Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cara Membuat Sambal Kacang Sate Madura: Pedasnya Bikin Lidah Bergoyang!

Pernah mencicipi sate madura? Deretan tusuk sate yang tergantung dengan mantap di atas bara api, diiringi aroma khas yang menggoda selera. Tapi tunggu dulu, kelezatan sate madura bukan hanya berhenti pada daging yang lembut serta rempahnya yang menyengat. Ada satu sosok yang tak kalah penting dalam menyempurnakan sensasi makan sate madura: sambal kacang!Sambal kacang merupakan sahabat setia sate madura. Tak hanya memberikan kekayaan rasa dengan kesedapannya, sambal kacang juga mampu memberikan aksen pedas yang bikin lidah bergoyang. Bagi pecinta sate madura, sambal kacang adalah must-have yang tak bisa terpisahkan dari nikmatnya sate tersebut.Tapi, jangan khawatir! Membuat sambal kacang sate madura taklah sulit. Menghabiskan waktu sekitar 30 menit, Anda sudah bisa menikmati kelezatan sambal kacang ini di rumah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Bahan-bahan:

- 200 gram kacang tanah, sangrai hingga matang- 4 siung bawang putih- 8 buah cabai merah keriting, sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan- 3 sendok makan minyak goreng- 2 sendok makan kecap manis- 1 sendok teh gula merah, sisir halus- 1/2 sendok teh garam- Air matang secukupnya

Cara Membuat:

1. Haluskan kacang tanah yang sudah disangrai dengan menggunakan blender atau penggiling kopi hingga lembut seperti tepung.2. Tumbuk halus bawang putih dan cabai merah keriting menggunakan alu atau blender.3. Panaskan minyak goreng pada wajan di atas api sedang, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan berubah warna.4. Masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan, aduk rata dengan bumbu tumis hingga tercampur sempurna.5. Tambahkan kecap manis, gula merah, dan garam. Aduk rata.6. Tuangkan air matang sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga sambal memiliki kekentalan yang pas.7. Masak sambal kacang sate madura selama 10-15 menit agar bumbu meresap dengan baik, dan jangan lupa aduk secara teratur agar tidak gosong.8. Angkat sambal kacang dari api, dinginkan sebentar, lalu sajikan.Yuhuu, sambal kacang sate madura siap disantap! Selamat menikmati kesedapan sate madura dengan sambal kacang ini. Jangan lupa sediakan nasi hangat dan lontong sebagai pendampingnya. Pastikan perut cukup kosong karena kelezatan sate dan sambal kacang ini bisa membuat Anda ketagihan. Selamat mencoba!

Apa Itu Sambal Kacang Sate Madura?

Sambal kacang sate Madura merupakan salah satu jenis sambal kacang yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur. Sambal ini memiliki cita rasa yang khas dan terkenal dengan kepedasannya yang menggigit. Sambal kacang sate Madura biasanya disajikan sebagai pelengkap dalam hidangan sate ayam atau sate kambing.

Cara Membuat Sambal Kacang Sate Madura

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal kacang sate Madura:

Bahan-bahan:

- 200 gram kacang tanah kulit merah

- 5 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 10 buah cabai merah keriting

- 5 buah cabai rawit merah

- 2 lembar daun jeruk purut

- 2 lembar daun salam

- 2 cm lengkuas, memarkan

- 1 batang serai, memarkan

- 200 ml air

- 2 sendok makan minyak goreng

- Garam secukupnya

- Gula merah secukupnya

- Jeruk nipis secukupnya

Langkah-langkah:

1. Sangrai kacang tanah dengan api kecil hingga matang dan berubah warna. Setelah itu, kulit kacangnya dapat dikupas jika diinginkan.

2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.

4. Masukkan daun jeruk purut, daun salam, lengkuas, dan serai. Tumis hingga bumbu matang.

5. Tambahkan air dan aduk rata. Masak hingga mendidih.

6. Setelah mendidih, masukkan kacang tanah yang telah disangrai. Aduk rata.

7. Tambahkan garam dan gula merah secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dengan baik.

8. Angkat sambal kacang sate Madura dari api dan biarkan dingin.

9. Sajikan sambal kacang sate Madura dengan sate ayam atau sate kambing.

Tips Membuat Sambal Kacang Sate Madura yang Lezat

Untuk mendapatkan sambal kacang sate Madura yang lezat, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Gunakan Kacang Tanah Kulit Merah

Pilihlah kacang tanah dengan kulit merah untuk hasil yang lebih autentik dan cita rasa yang lebih khas.

2. Jangan Terlalu Haluskan Bumbu

Agar sambal kacang sate Madura memiliki tekstur yang sedikit kasar, hindari menghaluskan bumbu terlalu halus. Biarkan beberapa bumbu terlihat dan terasa dalam sambal kacang.

3. Gunakan Bumbu Aromatik

Penambahan daun jeruk purut, daun salam, lengkuas, dan serai akan memberikan aroma yang khas pada sambal kacang sate Madura.

4. Sesuaikan Kepedasan

Sesuaikan jumlah cabai rawit yang digunakan sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Anda juga dapat menambahkan sedikit gula untuk menyeimbangkan kepedasan sambal.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah sambal kacang sate Madura bisa disimpan?

Iya, sambal kacang sate Madura dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es. Hanya pastikan untuk menghangatkannya sebelum disajikan kembali.

FAQ (Frequently Asked Questions)

2. Bagaimana cara membuat sambal kacang sate Madura tanpa kacang tanah?

Sayangnya, kacang tanah merupakan bahan utama dalam sambal kacang sate Madura. Tidak ada pengganti yang bisa memberikan hasil yang sama dengan kacang tanah.

Kesimpulan

Dengan resep dan tips di atas, Anda dapat membuat sambal kacang sate Madura yang lezat dan khas. Rasakan sensasi pedasnya yang menggigit ketika Anda menikmati sate ayam atau sate kambing dengan sambal kacang yang kaya rasa ini. Jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen dengan bumbu dan kepedasan sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba!

Jika Anda ingin mencoba resep sambal kacang sate Madura ini, langsung saja siapkan bahan-bahannya dan ikuti langkah-langkah di atas. Nikmati sensasi pedas dan gurihnya sambal kacang sate Madura yang menggoyang lidah. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Membuat Sambal Kacang Sate Madura: Pedasnya Bikin Lidah Bergoyang!"