Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Bikin Bubur Kacang Hijau Madura yang Maknyus!

Jakarta, 15 Mei 2022 - Gak bisa dipungkiri, bubur kacang hijau adalah salah satu makanan yang bikin hati meleleh, terutama di pagi hari yang dingin. Buat kalian yang pengen menyantap bubur kacang hijau yang otentik, mari kita simak tutorial simpel berikut ini!

Bahan-Bahan:

  • 250 gram kacang hijau
  • 200 ml air pandan
  • 600 ml air kelapa muda
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • Secubit vanili bubuk
  • Secuil kelapa parut sangrai (optional)
  • Secangkir kecil es batu (sebagai pelengkap)

Langkah-langkah:

1. Rendam kacang hijau semalaman dengan air secukupnya. Pastikan kacang terendam dengan baik.

2. Esok harinya, bilas kacang hijau dengan air bersih hingga benar-benar bersih.

3. Rebus air pandan dalam panci berukuran sedang hingga mendidih. Setelah itu, masukkan kacang hijau dan rebus hingga lunak dan mengental dengan api kecil. Hal ini memakan waktu sekitar 30-40 menit.

4. Sambil menunggu kacang hijau matang, kita mulai membuat kuahnya. Campurkan air kelapa muda, gula pasir, garam, dan vanili bubuk dalam panci lain. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

5. Rebus kuah kelapa hingga mendidih dan gula benar-benar larut. Pastikan rasa manisnya pas dengan selera kamu.

6. Setelah kacang hijau lunak dan mengental, masukkan kuah kelapa ke dalam panci kacang hijau sambil diaduk perlahan. Pastikan semua bahan tercampur dengan sempurna.

7. Jangan lupa, tes rasa bubur kacang hijau kamu. Tambahkan gula atau garam sesuai dengan selera. Jika kurang manis, bisa ditambahkan gula pasir. Tetapi jangan berlebihan, agar rasa kacang hijau tetap terasa.

8. Angkat panci bubur kacang hijau hingga sedikit mendingin. Sajikan di dalam mangkuk dan taburi dengan kelapa parut sangrai (jika diinginkan).

9. Agar lebih lezat, tambahkan sebatang es batu di atas bubur kacang hijau. Nikmatilah sensasi segarnya!

Bubur kacang hijau Madura siap disantap! Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut pasti bakal bikin kamu ketagihan. Tulisan ini telah menjadi panduan lengkap untuk kamu yang ingin membuat bubur kacang hijau ala Madura. Semoga berhasil!

###

Apa Itu Bubur Kacang Hijau Madura?

Bubur kacang hijau madura adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang terkenal, terutama di daerah Madura. Bubur ini terbuat dari kacang hijau yang direbus hingga empuk dan kemudian dicampur dengan santan dan gula merah. Selain itu, bubur kacang hijau madura juga dapat ditambahkan dengan bahan tambahan seperti kelapa parut dan biji alpukat untuk memberikan rasa dan tekstur yang lebih kaya.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Madura

Langkah 1: Merendam kacang hijau

Pertama-tama, rendam kacang hijau dalam air selama minimal 4 jam atau semalaman sebelum memasaknya. Hal ini dilakukan agar kacang hijau menjadi lebih empuk dan mempercepat proses memasak.

Langkah 2: Merebus kacang hijau

Setelah direndam, tiriskan kacang hijau dan tambahkan air bersih secukupnya dalam panci. Rebus kacang hijau hingga benar-benar empuk dan meleleh. Pastikan untuk sesekali mengaduk agar tidak lengket atau gosong.

Langkah 3: Menambahkan gula merah

Selagi kacang hijau masih dalam keadaan panas, tambahkan gula merah yang telah dipotong-potong ke dalam panci. Aduk secara perlahan hingga gula merah larut dan menyatu dengan kacang hijau. Pastikan rasanya sudah sesuai dengan selera.

Langkah 4: Membuat kuah santan

Panaskan santan dalam panci terpisah. Untuk membuat kuah santan yang lezat, gunakan santan kental dan tambahkan sedikit garam secukupnya. Aduk rata dan didihkan hingga santan matang.

Langkah 5: Menyajikan bubur kacang hijau

Setelah semua bahan siap, tuang kacang hijau yang telah dimasak ke dalam mangkuk saji. Tuangkan juga kuah santan di atasnya. Anda dapat menambahkan kelapa parut dan biji alpukat di atasnya sebagai tambahan. Bubur kacang hijau Madura siap disajikan dan dinikmati.

Tips dalam Membuat Bubur Kacang Hijau Madura

1. Pilih kacang hijau yang berkualitas

Usahakan memilih kacang hijau yang baik dan tidak ada yang cacat. Kacang hijau yang berkualitas akan mempengaruhi hasil akhir dari bubur kacang hijau Madura Anda.

2. Ingat proporsi bahan

Perhatikan proporsi antara kacang hijau, gula merah, santan, dan bahan tambahan lainnya. Memiliki proporsi yang tepat akan menghasilkan rasa yang seimbang dalam bubur kacang hijau Madura Anda.

3. Cegah pembakaran atau lengket

Pastikan Anda terus mengaduk ketika merebus kacang hijau agar tidak terbakar atau lengket di bagian dasar panci. Ini akan mempengaruhi cita rasa dan tekstur bubur kacang hijau Madura.

4. Variasikan tambahan

Jika Anda ingin mencoba variasi rasa, Anda bisa menambahkan biji nangka, kolang-kaling, atau tape ketan hitam sebagai tambahan. Hal ini akan memberikan sentuhan yang unik pada bubur kacang hijau Madura Anda.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah saya bisa menggunakan kacang hijau kalengan?

Ya, Anda dapat menggunakan kacang hijau kalengan jika Anda tidak menemukan kacang hijau segar. Pastikan untuk menyaring kacang hijau kalengan sebelum digunakan.

2. Apakah bubur kacang hijau Madura dapat disimpan?

Iya, bubur kacang hijau Madura dapat disimpan dalam lemari es selama 1-2 hari. Jika ingin lebih tahan lama, Anda dapat membekukan bubur kacang hijau dalam wadah tertutup dan menghangatkannya kembali saat ingin dinikmati.

Kesimpulan

Dengan resep yang lengkap dan tips yang kami berikan di atas, Anda sekarang dapat membuat bubur kacang hijau Madura yang lezat dan autentik di rumah. Jangan ragu untuk mencoba variasi tambahan lainnya dan sesuaikan resep sesuai dengan selera Anda. Nikmati bubur kacang hijau Madura ini sebagai hidangan penutup atau camilan yang menyegarkan. Selamat mencoba!

Ayo, coba buat bubur kacang hijau Madura sendiri di rumah dan nikmati kelezatannya. Dengan resep dan tips yang kami bagikan di atas, Anda tidak akan kesulitan dalam membuat bubur kacang hijau yang lezat dan menyegarkan. Jangan lupa untuk berkreasi dengan variasi tambahan lainnya dan sesuaikan resep sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Post a Comment for "Cara Bikin Bubur Kacang Hijau Madura yang Maknyus!"