Jenis Piring untuk Penyajian Makanan

 

TerriC from Pixabay

Jika kamu memperhatikan piring penyajian yang digunakan di restoran, pastinya kamu akan melihat jika ada beberapa jenis piring berbeda yang dipakai untuk menyajikan jenis makanan yang berbeda pula. Lalu, sudah tahukah kamu nama-nama piring penyajian tersebut? Nah, biar kamu tidak asing dengan nama sekaligus bentuk dari piring penyajian, berikut ada informasi khusus mengenai jenis piring penyajian makanan yang dirangkum untukmu.

Dessert Plate

Sesuai dengan namanya, dessert plate merupakan jenis piring penyajian yang dipakai untuk menyajikan hidangan penutup atau dessert. Ukuran dari piring ini berbeda-beda dan bentuknya pun tidak sama. Ada dessert plate berukuran <17 cm yang biasanya digunakan untuk menyajikan makanan penutup berupa donat atau irisan kue. Lalu, ada ukuran 18 hingga 22 cm yang menjadi ukuran favorit dan sering dipakai untuk dessert. Untuk ukuran yang paling besar adalah > 23 cm yang jarang dipakai dan hanya digunakan untuk keperluan hajatan.

Baca juga: 7 Cara Menyajikan Makanan Agar Terlihat Menarik

Dinner Plate

Jenis piring yang satu ini termasuk piring yang paling banyak digunakan untuk menyajikan hidangan utama. Seperti dessert plate, dinner plate juga mempunyai ukuran yang berbeda-beda dan bentuknya pun ada yang cekung dan datar. Hanya saja, dikarenakan jenis ini banyak digunakan untuk menyajikan hidangan utama, sehingga standar ukurannya pun jauh lebih besar bila dibandingkan dengan dessert plate. 

Appetizer Plate

Untuk jenis piring berikutnya merupakan appetizer plate yang digunakan untuk menghidangkan makanan pembuka. Umumnya, ukuran yang sering dipakai adalah 17 cm dengan bentuk pinggiran yang membentuk gelombang. Hidangan pembuka yang kerap disajikan dalam piring penyajian ini diantaranya buah-buahan. 

BnB Plate

Nama piring satu ini merupakan kepanjangan dari bread and butter plate yang digunakan khsusus untuk penyajian roti. Selain disebut sebagai BnB plate, piring ini juga kerap disebut dengan julukan side plate karena peletakannya yang selalu disamping sendok maupun garpu. Idealnya, ukuran dari BnB plate adalah 15 cm. Bentuk dari piring ini kerap disamakan dengan appetizer plate karena dari bentuknya juga cukup mirip. Akan tetapi, dari segi ukuran sebenarnya BnB plate lebih kecil dari appetizer plate. 

Salad Plate

Dari nama piring satu ini, kemungkinan pasti sudah banyak yang bisa menebak kegunaannya. Tidak lain piring ini dapat digunakan sebagai tempat penyajian salad. Beberapa juga kerap menyebut salad plate sebagai salad bowl. Bila dibandingkan dengan BnB plate, ukuran salad plate lebih besar dan tersedia dalam dua ukuran yaitu 22 cm dan 20 cm. 

Soup Plate

Mungkin kebanyakan dari kamu pasti lebih cenderung menggunakan mangkok ketimbang piring sebagai tempat untuk penyajian sup mengingat tekstur sup yang cair. Namun, pada soup plate ini, bentuknya sudah disesuaikan dan terdapat cekungan di bagian tengahnya seperti halnya bentuk mangkok. 

Terdapat perbedaan mengenai ukuran dari soup plate yang difungsikan untuk jamuan yang bersifat resmi dan sebaliknya. Pada jamuan yang bersifat resmi, ukuran soup plate biasanya lebih pendek dibandingkan dengan soup plate untuk jamuan tidak resmi. 

Saucer Plate

Jika keenam jenis yang telah disebutkan sebelumnya kebanyakan digunakan untuk menyajikan makanan, maka jenis yang satu ini tidak secara langsung dipakai untuk tempat penyajian. Melainkan digunakan sebagai alas untuk soup plate. Dari segi ukuran, saucer plate terbilang cukup kecil dengan diameter 14 cm saja. Dilihat dari fungsinya ini, maka lebih baik kamu tidak menggunakan piring jenis ini untuk menyajikan hidangan ya.

Baca juga: Teknik Penambahan Bumbu dalam Memasak

Itulah 7 jenis piring yang kerap dijadikan untuk penyajian makanan. Dari 7 nama-nama piring di atas, bisa dikatakan kalau penamaannya didasarkan pada fungsi dari piring tersebut. Pastinya ini akan lebih memudahkanmu untuk menghafalkannya bukan?

0 Response to "Jenis Piring untuk Penyajian Makanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel