Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ala Madura yang Gurih dan Nikmat!

Siapa yang tidak doyan dengan bubur kacang hijau, terutama jika dihadirkan dengan sentuhan khas ala Madura? Nah, kali ini kita akan berbagi resep cara membuat bubur kacang hijau ala Madura yang tidak hanya lezat, tetapi juga mudah untuk dipraktekkan di rumah. Yuk, simak bareng-bareng cara pembuatannya!

Bahan-bahan:

- 250 gram kacang hijau, rendam semalaman- 150 gram gula merah, serut halus- 600 ml santan kelapa- 2 lembar daun pandan- 1 sdt garam- Air secukupnya- Topping sesuai selera (misalnya kelapa parut, kacang tanah, atau biji wijen)

Langkah-langkah:

1. Rebus kacang hijau yang sudah direndam semalaman dalam air hingga empuk. Jika dirasa kurang empuk, tambahkan air secukupnya. Angkat dan tiriskan.2. Dalam panci lain, didihkan santan kelapa bersama daun pandan, gula merah serut, dan garam. Aduk-aduk hingga gula larut dan nabati aroma daun pandan meresap.3. Setelah itu, masukkan kacang hijau yang sudah direbus ke dalam panci dengan campuran santan. Aduk rata dan masak dengan api kecil hingga semua bahan tercampur sempurna.4. Jika bubur terasa terlalu kental, tambahkan air secukupnya hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan. Jangan lupa untuk terus mengaduk agar bubur tidak lengket di dasar panci.5. Setelah bubur matang dan mendapatkan tekstur yang pas, angkat dan sajikan dalam mangkuk. Tambahkan topping sesuai selera, seperti kelapa parut, kacang tanah, atau biji wijen.6. Bubur kacang hijau ala Madura siap dinikmati! Biasanya disajikan dalam keadaan hangat, tetapi juga tetap enak ketika disimpan di kulkas untuk menjadi hidangan penutup yang menyegarkan.Selamat mencoba sendiri resep bubur kacang hijau ala Madura ini di rumah! Rasakan nikmatnya bubur kental dengan aroma wangi daun pandan dan sensasi gurih santan yang melumer di mulut. Jangan lupa, eksperimen dengan topping sesuai dengan selera Anda untuk menambahkan kelezatan bubur ini. Jadikan bubur kacang hijau ala Madura sebagai hidangan spesial buat keluarga tercinta. Selamat menikmati!

Apa Itu Bubur Kacang Hijau ala Madura?

Bubur kacang hijau ala Madura merupakan salah satu hidangan tradisional yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur. Bubur ini terbuat dari kacang hijau yang dimasak bersama dengan air dan gula kelapa. Biasanya disajikan dengan tambahan parutan kelapa dan beberapa kacang-kacangan sebagai topping. Bubur kacang hijau ala Madura memiliki cita rasa yang khas dan sangat lezat, sehingga sering menjadi menu favorit masyarakat, terutama saat bulan Ramadan.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau ala Madura

Untuk dapat membuat bubur kacang hijau ala Madura dengan sempurna, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

1. Persiapan Bahan dan Alat

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:

  • 250 gram kacang hijau
  • 100 gram gula kelapa
  • 1 liter air
  • Parutan kelapa secukupnya
  • Kacang-kacangan (misalnya kacang tanah, kacang merah) sebagai topping

Alat yang diperlukan:

  • Panci teflon
  • Pisau
  • Sendok kayu
  • Pemanggang atau wajan untuk memanggang kelapa

2. Membuat Bubur Kacang Hijau

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bubur kacang hijau:

  1. Rendam kacang hijau dalam air selama kurang lebih 2 jam, kemudian tiriskan.
  2. Panaskan panci teflon, lalu masukkan kacang hijau yang telah direndam ke dalam panci.
  3. Tambahkan air secukupnya, setengah dari jumlah kacang hijau yang telah ditambahkan.
  4. Masak kacang hijau dengan api kecil hingga empuk dan airnya mengering. Jangan lupa untuk sesekali diaduk agar kacang hijau tidak lengket di dasar panci.
  5. Tambahkan gula kelapa, aduk rata, dan masak hingga air gula kelapa mengering dan bubur kacang hijau matang sempurna.

3. Membuat Topping

Untuk membuat topping bubur kacang hijau ala Madura, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Goreng kacang tanah dan kacang merah hingga matang dan renyah. Tiriskan.
  2. Panggang kelapa parut di atas pemanggang atau wajan dengan api kecil hingga berwarna kecokelatan. Jangan lupa diaduk agar kelapa parut tidak gosong.

Tips dalam Membuat Bubur Kacang Hijau ala Madura

Untuk mendapatkan hasil bubur kacang hijau yang enak dan lezat, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  • Pastikan kacang hijau yang digunakan dalam kondisi segar dan berkualitas baik.
  • Usahakan untuk merendam kacang hijau dalam air selama beberapa jam sebelum dimasak, agar proses pemasakan menjadi lebih cepat dan kacang hijau lebih mudah empuk.
  • Pilih gula kelapa yang berkualitas baik, agar memberikan rasa manis yang pas pada bubur kacang hijau.
  • Jangan terlalu lama memasak bubur kacang hijau setelah ditambahkan gula kelapa, agar buburnya tidak terlalu lembek.

Kelebihan Membuat Bubur Kacang Hijau ala Madura

Cara membuat bubur kacang hijau ala Madura memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan dan terjangkau harganya.
  • Proses pembuatan yang sederhana dan tidak memerlukan banyak waktu.
  • Bubur kacang hijau ala Madura memiliki rasa yang lezat dan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.
  • Bubur ini dapat disajikan sebagai hidangan penutup atau sarapan yang mengenyangkan.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah bubur kacang hijau ala Madura hanya bisa disajikan saat bulan Ramadan?

Tidak, bubur kacang hijau ala Madura bisa disajikan kapan saja sepanjang tahun. Namun, bubur ini sering menjadi hidangan favorit saat bulan Ramadan karena kandungan buah kacang yang bergizi tinggi dan dapat memberikan energi setelah berpuasa.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

2. Bisakah topping bubur kacang hijau ala Madura diganti dengan bahan lain?

Tentu saja! Anda bisa mengganti topping bubur kacang hijau ala Madura dengan bahan yang Anda sukai, seperti meses, biji-bijian panggang, atau potongan buah segar.

Kesimpulan

Bubur kacang hijau ala Madura merupakan hidangan tradisional yang lezat dan bergizi. Anda dapat dengan mudah membuatnya di rumah dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Selamat mencoba dan nikmati bubur kacang hijau ala Madura yang lezat!

Jika Anda ingin merasakan sensasi budaya Madura yang kaya akan cita rasa, segera coba resep ini di rumah. Buatlah bubur kacang hijau ala Madura sebagai hidangan penutup istimewa untuk keluarga dan teman-teman Anda. Selamat memasak dan menikmati!

Post a Comment for "Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ala Madura yang Gurih dan Nikmat!"