Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Sate Ayam Madura Bumbu Kacang: Sajian Sedap yang Menggoyang Lidah!

Siapa yang bisa menolak aroma harum yang tercium dari sate ayam Madura yang sedang dipanggang di atas bara api? Sajian yang satu ini memang sudah terkenal di seluruh Indonesia dan bahkan telah menjadi ikon kuliner Nusantara. Kaum pecinta sate pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk menyantap sate ayam Madura yang gurih dan dijamin bikin lidah bergoyang!

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba membuat sate ayam Madura bumbu kacang di rumah, jangan khawatir! Kami punya resep lengkapnya untuk Anda. Yuk, simak cara membuat sate ayam Madura bumbu kacang yang lezat dan siap memanjakan lidah Anda!

Bahan-bahan:

  • 1 kg daging ayam, potong kotak kecil
  • 50 gram kemiri, sangrai
  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 100 gram kacang tanah, sangrai
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, haluskan kemiri, bawang merah, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulek manual.
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan matang. Masukkan ke dalam wadah.
  3. Haluskan kacang tanah dengan blender atau ulek manual. Campurkan dengan bumbu yang sudah ditumis.
  4. Tambahkan kecap manis, garam, merica bubuk, dan minyak goreng ke dalam adonan bumbu. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Masukkan potongan daging ayam ke dalam adonan bumbu. Pastikan setiap potongan daging terbalut dengan bumbu merata. Diamkan selama 1-2 jam di dalam lemari es agar bumbu lebih meresap.
  6. Tusuk daging ayam yang sudah dibumbui ke dalam tusukan sate. Panggang sate ayam Madura di atas bara api sambil terus membaliknya hingga matang dan berwarna kecokelatan. Jika tidak ada bara api, Anda juga bisa memanggang sate di atas teflon dengan sedikit minyak.
  7. Sajikan sate ayam Madura dengan lontong atau nasi putih hangat. Jangan lupa siapkan bumbu kacang dan irisan timun serta bawang merah sebagai pelengkap. Sate ayam Madura bumbu kacang siap disantap!

Nikmati kelezatan sate ayam Madura bumbu kacang yang begitu menggoyang lidah ini bersama keluarga tercinta di rumah. Apa lagi yang bisa lebih memuaskan daripada menikmati hidangan lezat yang kita buat sendiri? Selamat mencoba!

Apa Itu Sate Ayam Madura?

Sate ayam madura adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa khasnya yang lezat. Sate ini berbeda dengan sate ayam pada umumnya karena menggunakan bumbu kacang sebagai saus utamanya. Sate ayam madura biasanya disajikan dengan lontong atau nasi putih serta pelengkap seperti irisan mentimun, bawang merah, dan koya.

Cara Membuat Sate Ayam Madura

Untuk membuat sate ayam madura yang enak dan lezat, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Persiapan Bahan

- 500 gram daging ayam, potong-potong menjadi dadu kecil

- 10-15 tusuk sate kayu, rendam dalam air agar tidak gosong saat dipanggang

- 200 ml air jeruk nipis

- 4 siung bawang putih, haluskan

- 2 sendok makan kecap manis

- 1 sendok makan minyak goreng

- Garam secukupnya

- Merica bubuk secukupnya

2. Marinasi Ayam

- Campurkan daging ayam dengan air jeruk nipis, bawang putih, kecap manis, minyak goreng, garam, dan merica bubuk

- Aduk rata dan diamkan selama 1 jam agar bumbu meresap

3. Penyusunan Sate

- Tusuk potongan daging ayam ke dalam tusuk sate kayu, sisakan sedikit ruang di antara potongan ayam agar panas dapat merata saat dipanggang

- Lakukan langkah ini hingga semua potongan ayam habis ditusuk

Tips dalam Membuat Sate Ayam Madura yang Lezat

1. Penggunaan Bahan Segar

Pastikan Anda menggunakan daging ayam yang segar dan berkualitas dalam membuat sate ayam madura. Daging ayam yang segar akan memberikan rasa yang lebih nikmat dan tekstur yang lembut.

2. Perendaman Ayam yang Cukup

Pastikan Anda merendam potongan daging ayam dalam bumbu marinasi selama minimal 1 jam agar bumbu meresap hingga ke dalam daging. Hal ini akan membuat sate ayam madura Anda lebih lezat dan aromatik.

3. Panggang dengan Suhu yang Tepat

Panggang sate ayam madura di atas bara api dengan suhu yang moderat. Jangan terlalu panas agar sate tidak gosong di luar namun masih matang sempurna di dalam.

4. Sajiakan dengan Pelengkap yang Tepat

Sate ayam madura biasanya disajikan dengan lontong atau nasi putih serta pelengkap seperti irisan mentimun, bawang merah, dan koya. Sajikan sate dengan pelengkap ini untuk mendapatkan pengalaman makan yang lebih kompleks dan lezat.

Kelebihan Resep Sate Ayam Madura Bumbu Kacang Sajian Sedap

Resep sate ayam madura bumbu kacang sajian sedap memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya layak untuk Anda coba. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

1. Cita Rasa Lezat

Sate ayam madura dengan bumbu kacang mempunyai cita rasa yang kaya dan lezat. Daging ayam yang dimarinasi dengan bumbu kacang yang gurih dan sedap akan memberikan kenikmatan tersendiri saat dinikmati.

2. Variasi Pelengkap

Resep sate ayam madura ini dapat disajikan dengan berbagai pelengkap seperti lontong, nasi putih, irisan mentimun, bawang merah, dan koya. Variasi pelengkap ini memberikan tambahan tekstur, rasa, dan aroma yang menambah kelezatan hidangan ini.

3. Mudah Dibuat

Resep sate ayam madura bumbu kacang ini relatif mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak bahan. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, Anda dapat menyajikan hidangan lezat ini di rumah.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah Sate Ayam Madura menggunakan Bumbu Kacang?

Ya, sate ayam madura adalah sate ayam yang disajikan dengan bumbu kacang sebagai saus utamanya. Bumbu kacang ini memberikan rasa gurih yang khas dan membuat sate menjadi lebih lezat.

2. Apakah Sate Ayam Madura Hanya Dapat Disajikan dengan Pelengkap yang Tertentu?

Tidak, meskipun sate ayam madura biasanya disajikan dengan lontong atau nasi putih serta irisan mentimun, bawang merah, dan koya sebagai pelengkap, Anda bebas mengkreasikan hidangan ini dengan pelengkap sesuai dengan selera Anda.

Kesimpulan

Sate ayam madura bumbu kacang adalah hidangan yang patut Anda coba di rumah. Dengan bumbu kacang yang lezat, daging ayam yang dimarinasi dengan baik, serta variasi pelengkap yang dapat disesuaikan dengan selera Anda, hidangan ini akan memanjakan lidah dan menghadirkan aroma serta rasa yang tak terlupakan. Jadi, segera coba resep ini di dapur Anda dan nikmati kelezatannya bersama keluarga dan teman-teman!

Post a Comment for "Resep Sate Ayam Madura Bumbu Kacang: Sajian Sedap yang Menggoyang Lidah!"