Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Masakan Petis Madura yang Menggugah Selera

Madura, sebuah pulau di pesisir timur Jawa yang terkenal dengan kekayaan kuliner khasnya. Salah satu hidangan yang menjadi favorit banyak orang adalah petis Madura. Masakan yang menggugah selera ini memiliki cita rasa unik dan aroma yang menguar ketika disantap. Anda ingin mencoba memasaknya di rumah? Berikut adalah resep masakan petis Madura yang bisa Anda ikuti.

Bahan-bahan:

- 250 gram menir (udang kecil yang sudah diawetkan)- 5 siung bawang putih- 8 siung bawang merah- 5 buah cabai rawit- 2 lembar daun jeruk- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh gula merah- Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

1. Pertama-tama, haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan garam menggunakan blender atau ulekan.2. Panaskan minyak goreng dalam wajan.3. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan matang sempurna.4. Masukkan daun jeruk ke dalam tumisan bumbu, aduk-aduk sejenak agar aroma daun jeruk meresap ke dalam bumbu.5. Setelah itu, tambahkan menir (udang kecil yang sudah diawetkan) dan aduk rata.6. Tambahkan gula merah dan masak hingga gula merah larut dan tercampur merata dengan bumbu.7. Angkat dan hidangkan petis Madura ini dengan nasi hangat.

Tips:

- Menir adalah bahan utama yang membuat petis Madura begitu istimewa. Jika Anda tidak dapat menemukan menir di pasar, Anda bisa mencoba menggantinya dengan udang segar yang telah dihaluskan.- Jika Anda menginginkan citarasa yang lebih pedas, tambahkan jumlah cabai rawit sesuai dengan selera.- Petis Madura yang sudah matang dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di dalam kulkas. Dalam kondisi ini, petis dapat bertahan hingga beberapa minggu.Nikmati hidangan petis Madura yang kaya akan rasa dan aroma. Selamat mencoba memasak!

Apa Itu Petis Madura?

Petis Madura adalah salah satu jenis bumbu khas Madura, Jawa Timur. Bumbu ini terbuat dari udang fermentasi yang dihaluskan dan diolah dengan tambahan bahan-bahan lainnya, seperti gula, air, bawang putih, dan rempah-rempah. Petis Madura memiliki rasa yang khas, yaitu asin, manis, dan sedikit pedas.

Cara Mengolah Petis Madura

Untuk membuat petis Madura, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Bahan-bahan:

  • 250 gram udang
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 3 butir kemiri, sangrai dan haluskan
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Cuci bersih udang dan rebus dalam air mendidih hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Gongseng bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum.
  3. Haluskan udang yang telah direbus menggunakan blender atau cobek.
  4. Tumis bawang putih gongseng sampai harum.
  5. Tambahkan udang halus, gula pasir, air asam jawa, garam, merica bubuk, ketumbar bubuk, dan kemiri halus. Aduk rata.
  6. Tumis sampai bumbu matang dan harum, angkat dan dinginkan.
  7. Tuangkan petis Madura ke dalam wadah dan simpan di dalam kulkas.

Selamat! Anda telah berhasil membuat petis Madura sendiri. Bumbu ini dapat digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai masakan, seperti nasi goreng, mie goreng, sate, dan masih banyak lagi.

Tips dalam Mengolah Petis Madura

Untuk mendapatkan petis Madura yang enak, Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut:

Pilih udang segar

Pastikan udang yang digunakan dalam pembuatan petis Madura adalah udang yang segar. Udang segar akan menghasilkan petis dengan rasa yang lebih lezat.

Rebus udang hingga matang

Sebelum dihaluskan, rebus udang hingga matang. Hal ini berguna untuk memastikan udang benar-benar matang dan aman untuk dikonsumsi.

Tumis bumbu hingga harum

Setelah menghaluskan udang, tumis bumbu-bumbu lainnya hingga harum. Proses ini akan memberikan aroma yang sedap pada petis Madura.

Simpan di dalam kulkas

Setelah selesai membuat petis Madura, simpanlah bumbu ini di dalam kulkas. Hal ini akan membuat petis tetap segar dan tahan lama.

Kelebihan Resep Masakan Petis Madura

Resep masakan petis Madura memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

Rasa yang lezat

Petis Madura memiliki rasa yang khas, yaitu asin, manis, dan sedikit pedas. Rasa ini akan memberikan sensasi yang nikmat saat dinikmati dalam masakan.

Varian masakan yang beragam

Petis Madura dapat digunakan sebagai bumbu utama dalam berbagai masakan, mulai dari nasi goreng, mie goreng, sate, hingga masakan dengan kuah seperti rawon. Dengan demikian, petis Madura dapat menghasilkan varian masakan yang beragam.

Memperkaya cita rasa

Dengan menambahkan petis Madura dalam masakan, Anda akan dapat memperkaya cita rasa masakan tersebut. Petis Madura akan memberikan sentuhan gurih dan sedikit pedas yang membuat masakan menjadi lebih lezat.

FAQ (Frequently Asked Questions) tentang Petis Madura

Apakah petis Madura bisa dijadikan bahan pengganti terasi?

Tidak, petis Madura dan terasi memiliki rasa yang berbeda. Terasi memiliki aroma dan rasa yang khas, sedangkan petis Madura memiliki rasa yang lebih asin dan manis. Meski keduanya adalah bumbu hasil fermentasi yang digunakan dalam masakan, tetapi tidak bisa saling menggantikan.

Berapa lama petis Madura dapat disimpan?

Apabila disimpan dengan benar di dalam kulkas, petis Madura dapat bertahan hingga beberapa bulan. Pastikan Anda menyimpan petis Madura di dalam wadah yang tertutup rapat dan jangan biarkan terkena udara langsung.

Kesimpulan

Petis Madura adalah bumbu khas Madura yang terbuat dari udang fermentasi. Bumbu ini memiliki rasa asin, manis, dan sedikit pedas yang khas. Anda dapat mengolah petis Madura sendiri dengan mengikuti langkah-langkah sederhana, seperti merebus udang, menghaluskan, dan menumis bumbu. Petis Madura dapat digunakan dalam berbagai masakan, seperti nasi goreng, mie goreng, sate, dan masakan berkuah. Pastikan untuk memilih udang segar, merebus udang hingga matang, menumis bumbu hingga harum, dan menyimpan petis di dalam kulkas agar tetap segar. Jangan lupa juga untuk mencoba berbagai varian masakan dengan menggunakan petis Madura untuk memperkaya cita rasa. Selamat mencoba!

Masih ingin tahu lebih banyak tentang petis Madura? Silakan kunjungi situs kami untuk informasi lebih lanjut atau tanyakan kepada kami melalui formulir kontak yang telah disediakan.

Ayo segera buat petis Madura sendiri di rumah dan nikmati kelezatannya! Selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Masakan Petis Madura yang Menggugah Selera"