Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Buat Sate Madura Bumbu Kacang ala Santai yang Bikin Lidah Bergoyang

Siapa yang tak kenal dengan cita rasa khas sate Madura? Gurihnya daging yang dibalut dengan bumbu kacang pekat, sempurna untuk memanjakan lidah kita. Nah, kali ini kami akan berbagi resep cara membuat sate Madura bumbu kacang yang lezat tanpa harus ribet atau stress. Mari kita mulai petualangan kuliner ini!

Bahan-bahan:

- 500 gram daging sapi, potong dadu- 20 tusuk sate- 1 sendok makan air jeruk nipis- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh ketumbar, haluskan- ½ sendok teh merica bubuk

Bumbu Kacang:

- 200 gram kacang tanah, sangrai dan haluskan- 3 siung bawang putih, haluskan- 2 sendok makan kecap manis- 1 sendok makan air asam jawa- 1 sendok teh gula merah, serut halus- ½ sendok teh garam- 500 ml air

Cara Membuat:

1. Pertama-tama, rendam potongan daging sapi dalam campuran air jeruk nipis, garam, ketumbar, dan merica bubuk selama sekitar 30 menit. Diamkan sehingga bumbu meresap ke dalam daging.2. Sementara itu, siapkan bumbu kacang. Campurkan kacang tanah yang telah dihaluskan dengan air, bawang putih, kecap manis, air asam jawa, gula merah, dan garam dalam wajan. Masak dengan api kecil hingga bumbu tercampur rata dan mengental, lalu sisihkan.3. Tusukkan dadakan daging sapi yang telah direndam ke dalam tusukan sate. Panggang sate di atas bara api, bolak-balik hingga matang sempurna dan harum.4. Setelah matang, angkat sate dari bara api dan sajikan bersama bumbu kacang yang telah disiapkan. Jangan lupa tambahkan pelengkap seperti lontong, irisan mentimun, dan bawang merah agar cita rasa semakin mantap!

Tips dan Trik:

- Pastikan potongan daging sapi cukup kecil agar cepat matang dan lebih mudah meresap bumbu.- Jika Anda menyukai rasa pedas, tambahkan cabe rawit yang telah dihaluskan ke dalam bumbu kacang.- Untuk rasa yang lebih kaya, tambahkan sedikit kecap manis kental pada saat memanggang sate.Dengan resep sate Madura bumbu kacang yang santai ini, Anda dapat menikmati cita rasa Indonesia yang otentik di rumah sendiri. Bagaimana? Apakah Anda siap untuk mencoba tantangan kuliner kali ini? Selamat mencoba!

Apa itu Sate Madura Bumbu Kacang?

Sate Madura Bumbu Kacang merupakan salah satu jenis makanan khas dari Madura, Jawa Timur. Sate ini terbuat dari daging sapi, ayam, atau kambing yang ditusuk dan dipanggang menggunakan arang. Sate Madura Bumbu Kacang memiliki cita rasa yang khas dan dihidangkan dengan kuah kacang yang gurih dan nikmat.

Cara Membuat Sate Madura Bumbu Kacang

Untuk membuat Sate Madura Bumbu Kacang, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi/ayam/kambing
  • 10 tusuk sate kayu
  • 200 gram kacang tanah goreng
  • 3 butir bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Garam secukupnya

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat Sate Madura Bumbu Kacang:

Langkah-langkah:

  1. Masukkan kacang tanah, bawang putih, dan cabai rawit ke dalam blender. Haluskan dan sisihkan.
  2. Campurkan kecap manis, air jeruk nipis, minyak goreng, dan garam dalam wadah yang berbeda. Aduk rata.
  3. Potong daging menjadi dadu kecil dan tusuk daging sapi/ayam/kambing dengan tusuk sate kayu.
  4. Gulingkan tusukan daging ke dalam campuran kecap manis hingga terendam rata. Diamkan selama 1 jam agar bumbu meresap.
  5. Bakar sate menggunakan arang hingga matang dan berwarna kecokelatan, serta rasakan aroma harum yang menggoda.
  6. Sajikan sate dengan bumbu kacang yang telah Anda haluskan sebelumnya.

Tips dalam Membuat Sate Madura Bumbu Kacang

Untuk mendapatkan cita rasa yang autentik, Anda dapat menambahkan petis Madura atau air asam Jawa ke dalam bumbu kacang Anda. Selain itu, pastikan daging yang Anda gunakan memiliki kadar lemak yang tepat agar sate terasa lebih lezat dan tidak kering.

Kelebihan Cara Membuat Sate Madura Bumbu Kacang

Sate Madura Bumbu Kacang memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Cita rasa yang khas dan nikmat
  • Dapat disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai makanan pembuka
  • Bahan-bahan yang mudah ditemukan
  • Proses pembuatan yang sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama

FAQ (Pertanyaan Umum) tentang Sate Madura Bumbu Kacang

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat Sate Madura Bumbu Kacang?

Waktu yang dibutuhkan dalam membuat Sate Madura Bumbu Kacang adalah sekitar 1 jam, termasuk waktu marinasi dan memanggang.

2. Bisakah Sate Madura Bumbu Kacang disimpan dalam lemari es?

Ya, Anda dapat menyimpan sate yang sudah dipanggang dalam lemari es. Namun, sebaiknya sate dimakan dalam waktu 1-2 hari setelah pembuatan untuk mendapatkan rasa yang terbaik.

Kesimpulan

Dengan menggunakan resep dan tips di atas, Anda dapat dengan mudah menciptakan Sate Madura Bumbu Kacang yang enak dan lezat. Jangan takut untuk bereksperimen dengan rasa dan bahan tambahan sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan Sate Madura Bumbu Kacang!

Jika Anda merasa tertarik untuk mencoba resep ini, segera siapkan bahan-bahan dan ikuti langkah-langkah yang telah disajikan dalam artikel ini. Dapatkan pengalaman makan yang menggugah selera dan buatlah hidangan ini menjadi favorit di keluarga Anda. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Buat Sate Madura Bumbu Kacang ala Santai yang Bikin Lidah Bergoyang"