Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rute Tiket Masuk Sejarah Pantai Siring Kemuning Bangkalan Madura

Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning Madura, salah satu dari wisata pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi dengan low budget. Apalagi, pantai ini disebut-sebut sebagai pantai Kuta-nya Madura. Sebutan ini tentu bukan tanpa alasan, selain area pantai yang luas, hamparan pasir putihnya yang tampak kecoklatan membuat pantai ini jadi makin eksotis.

Penasaran dengan Pantai Siring Kemuning Madura yang punya view cantik seperti Pantai Kuta di Bali satu ini? Yuk, simak ulasan berikut selengkapnya.

Sekilas Tentang Sejarah Pantai Siring Kemuning Madura

Jauh sebelum tahun 1995, kawasan Pantai Siring Kemuning Madura terbilang masih alami dengan panjang bibir pantai lebih dari 100 m. Sehingga tak heran jika, pada masanya pantai ini jadi salah satu destinasi wisata favorit para pelancong. Baik wisatawan lokal  maupun mancanegara dengan berbagai aktivitas menarik, dari berjemur, berkeliling pantai menaiki kuda hingga bermalam di hotel atau penginapan terdekat.

Sejarah Pantai Siring Kemuning Madura yang mulai sepi dan ditinggalkan peminatnya, terutama wisatawan asing disebabkan karena adanya kerusakan lingkungan. Hal ini terjadi semenjak adanya kegiatan penambangan pasir di sekitar area Pantai Siring Kemuning. Sehingga, kondisi pantai pun menjadi jauh kurang menarik, akibat dari kegiatan penambangan yang merusak lingkungan.

Salah satu efek buruknya, yakni bibir pantai yang mengalami penyusutan hingga hanya menyisakan sekitar 75 meter saja. Selain itu, upacara adat yang biasanya digelar pun juga mulai dihilangkan. Hal inilah yang membuat banyak pelancong mancanegara menjadi berkurang drastis, sebab sisi menarik dari Pantai Siring Kemuning Madura mulai pudar.

Meskipun demikian, pesona alam dari Pantai Siring Kemuning Bangkalan masih tetap ada dan punya daya tarik wisata yang cukup potensial. Tentunya hal ini harus menjadi fokus utama pemerintah untuk bisa mengatur regulasi yang tepat untuk melindungi alam sekaligus pemanfaatannya dengan lebih maksimal.

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning

Berlokasi di desa Mecayah, Tanjung Bumi, Bangkalan - Madura, Pantai Siring Kemuning memiliki rute yang bisa dijangkau dengan mudah. Jaraknya sendiri sekitar 41 km dari pusat kota Bangkalan atau sekitar satu menit perjalanan. Sementara dari jembatan Suramadu, kurang lebih sekitar 69 km atau sekitar 2 jam perjalanan tergantung kondisi jalan.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat untuk menuju kawasan pantai. Jika ingin pergi dengan rombongan, akses jalan juga cukupemadai jika dilewati kendaraan besar seperti bus. Berikut ini rute perjalanan menuju Pantai Siring Kemuning dari Surabaya via jembatan Suramadu dan Bangkalan.

●    Dari Jembatan Suramadu, masuk ke Jl. Kamal - Kalianget, lanjut ke Jl. Raya Tunjung - Jl. Kapten Syafiri - Jl. Raya Bancaran. Lanjut ke Jl. Klampis ke arah Kecamatan Tanjung Bumi, hingga menemukan gapura bertuliskan arah ke Pantai Siring Kemuning Bangkalan.
●    Dari Bangkalan, mulai dari Jl. Meneron ke arah Jl. Raya Sepuluh - Tlangoh.

Lokasinya klik di sini.

Hal Menarik di Pantai Siring Kemuning Madura

Pantai Siring Kemuning

Meski tak semenarik dulu, Pantai Siring Kemuning Bangkalan tetap punya hal untuk dieksplorasi. Berikut beberapa hal yang bisa kamu dapatkan saat berlibur di Pantai Siring Kemuning Bangkalan Madura ini,

Spot foto instagramable

Landskap pantai yang landai dengan hamparan pasir putihnya yang bersih dengan birunya air laut menjadi pemandangan yang bakal kamu temui. Ini menjadikan pantai Siring Kemuning Bangkalan ini bisa jadi spot foto kece buat menghiasi feed di media sosial.

Tempat Bermain yang Seru

Kondisi pantai Siring Kemuning bisa dibilang cukup bersih dan tak banyak sampah berserakan. Sehingga cukup nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti bermain pasir, hingga berenang. Ditambah lagi ombaknya pun terbilang tidak terlalu besar, sehingga akan lebih nyaman saat beraktivitas di sekitar pantai bersama keluarga.

Berburu Sunset Menawan

Bermain ke Pantai Siring Kemuning Bangkalan tak lengkap rasanya jika tak menunggu momen sunset. Warna jingga dari matahari yang mulai beranjak ke peraduannya menjadi suguhan pemandangan yang epik dan tak boleh terlewat.

Mencicipi Kuliner Khas

Jangan lupa, sebelum pulang ke rumah mampir dulu untuk mencicipi kuliner khas Madura, yakni Bebek Songkem. Olahan bebek yang dipadu dengan rempah-rempah khas menjadikan kuliner ini satu hal yang bakal bikin kangen sembari menikmati suasana pantai yang tenang.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk menikmati suasana pantai Siring Kemuning Bangkalan, kamu perlu tahu kapan jam buka dan berapa harga tiket masuk yang perlu dibayar. Berikut ini informasinya,

●    Jam buka       : 24 jam (setiap hari)
●    Tiket masuk  : Rp 5.000/orang
●    Parkir            : Rp 3.000/motor, Rp 5.000/mobil

Cukup murah bukan? Dengan pemandangan yang epik dan suasana yang tenang, tak heran jika banyak yang menjadikan pantai Siring Kemuning Madura ini sebagai destinasi wisata murah yang tak boleh dilewatkan.

Fasilitas yang Tersedia

Kawasan pantai bisa dibilang belum mendapatkan pengelolaan yang memadai dari pemerintah setempat. Tak heran jika fasilitas yang ditawarkan pun juga belum begitu memadai. Meskipun demikian tetap perlu diapresiasi, berikut beberapa fasilitas diantaranya.

Kamar mandi

Meski tidak banyak, namun tersedia kamar mandi untuk bilas dan ganti baju setelah puas bermain air atau pasir di pantai.

Warung makan

Memang tak banyak seperti di tempat wisata lain pada umumnya, di sekitar pantai Siring Kemuning Bangkalan juga ada beberapa warung kecil penjaja minuman dan makanan.

Area Parkir

Jalan-jalan ke tempat wisata, parkir menjadi fasilitas penting yang perlu diperhatikan agar bisa lebih tenang saat meninggalkan kendaraan. Di pantai Siring Kemuning Madura, kamu tak perlu khawatir soal lahan parkir sebab areanya cukup luas dan bisa menampung banyak kendaraan pengunjung.

Toko Oleh-oleh

Pergi jalan-jalan ke tempat wisata belum lengkap rasanya kalau tak beli oleh-oleh, bukan? Nah, di pantai ini pun juga ada toko oleh-oleh khasnya, lho. Dari mulai baju, pernak-pernik hingga camilan ringan bisa kamu dapatkan. Agar dapat harga terbaik, jangan lupa tawar dengan harga wajar, ya.

Tips Berlibur di Pantai Siring Kemuning Bangkalan

Pantai Siring Kemuning

Kemana pun tujuan saat berlibur, pastikan untuk selalu berhati-hati dan menyiapkan semua perlengkapan dengan matang. Agar liburan di Pantai Siring Kemuning Bangkalan makin seru, simak beberapa tips berikut ini.

●    Siapkan bekal makanan yang cukup, sebab tak banyak warung yang buka jika kamu memilih datang selain akhir pekan atau hari libur.
●    Sebaiknya bawa payung, kacamata hitam atau gunakan krim tabir surya karena cuaca di saat siang hari cukup terik.
●    Jika ingin menikmati momen sunset, sebaiknya datang di waktu sore.
●    Ombak di pantai Siring Kemuning Bangkalan ini memiliki tipe menyeret, jadi hindari berenang terlalu di tengah.
●    Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik dan layak jalan, sebab jalanan menuju ke arah pantai tidak begitu baik.
●    Selalu jaga kebersihan dan pastikan buang sampah di tempatnya.

Nah, demikian tadi informasi menarik tentang Pantai Siring Kemuning Madura yang wajib dikunjungi. Meski belum didukung dengan fasilitas yang lengkap dan mumpuni, namun suguhan pemandangannya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. So, jangan lupa mampir ke sini buat sekedar jalan-jalan atau healing, ya!