Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep Sate Ayam Madura NCC: Merayakan Kelezatan dengan Gaya Santai

Pernahkah Anda mencicipi kelezatan sate ayam Madura yang legendaris? Jika belum, jangan khawatir! Kami akan membagikan resep sate ayam Madura ala NCC, yang siap memanjakan lidah Anda. Mari kita merayakan cita rasa yang mendalam ini dengan gaya kuliner yang santai.

Mengenal Sate Ayam Madura

Mengapa sate ayam Madura menjadi begitu populer di masyarakat? Jawabannya terletak pada cara memasak yang unik dan bumbu khas yang membuatnya begitu lezat. Sate ayam Madura biasanya terdiri dari potongan daging ayam yang disusun di tusuk sate, kemudian dipanggang dengan arang yang menghasilkan aroma khas yang menggugah selera.

Resep Sate Ayam Madura NCC

Berikut ini adalah resep sate ayam Madura versi NCC yang bisa Anda coba di rumah:Bahan-bahan:- 500 gram daging ayam, potong dadu- Bumbu marinasi: - 4 siung bawang putih, haluskan - 2 sendok makan kecap manis - 1 sendok teh gula merah, parut - 1 sendok teh terasi - 1 sendok teh air asam jawa - Garam secukupnyaCara membuat:1. Pertama, mari kita marinasi daging ayam. Campurkan bawang putih yang telah dihaluskan, kecap manis, gula merah parut, terasi, air asam jawa, dan garam secukupnya ke dalam wadah. Aduk rata.2. Tambahkan potongan daging ayam ke dalam wadah adonan marinasi, pastikan semua permukaan daging terbalut bumbu. Diamkan selama minimal 2 jam di dalam kulkas agar bumbu meresap dengan sempurna.3. Jika daging telah dimarinasi dengan baik, tusukkan potongan daging ayam ke tusukan sate dengan rapi.4. Siapkan panggangan atau grill pan, panaskan dengan api sedang. Panggang sate ayam Madura hingga matang dan berwarna kecokelatan, sambil sesekali diolesi bumbu marinasi yang tersisa.5. Sate ayam Madura siap untuk disajikan! Hidangkan dengan nasi hangat, lontong, atau pilihan mie favorit Anda. Jangan lupa sajikan juga bumbu kacang khas sate Madura untuk mendapatkan sensasi yang sempurna.

Merayakan Kelezatan dengan Gaya Santai

Sate ayam Madura NCC ini telah menggabungkan rasa otentik dengan gaya santai dalam membuat hidangan yang sempurna. Memasak sate ayam Madura bisa menjadi pengalaman gastronomi yang menyenangkan bagi siapa saja yang mencobanya. Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Jawa Timur untuk menikmati hidangan ini, cukup ikuti resep ini dan rasa kelezatannya akan terasa di lidah Anda.Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep sate ayam Madura NCC ini di rumah. Lepaskan kreativitas Anda dalam memadukan bumbu dan sajian pendamping yang sesuai dengan selera Anda. Terimalah tantangan ini dengan gaya santai, dan jadilah juru masak yang unggul dalam menyajikan hidangan khas dari Nusantara.Selamat mencoba!

Apa Itu Sate Ayam Madura?

Sate ayam Madura merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur. Sate ini terkenal dengan cita rasanya yang khas dan bumbu sate yang sangat lezat. Sate ayam Madura terbuat dari potongan daging ayam yang ditusuk menggunakan tusuk sate dan kemudian dipanggang dengan menggunakan arang. Sate ayam Madura biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan lontong.

Cara Membuat Sate Ayam Madura

Berikut ini adalah resep sate ayam madura NCC (Nyonya Cooking Channel) yang dapat Anda ikuti untuk membuat sate ayam Madura yang lezat:

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging ayam (dipotong kotak kecil)
  • 50 ml kecap manis
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 2 sendok makan gula merah (parut halus)
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Tusuk sate secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah dan campurkan kecap manis, air jeruk nipis, minyak goreng, gula merah, bawang putih, air asam jawa, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga bumbu tercampur merata.
  2. Masukkan potongan daging ayam ke dalam bumbu yang telah dibuat. Aduk hingga seluruh bagian daging terendam bumbu. Biarkan selama 30 menit agar bumbu meresap dengan baik.
  3. Tusuk potongan daging ayam yang telah marinated dengan menggunakan tusuk sate.
  4. Panaskan grill atau teflon yang sudah diolesi minyak. Panggang sate ayam madura hingga matang dan berubah warna menjadi kecokelatan. Bolak-balikkan sate agar matang merata.
  5. Sajikan sate ayam Madura dengan bumbu kacang dan lontong. Nikmati sate ayam madura yang lezat ini!

Tips untuk Membuat Sate Ayam Madura yang Lezat:

  • Pilih daging ayam yang segar dan berkualitas agar sate ayam madura memiliki rasa yang lebih enak.
  • Jangan lupa untuk memarinate daging ayam selama minimal 30 menit agar bumbu meresap dengan baik.
  • Panggang sate ayam madura hingga matang sempurna, pastikan tidak terlalu kering atau terlalu mentah.
  • Sajikan sate ayam Madura dengan bumbu kacang yang lezat dan lontong yang kenyal.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya harus menggunakan tusuk sate saat membuat sate ayam Madura?

Iya, penggunaan tusuk sate sangat penting dalam proses membuat sate ayam Madura karena nantinya daging ayam akan dipanggang menggunakan tusuk sate tersebut.

2. Bisakah saya menggunakan bumbu kacang siap pakai untuk menyajikan sate ayam Madura?

Ya, Anda bisa menggunakan bumbu kacang siap pakai sebagai pelengkap untuk menyajikan sate ayam Madura. Namun, rasa dan aroma bumbu kacang buatan sendiri tentu akan lebih nikmat dan segar.

Kesimpulan

Dengan menggunakan resep sate ayam Madura NCC di atas, Anda dapat mencoba membuat sate ayam Madura yang lezat di rumah. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas serta mengikuti langkah-langkah dengan teliti agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sate ayam Madura bisa menjadi hidangan yang istimewa untuk disajikan di acara keluarga atau acara kumpul-kumpul bersama teman. Selamat mencoba!

Untuk melihat resep lainnya atau mengetahui tips masak yang lebih lengkap, kunjungi situs web NCC (Nyonya Cooking Channel) di www.nccc.com.

Ayo segera coba resep sate ayam Madura NCC ini dan nikmati sensasi kelezatan sate ayam Madura!

Post a Comment for "Resep Sate Ayam Madura NCC: Merayakan Kelezatan dengan Gaya Santai"