasanya disajikan dengan saus kacang dan acar sebagai pelengkap.

Cara Membuat Martabak Mie Bihun Madura

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Martabak Mie Bihun Madura:

Langkah 1: Persiapan Bahan

Persiapkan semua bahan yang diperlukan, termasuk mie, bihun, daging ayam, jamur, sayuran, dan rempah-rempah.

Langkah 2: Membuat Adonan

Haluskan daging ayam dan jamur menggunakan blender atau chopper. Campurkan daging ayam dan jamur yang telah dihaluskan dengan mie dan bihun. Tambahkan sayuran yang telah dipotong-potong ke dalam adonan. Kemudian, tambahkan rempah-rempah khas Madura seperti bawang putih, bawang merah, jahe, merica, dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Langkah 3: Menggoreng Martabak

Panaskan minyak dalam wajan yang cukup besar. Ambil segenggam adonan martabak dan pipihkan menggunakan telapak tangan hingga berbentuk bundar dan tipis. Goreng martabak dalam minyak panas hingga kedua sisinya berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan martabak dari minyak. Ulangi hingga semua adonan habis.

Langkah 4: Menyajikan Martabak

Sajikan Martabak Mie Bihun Madura dengan saus kacang dan acar sebagai pelengkap. Anda juga dapat menambahkan bawang goreng dan irisan cabai rawit sesuai dengan selera. Nikmati kelezatan hidangan ini selagi hangat.

Tips Membuat Martabak Mie Bihun Madura yang Lezat

Untuk mendapatkan Martabak Mie Bihun Madura yang lezat, Anda dapat mengikuti tips berikut:

1. Gunakan Bahan Segar

Pastikan semua bahan yang Anda gunakan dalam membuat Martabak Mie Bihun Madura adalah bahan yang segar dan berkualitas. Hal ini akan mempengaruhi rasa dan tekstur hidangan yang dihasilkan.

2. Potong Bahan dengan Rapi

Sebelum mencampurkan bahan ke dalam adonan, pastikan Anda telah memotong sayuran, daging, dan jamur dengan rapi. Hal ini akan membuat martabak memiliki tampilan yang menarik dan mudah untuk digigit.

3. Gunakan Rempah-Rempah Khas Madura

Rasa khas dari Martabak Mie Bihun Madura berasal dari penggunaan rempah-rempah khas Madura seperti bawang putih, bawang merah, jahe, merica, dan garam. Pastikan Anda menggunakan rempah-rempah ini dengan proporsi yang tepat untuk mendapatkan rasa yang autentik.

4. Jangan Terlalu Banyak Minyak

Agar martabak tidak terlalu berminyak, pastikan Anda menggoreng dengan jumlah minyak yang cukup. Gunakan minyak secukupnya dan pastikan minyak telah dipanaskan dengan baik sebelum memasukkan adonan.

Kelebihan Resep Martabak Mie Bihun Madura

Resep Martabak Mie Bihun Madura memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi hidangan yang populer:

1. Rasa yang Lezat

Kombinasi antara mie, bihun, daging ayam, jamur, sayuran, dan rempah-rempah khas Madura menghasilkan rasa yang lezat dan menggoda selera. Hidangan ini memadukan tekstur yang kenyal dan gurih dalam satu gigitan.

2. Variasi Bahan

Martabak Mie Bihun Madura dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Anda dapat menambahkan atau mengganti bahan sesuai dengan preferensi dan pilihan Anda. Hal ini membuat hidangan ini sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan berbagai macam selera penggemar makanan.

3. Mudah Dibuat

Meskipun terlihat rumit, resep Martabak Mie Bihun Madura sebenarnya cukup mudah untuk dibuat. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda dapat mencoba membuat hidangan ini di rumah.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Martabak Mie Bihun Madura vegetarian-friendly?

Tidak, Martabak Mie Bihun Madura mengandung daging ayam sebagai salah satu bahan utamanya. Namun, Anda dapat mengganti daging ayam dengan bahan pengganti vegetarian seperti tempe atau tahu sesuai dengan preferensi Anda.

2. Bisakah saya menggunakan saus sambal sebagai pelengkap?

Tentu, Anda dapat menggunakan saus sambal sebagai pelengkap untuk Martabak Mie Bihun Madura. Hal ini dapat menambah rasa pedas dan kelezatan hidangan. Sesuaikan dengan selera Anda dan nikmati hidangan dengan pelengkap yang Anda sukai.

Kesimpulan

Martabak Mie Bihun Madura adalah hidangan yang menggoda dengan kelezatan yang unik. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan, Anda dapat mencoba membuat hidangan ini di rumah. Martabak Mie Bihun Madura cocok untuk dinikmati sebagai makanan ringan atau hidangan utama. Jangan ragu untuk mencoba resep ini dan bagi penggemar makanan khas Madura, pasti akan menjadi hidangan favorit Anda. Selamat mencoba!

Jika Anda ingin menikmati kelezatan Martabak Mie Bihun Madura tanpa repot membuatnya sendiri, kunjungi restoran atau kedai kuliner khas Madura di kota terdekat. Nikmati hidangan ini bersama keluarga atau teman-teman Anda dan rasakan sensasi kuliner khas Madura yang autentik.

Post a Comment for "RESEP MARTABAK MIE BIHUN MADURA: KOMBINASI LEMBUT BIHUN DENGAN KELEZATAN MI"