Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cobain bikin Petis Madura di rumah, gampang banget!

Masakan Nusantara memang nggak ada habisnya untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Petis Madura, hidangan khas dari Pulau Madura yang sedap luar biasa. Nah, buat kamu yang penasaran dan pengen mencoba bikin sendiri di rumah, tenang aja, gampang banget kok! Yuk, ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 500 gram udang segar, buang kulit dan kepala, sisakan ekor
  • 300 gram petis ikan
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah cabai merah, iris serong
  • 2 lembar daun jeruk, iris halus
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah, serut
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan sedikit minyak pada wajan besar, lalu tumis bawang putih, cabai merah, daun jeruk, dan serai hingga harum. Pastikan api dalam keadaan sedang ya.
  2. Masukkan udang yang sudah disiapkan ke dalam wajan, aduk rata dan masak hingga berwarna merah kekuningan.
  3. Tambahkan petis ikan ke dalam wajan, aduk rata dengan api kecil selama beberapa menit.
  4. Setelah itu, tambahkan sedikit air dan aduk kembali hingga merata. Tunggu beberapa saat hingga bumbu meresap sempurna. Kamu juga bisa menambahkan gula merah dan garam sesuai selera.
  5. Angkat dan sajikan Petis Madura yang lezat ini dengan nasi hangat atau sebagai pelengkap hidangan lainnya.

Nah, gimana? Gampang banget kan? Dengan sedikit usaha dan bahan yang mudah didapatkan, kamu bisa menikmati Petis Madura enak ini di rumah. Yuk, buruan coba! Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Apa itu Petis Madura?

Petis Madura adalah saus tradisional yang berasal dari pulau Madura, Indonesia. Saus ini terbuat dari udang fermentasi yang diolah menjadi pasta yang kental dan memiliki aroma yang sangat khas. Petis Madura umumnya digunakan sebagai bumbu pelengkap untuk berbagai hidangan Indonesia, terutama masakan-masakan dari daerah Jawa Timur.

Cara Membuat Petis Madura

Untuk membuat petis Madura, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

1. Persiapkan Bahan-Bahan

Untuk membuat petis Madura, Anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 500 gram udang segar
  • 1 sendok makan gula merah
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 3 batang serai, memarkan
  • 5 sendok makan air asam jawa
  • Garam secukupnya

2. Mengolah Udang

Cuci bersih udang segar dan buang kepala serta kulitnya. Rebus udang dalam air mendidih selama 5 menit, kemudian tiriskan dan biarkan udang dingin. Setelah dingin, kupas kulit udang dan buang kepala, sisakan ekor udang yang masih utuh.

3. Menghaluskan Udang

Haluskan udang yang sudah dikupas menggunakan blender atau cobek dan uleg. Anda dapat menambahkan sedikit air agar mudah menghaluskan udang.

4. Fermentasi Udang

Taruh udang yang sudah dihaluskan dalam wadah tertutup rapat dan biarkan fermentasi berlangsung selama 3 sampai 5 hari di tempat yang gelap dan tidak terkena sinar matahari langsung. Anda akan melihat perubahan warna dan aroma pada udang yang menandakan proses fermentasi sedang berlangsung.

5. Membuat Pasta Udang

Setelah proses fermentasi selesai, panaskan wajan dengan sedikit minyak. Tumis pasta udang yang sudah difermentasi bersama dengan gula merah, daun jeruk purut, serai, air asam jawa, dan garam. Aduk rata dan masak dengan api kecil hingga pasta udang mengental dan berwarna coklat kehitaman.

6. Penyimpanan

Saat pasta udang sudah mengental, angkat dari api dan dinginkan. Simpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas agar tetap segar dan tahan lama.

Tips Membuat Petis Madura yang Enak

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat petis Madura yang enak:

1. Gunakan Udang Segar

Pilihlah udang segar yang berkualitas untuk menghasilkan petis Madura yang lezat. Pastikan udang tidak berbau amis atau rusak sebelum digunakan.

2. Fermentasi yang Tepat

Proses fermentasi udang sangat penting dalam pembuatan petis Madura. Pastikan udang difermentasi dengan baik untuk mendapatkan aroma dan rasa yang khas.

3. Memasak dengan Lebih Lama

Jika Anda ingin mendapatkan petis Madura yang lebih kental dan berwarna lebih pekat, masak pasta udang dengan api kecil dan tambahkan waktu memasak agar pasta udang benar-benar mengental.

4. Simpan di Tempat yang Dingin

Jaga keawetan petis Madura dengan menyimpannya di dalam kulkas dalam wadah yang kedap udara. Pastikan untuk menggunakan petis Madura sebelum tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Q: Apakah petis Madura mengandung lemak?

A: Iya, petis Madura mengandung lemak karena berasal dari udang yang memiliki kandungan lemak alami. Namun, dalam porsi yang kecil, konsumsi petis Madura tidak akan berdampak buruk pada kesehatan asalkan dikonsumsi secara sewajarnya.

Q: Bolehkah petis Madura digunakan dalam masakan vegetarian?

A: Tidak, karena petis Madura terbuat dari udang fermentasi, sehingga tidak cocok untuk masakan vegetarian atau vegan. Bagi mereka yang menghindari makanan hewani, petis Madura tidak direkomendasikan dalam masakan mereka.

Kesimpulan

Petis Madura adalah saus tradisional yang lezat dan kaya akan aroma. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan bahan yang segar, Anda dapat membuat sendiri petis Madura di rumah. Petis Madura dapat digunakan sebagai tambahan bumbu pada berbagai hidangan, memberikan cita rasa khas pulau Madura.

Jangan ragu untuk mencoba membuat sendiri petis Madura di rumah dan rasakan sensasi cita rasanya yang unik. Nikmati hidangan Indonesia dengan petis Madura yang enak dan lezat!

Ayo, coba buat petis Madura sendiri sekarang dan nikmati hidangan dengan sentuhan kelezatan khas dari pulau Madura! Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cobain bikin Petis Madura di rumah, gampang banget!"