Manfaat Sukun Sebagai Obat Ginjal, Menu Diet, dan Rahasia Awet Muda

Jan Helebrant from Pixabay

Buah sukun yang mempunyai rasa manis yang khas ini ternyata menyimpan banyak manfaat berkat kandungan nutrisi yang tersimpan di dalamnya. Tidak hanya terbatas pada buahnya saja, daun pohon sukun juga tidak kalah kaya akan kandungan senyawa yang dibutuhkan tubuh. Oleh karenanya, jika kamu mempunyai tanaman ini di pekarangan, sangat sayang bila tidak dimanfaatkan dengan baik. Lalu, sebenarnya apa saja manfaat dari daun dan buah sukun? Nah, kamu dapat mendapatkan jawabannya di bawah ini. 

Daun Sukun Sebagai Obat Ginjal dan Masalah Kesehatan Lain

Penyakit gagal ginjal termasuk dalam penyakit berbahaya yang membutuhkan perawatan khusus. Jika tidak ditangani dengan baik, tentu penyakit ginjal dapat menyebabkan komplikasi hingga penyakit jantung. Apalagi ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring berbagai kotoran atau limbah yang ada dalam tubuh. Jika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, maka bisa saja tubuh manusia akan dipenuhi dengan racun. 

Baca juga: Manfaat Apel Untuk Kesehatan, Bisa Bikin Awet Muda

Untuk mengurangi resiko tersebut, sebenarnya kamu dapat memanfaatkan salah satu pengobatan tradisional dengan bantuan daun sukun. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengeringkan daun sukun dan menyeduhnya menjadi minuman teh. Diketahui minuman teh dari daun sukun juga bisa mengurangi resiko efek samping dari hemodialysis atau perawatan khusus pada penderita gagal ginjal. 

Selain sebagai obat ginjal, daun sukun juga sering digunakan dalam mengontrol kadar gula yang ada dalam tubuh. Kandungan flavonoid dalam daun sukun inilah yang mampu membantu kadar gula agar tetap stabil dan tidak sampai memperparah kondisi tubuh hingga mengalami diabetes. 

Menu Diet dan Kesehatan Pencernaan

Buat kamu yang sedang dalam program diet dan bingung menentukan makanan yang tetap sehat namun tidak membuat gemuk, maka buah sukun bisa kamu jadikan pilihan yang tepat. Alasannya karena sukun mengandung sedikit lemak sehingga tidak akan membuat kamu lebih cepat kenyang tapi tidak cepat gemuk. 

Cara mengonsumsi buah sukun untuk menu diet yang efektif dapat kamu lakukan dengan mengukus atau sekadar memanggangnya. Bila kamu lebih memilih untuk mengukus sukun, terlebih dulu kupas kulit dari sukun dan rendam dengan air bersih. Selepasnya, baru kamu bisa mengukusnya selama 10 atau 20 menit bergantung pada seberapa besar ukuran sukunnya. Lebih baik untuk tidak menggoreng sukun karena itu bisa menambah kadar lemak pada sukun yang berasal dari minyak goreng tersebut. 

Kandungan serat dalam sukun yang tergolong tinggi juga bisa menjaga tubuh dari masalah pencernaan. Bahkan, kandungan vitamin C, B, hingga kalsium dari sukun mampu membantu meredakan masalah radang lambung, konstipasi, dan masalah meningkatnya asam lambung. 

Halaman Selanjutnya:
1 2


0 Response to "Manfaat Sukun Sebagai Obat Ginjal, Menu Diet, dan Rahasia Awet Muda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel