Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Membuat Gulai Kambing Madura ala Pedesaan yang Menggoyang Lidah!

Siapa bilang masakan khas Madura hanya identik dengan sate ayam? Gulai kambing Madura juga patut dicoba! Dengan perpaduan rempah-rempah khas dan kelezatan daging kambing yang lezat, gulai kambing Madura mampu menggoyang lidah siapa saja. Bagi Anda yang penasaran, inilah cara lengkap membuat gulai kambing Madura ala pedesaan yang mantap!

Bahan-Bahan:

- 500 gram daging kambing, potong-potong sesuai selera- 2 sendok makan minyak goreng- 4 lembar daun salam- 2 batang serai, memarkan- 2 cm lengkuas, memarkan- 4 butir cengkeh- 4 butir kapulaga- 2 lembar daun jeruk purut- 1 buah tomat, potong-potong- 1 liter santan kelapa- 2 sendok makan gula merah, serut- Garam secukupnya

Bumbu Halus:

- 6 butir bawang merah- 4 siung bawang putih- 5 buah cabai merah keriting- 3 buah cabai rawit merah, sesuai selera- 2 cm jahe- 1/2 sendok teh merica butiran- 1 sendok teh ketumbar

Cara Memasak:

1. Pertama-tama, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, jahe, merica butiran, dan ketumbar. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng hingga harum.2. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, cengkeh, kapulaga, dan daun jeruk purut. Aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna.3. Tambahkan potongan daging kambing ke dalam tumisan bumbu. Aduk merata dan masak hingga daging berubah warna.4. Tuangkan santan kelapa ke dalam wadah tumisan. Tambahkan potongan tomat, gula merah serut, dan garam secukupnya. Aduk rata dan masak dengan api sedang hingga santan mendidih.5. Kecilkan api, tutup wadah, dan masak gulai kambing Madura selama kurang lebih 2 jam atau hingga daging kambing empuk dan bumbu meresap.6. Setelah matang, tes rasa gulai. Jika kurang gurih, tambahkan garam secukupnya sesuai selera.7. Angkat gulai kambing Madura dari kompor dan sajikan selagi hangat dengan nasi putih dan pelengkap lain seperti sambal terasi dan acar timun.

Nikmatnya Gulai Kambing Madura Pedesaan

Dalam setiap suapan gulai kambing Madura, Anda akan merasakan kelezatan daging kambing yang lembut dan tekstur kuah santan yang kental. Rempah-rempah khas seperti serai, lengkuas, dan daun jeruk purut memberikan aroma yang khas dan menggugah selera. Gula merah serut juga menambahkan sedikit sentuhan manis yang menenangkan.Meski memasak gulai kambing Madura membutuhkan waktu yang cukup lama, namun jangan khawatir, hasilnya pasti sebanding dengan usaha yang Anda keluarkan. Selamat mencoba dan nikmati sajian gulai kambing Madura ala pedesaan ini bersama keluarga tercinta!

Apa Itu Gulai Kambing Madura?

Gulai kambing madura adalah masakan khas dari pulau Madura, Jawa Timur, Indonesia. Gulai merupakan masakan berkuah yang menggunakan bumbu rempah-rempah yang kaya dan gurih. Biasanya, daging kambing yang digunakan adalah daging kambing berlemak yang dipotong-potong menjadi potongan kecil. Gulai kambing madura memiliki rasa yang khas dan menggugah selera, dengan cita rasa rempah yang kuat dan aroma yang harum.

Cara Membuat Gulai Kambing Madura

Untuk membuat gulai kambing madura yang lezat, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

1. Persiapan Bahan

- 1 kg daging kambing, potong-potong menjadi potongan kecil- 2 buah kelapa tua, parut dan ambil santannya sebanyak 2 liter- 10 lembar daun jeruk purut- 10 batang serai, memarkan- 5 lembar daun salam- 5 cm lengkuas, memarkan- 5 buah cabai merah, iris serong- 5 buah cabai hijau, iris serong- 3 sendok makan garam- 2 sendok makan gula merah, sisir halus- 2 sendok teh bubuk ketumbar- 1 sendok teh jinten, sangrai dan haluskan- 1 sendok teh bubuk kunyit- 1/2 sendok teh bubuk kencur- Minyak untuk menumis

2. Memasak Gulai Kambing

- Panaskan minyak dalam penggorengan dan tumis bumbu halus, cabai merah iris, cabai hijau iris, daun salam, serai, dan lengkuas hingga harum.- Masukkan daging kambing, aduk hingga berubah warna dan terendam bumbu.- Tambahkan garam, gula merah, bubuk ketumbar, jinten, bubuk kunyit, dan bubuk kencur. Aduk rata.- Tuangkan santan kelapa sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga santan meresap dan kuah mengental.- Masukkan daun jeruk purut, aduk rata, dan masak dengan api kecil hingga daging empuk dan bumbu meresap.- Koreksi rasa, tambahkan garam dan gula jika diperlukan.

Tips Membuat Gulai Kambing Madura

- Pilih daging kambing yang berlemak agar gulai menjadi lebih lezat.- Sebaiknya gunakan santan kelapa kental untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih.- Bumbu yang kaya akan rempah-rempah merupakan kunci utama dalam menjadikan gulai kambing madura memiliki cita rasa yang istimewa. Pastikan untuk menggunakan rempah-rempah segar atau rempah-rempah kering dengan kualitas terbaik.- Selalu gunakan api kecil saat mengolah gulai untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Masaklah dengan sabar agar daging kambing menjadi lembut dan bumbu meresap dengan baik.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah bisa menggunakan daging sapi sebagai pengganti daging kambing?

Tentu saja, Anda dapat mengganti daging kambing dengan daging sapi sesuai dengan selera Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa rasa dan tekstur masakan akan sedikit berbeda.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat gulai kambing madura?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat gulai kambing madura dapat bervariasi tergantung pada keahlian memasak dan jumlah daging yang digunakan. Secara umum, proses memasak gulai kambing madura membutuhkan sekitar 2-3 jam.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat gulai kambing madura yang lezat dan menggugah selera. Gulai ini memiliki rasa yang khas dan aromanya yang harum akan meningkatkan selera makan Anda. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas untuk hasil yang terbaik. Jangan ragu untuk mencoba resep ini dan nikmati kelezatannya bersama keluarga dan teman-teman Anda!

Ayo, segera praktekkan resep gulai kambing madura ini agar Anda bisa menikmati hidangan lezat yang khas dari pulau Madura. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Membuat Gulai Kambing Madura ala Pedesaan yang Menggoyang Lidah!"