Ad Unit (Iklan) BIG

Sholat Sunnah Qobliyah Subuh (Sholat Fajar) : Hukum, Bacaan dan Pengertian

Sholat Sunnah Qobliyah Subuh (Sholat Fajar) : Hukum, Bacaan dan Pengertian
Sholat Sunnah Qobliyah Subuh (Sholat Fajar) : Hukum, Bacaan dan Pengertian - Ada sholat fardu dan ada juga sholat sunnah. Kali ini saya akan husus membahas tentang sholat sunnah sebellum subuh.

Sholat sunnah qobliyah subuh atau bisa disebut dengan sholat fajar merupakan sholat sunnah yang banyak manfaat dan khasiat nya.

Apakah hanya sholat fajar saja yang memiliki banyak manfaat dan khasiat ? Tidak ! Semua sholat itu sama tujuan nya, yaitu untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh masyarakat tentang sholat sunnah sebelum subuh adalah : Hukum melaksanakan nya, Bacaan dan niat sholat nya dan pengetian sholat sunnah qobliyah subuh itu sendiri.

Mari kita bahas satu persatu agar kita sama-sama faham.

Pengertian Sholat Sunnah Qobliyah Subuh

Ada juga yang bertanya "Bedanya sholat qobliyah subuh dengan sholat fajar apa ?"

Sama saja .. “Rawatib” adalah bentuk jamak dari kata “ratibah“, yang artinya ‘tetap, terus-menerus’. “Qabliyah” artinya ‘sebelum’.

“Salat sunah rawatib qabliyah subuh” merupakan istilah dari para ulama, yang artinya, ‘salat sunah yang tetap dilakukan sebelum subuh’.

Karena salat ini dilakukan pada waktu fajar, yaitu setelah azan subuh dan sebelum iqamat subuh, maka dinamakan juga “salat sunah fajar”. Tidak ada perbedaan antara keduanya.

Nah setelah mempelajari pengertian nya, mari kita lanjut ke Hukum melaksanakan sholat sunnah qobliyah subuh.

Hukum Melaksanakan Sholat Sunnah Qobliyah Subuh

Aisyah berkata, “Tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjaga sesuatu dari salat-salat sunnah melebihi penjagaan beliau terhadap ‘rak’atal fajr’ (dua rakaat di waktu fajar).” (HR. Bukhari, no. 1163)

Diriwayatkan dari Aisyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Rak’atal fajar (dua rakaat di waktu fajar) lebih baik daripada dunia dan segala isinya.” (HR. Muslim, no. 725)

Dilihat dari kedua hadist diatas kita bisa menyimpulkan bahwa sholat sunnah qobliyah subuh atau sholat fajar ini sangatlah diajurkan (Sunnah Muakkad).

Lalu bagaimana niat dan bacaan sholat sebelum subuh ini ? Berikut penjelasan nya.

Niat dan Bacaan Sholat Sunnah Qobliyah Subuh 

Sebelum melaksanakan sholat sunnah fajar pastinya kalian sudah berwudhu' terlebih dahulu, karna salah satu syarat sahnya sholat adalah wudhu'.

Berikut niat sholat sunnah qobliyah subuh nya : 

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Usholli Sunnatash Subhi Rok’ataini Qobliyatan Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala”.

Sholat ini dilaksanakan setelah adzan subuh dan sebelum iqomah dengan dua roka'at.

Untuk bacaan dalam sholat sunnah qobliyah subuh ini sama seperti ketika kita melakukan sholat lain nya.

Penutup 

Itulah yang bisa sampaikan tentang artikel yang berjudul Sholat Sunnah Qobliyah Subuh (Sholat Fajar) : Hukum, Bacaan dan Pengertian ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih Telah berkunjung dan semoga kita semua dijadikan orang-orang yang takut akan meninggalkan perintah-perintaah nya, terutama sholat. Sekian dari saya dan Terimakasih !

Cak Muhai
Muda Suka-suka, Tua Bahagia, Mati Masuk Syurga :v

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter