Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Membuat Kulit Martabak Bihun Madura, Kreasi Unik yang Bikin Lidah Bergoyang!

Siapa yang tidak pernah mencicipi kulit martabak yang renyah dan gurih? Salah satu varian yang patut dicoba adalah kulit martabak bihun ala Madura. Kombinasi bihun yang lembut dengan cita rasa khas dari bumbu-bumbu rempah membuat kulit martabak ini begitu menggugah selera. Yuk, simak cara membuatnya dan rasakan sensasi kuliner yang istimewa!1. Bahan-bahan yang dibutuhkan: - 200 gram bihun, rendam dengan air hangat selama 15 menit, lalu tiriskan. - 100 gram tepung terigu protein sedang. - 1 sendok teh garam. - 1 sendok teh lada bubuk. - 1 sendok teh bawang putih bubuk. - 1 sendok teh ketumbar bubuk. - 1 sendok teh kaldu ayam bubuk. - 200 ml air matang. - Minyak goreng secukupnya.2. Campurkan tepung terigu, garam, lada bubuk, bawang putih bubuk, ketumbar bubuk, dan kaldu ayam bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga tercampur sempurna.3. Selanjutnya, masukkan bihun yang sudah direndam dan ditiriskan ke dalam campuran tepung terigu. Aduk hingga bihun terdistribusi merata dan terbalut dengan bumbu.4. Tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang agak kental. Pastikan tidak ada gumpalan tepung yang terbentuk.5. Panaskan wajan datar dengan api sedang, lalu tuang adonan kulit martabak bihun ke wajan dengan menggunakan sendok sayur. Ratakan adonan secara merata dan tunggu beberapa saat.6. Setelah kulit martabak bihun terlihat kering di permukaannya, tuang minyak goreng secukupnya di sekeliling martabak. Biarkan hingga bagian bawahnya berwarna kecokelatan.7. Balik martabak menggunakan spatula dan masak hingga kedua sisi kulit menjadi renyah dan kecokelatan.8. Angkat martabak bihun dari wajan dan tiriskan minyaknya. Potong-potong sesuai selera dan hidangkan dengan taburan bawang goreng dan saus sambal. Martabak bihun Madura siap disantap!Dengan resep sederhana ini, kamu bisa menikmati kelezatan martabak bihun Madura ala warung-warung terkenal di Surabaya. Sajikan untuk menu sarapan atau sebagai camilan di waktu senggang. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Apa Itu Kulit Martabak Bihun Madura?

Kulit martabak bihun Madura adalah sejenis makanan yang terkenal di daerah Madura, Jawa Timur. Martabak bihun terbuat dari adonan terigu yang diisi dengan bihun, telur, sayuran, dan bumbu rempah khas Madura. Makanan ini umumnya dijual di warung-warung pinggir jalan ataupun di gerai-gerai khusus. Kulit martabak bihun Madura memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah, sehingga banyak digemari oleh masyarakat.

Cara Membuat Kulit Martabak Bihun Madura

Untuk membuat kulit martabak bihun Madura, Anda akan memerlukan beberapa bahan dan mengikuti beberapa langkah. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat kulit martabak bihun Madura secara lengkap:

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • Air secukupnya
  • Bihun secukupnya
  • Telur secukupnya
  • Daun bawang secukupnya, diiris halus
  • Bumbu rempah sesuai selera (misalnya bawang merah, bawang putih, jahe, merica, dsb.)

Langkah-langkah:

  1. Siapkan wadah dan campurkan tepung terigu, garam, gula, dan minyak sayur. Aduk rata.
  2. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan menjadi elastis dan tidak lengket di tangan. Diamkan selama 30 menit.
  3. Sementara menunggu adonan, rebus air dan masukkan bihun hingga matang. Tiriskan dan sisihkan.
  4. Setelah 30 menit, ambil sejumput adonan dan pipihkan menggunakan tangan atau alat pipihkan. Pastikan adonan tidak terlalu tipis.
  5. Letakkan sejumput bihun, telur, dan daun bawang di tengah adonan yang sudah dipipihkan.
  6. Lipat adonan menjadi setengah lingkaran dan rapatkan sisi-sisinya. Tekan ujungnya agar tidak terbuka.
  7. Panaskan wajan atau penggorengan dengan sedikit minyak. Panggang kulit martabak bihun Madura hingga matang dan berwarna kecokelatan di kedua sisi.
  8. Angkat martabak bihun dari wajan atau penggorengan, tiriskan minyak berlebih dengan menggunakan kertas dapur, dan sajikan.

Tips Membuat Kulit Martabak Bihun Madura yang Lezat

Untuk mendapatkan kulit martabak bihun Madura yang lezat, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

1. Gunakan Tepung Terigu Protein Tinggi

Pilihlah tepung terigu yang memiliki kandungan protein tinggi. Hal ini akan membuat kulit martabak bihun menjadi lebih kenyal dan renyah.

2. Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Air

Pada saat proses pengadukan adonan, tambahkan air sedikit-sedikit. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu kering. Adonan yang tepat akan memberikan hasil yang lebih baik.

3. Gunakan Minyak Sayur yang Tidak Berbau

Pastikan Anda menggunakan minyak sayur yang tidak memiliki bau yang kuat. Hal ini akan mempengaruhi aroma dan rasa dari kulit martabak bihun Madura.

4. Variasikan Bumbu Rempah

Anda dapat menambahkan bumbu rempah sesuai dengan selera Anda untuk memberikan cita rasa yang lebih kaya. Beberapa contoh bumbu yang bisa Anda gunakan adalah bawang merah, bawang putih, jahe, merica, dan lain sebagainya.

5. Panaskan Wajan Secara Merata

Pastikan Anda memanaskan wajan atau penggorengan dengan merata sebelum memasak kulit martabak bihun. Hal ini akan membantu kulit martabak bihun matang dengan sempurna dan tidak lengket di wajan.

Kelebihan Cara Membuat Kulit Martabak Bihun Madura

Cara membuat kulit martabak bihun Madura memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1. Sederhana dan Mudah Dipraktikkan

Cara membuat kulit martabak bihun Madura tidak terlalu rumit dan dapat dilakukan oleh siapa saja, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman dalam memasak.

2. Bahan yang Mudah Didapat

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kulit martabak bihun Madura umumnya mudah didapat di pasar atau toko terdekat. Tidak ada bahan-bahan yang sulit atau langka.

3. Rasa yang Lezat dan Menggugah Selera

Kulit martabak bihun Madura memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera. Rasa gurih dari campuran sayuran dan bumbu rempah khas Madura membuatnya menjadi hidangan yang nikmat.

4. Cocok untuk Berbagai Kesempatan

Kulit martabak bihun Madura dapat dihidangkan untuk berbagai kesempatan, seperti sarapan, makan siang, atau sebagai camilan di sore hari. Rasanya yang khas membuatnya tetap enak disantap kapan pun.

FAQ (Frequently Asked Questions) tentang Kulit Martabak Bihun Madura

1. Apakah bihun dalam martabak bihun Madura harus direbus terlebih dahulu?

Ya, bihun dalam martabak bihun Madura perlu direbus terlebih dahulu sebelum diisi ke dalam kulit martabak. Hal ini untuk memastikan bihun menjadi matang dan memberikan tekstur yang lezat.

2. Bisakah saya mengganti bihun dengan mie telur?

Tentu saja! Anda dapat mengganti bihun dengan mie telur jika lebih menyukainya. Namun, pastikan mie telur yang digunakan sudah direbus terlebih dahulu sebelum diisi ke dalam kulit martabak.

Kesimpulan

Dengan menggunakan resep di atas, Anda dapat dengan mudah membuat kulit martabak bihun Madura yang lezat di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, Anda dapat menikmati kulit martabak bihun Madura kapan pun Anda inginkan. Jangan ragu untuk mencoba resep ini dan rasakan kelezatannya sendiri! Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Membuat Kulit Martabak Bihun Madura, Kreasi Unik yang Bikin Lidah Bergoyang!"