Teknik Penambahan Bumbu dalam Memasak

 

Mareefe from Pixabay

Saat proses memasak, penambahan bumbu dinilai bisa menambah cita rasa masakan menjadi lebih kaya dan lezat. Namun, tahukah kamu jika terdapat beberapa macam teknik penambahan bumbu masakan? Teknik-teknik tersebut digunakan dalam jenis bahan makanan yang berbeda dan dengan proses yang berbeda pula. Supaya kamu tak lagi bertanya-tanya apa saja teknik penambahan bumbu masakan ini, penjelasan lengkapnya dapat kamu simak di bawah ini. 

Browning

Teknik satu ini disebut dengan browning dan kebanyakan digunakan dalam memasak daging. Dalam menggunakan teknik ini, terlebih dahulu panaskan permukaan dari daging sampai setengah matang. Ini bertujuan supaya lemak-lemak yang masih menempel pada daging bisa berkurang kadarnya. Selain itu, dalam proses ini, bawang putih beserta bumbu yang lain untuk membuat cita rasa daging menjadi lebih lezat. 

Baca juga: Jenis Piring untuk Penyajian Makanan

Brining

Sama seperti teknik browning, teknik brining ini juga kerap diterapkan saat akan memasak daging. Jika didefinisikan lebih sederhana, teknik brining merupakan teknik penggaraman dengan merendam daging tersebut pada larutan garam. Dengan melakukan teknik ini, daging akan jadi lebih empuk, sehingga, nantinya saat dipanggang akan jadi lebih nikmat lagi. 

Curing

Hampir mirip dengan teknik brining, teknik curing ini juga melibatkan garam sebagai bahan untuk membumbui makanan. Hanya saja, teknik curing lebih digunakan untuk mengawetkan makanan tersebut. Selain garam, gula juga kerap dijadikan bahan lain dalam teknik ini. Teknik curing sendiri dapat diterapkan tidak hanya pada daging semata, tetapi juga pada sayuran dan ikan. 

Infusion

Teknik berikutnya ini bisa dibilang lebih variatif dan tidak hanya mengandalkan garam sebagai bumbu utama. Pada teknik infusion, prosesnya dilakukan dengan merendam daun serta rempah-rempah pilihan pada larutan cuka ataupun air perasan lemon. Contoh daun yang dimaksud di sini bisa berupa daun kemangi atau daun lainnya yang mempunyai aroma sedap dan biasanya dipakai untuk bahan masakan. Larutan dari rendaman bahan-bahan tersebut nantinya bisa kamu tambahkan dalam masakan yang kamu buat. Diketahui teknik ini bisa meningkatkan rasa dari suatu masakan.  

Marination

Pernahkan kamu mendengar tentang teknik penambahan bumbu berupa marinasi? Teknik penambahan bumbu ini tergolong teknik yang populer dipakai oleh masyarakat. Prosesnya dimulai dengan merendamkan bahan masakan seperti daging ke dalam suatu cairan bumbu yang sudah diracik. 

Umumnya, bahan-bahan yang digunakan dalam teknik marinasi adalah cuka atau perasan lemon serta campuran rempah-rempah lainnya. Variasi bumbu atau rempah-rempah yang dicampurkan dalam cuku atau perasan lemon bisa berbeda-beda dan tergantung pada selera. Dengan teknik marinasi, daging atau bahan masakan lain akan jadi lebih empuk dan pastinya lebih kaya rasa. 

Rubbing

Diantara teknik yang lainnya, teknik rubbing ini diketahui membutuhkan waktu yang lebih lama. Umumnya, butuh satu hari supaya bumbu bisa meresap sempurna dengan bantuan teknik ini. bumbu-bumbu yang diikutkan dalam teknik ini harus dipotong sampai halus terlebih dulu, baru kemudian diusapkan pada permukaan daging atau bahan masakan yang ingin dibumbui. 

Sprinkling

Teknik sprinkling termasuk teknik yang paling sederhana dari teknik penambahan bumbu lainnya. Teknik ini biasanya menggunakan bumbu-bumbu yang bersifat bubuk seperti lada, merica bubuk, dan lainnya. Cara melakukan teknik ini cukup mudah yaitu cukup dengan menaburkan bumbu bubuk tersebut dalam masakan dan mengaduknya supaya bumbu tercampur dengan sempurna.

Baca juga: 7 Cara Menyajikan Makanan Agar Terlihat Menarik

Itu dia macam-macam teknik penambahan bumbu yang penting sekali untuk kamu ketahui untuk menambah cita rasa masakan. Tentunya teknik di atas dapat digunakan untuk jenis bahan masakan yang berbeda dan dengan proses yang berbeda pula. Jadi, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu dalam memasak ya. 

0 Response to "Teknik Penambahan Bumbu dalam Memasak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel