Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fasilitas Harga Tiket sampai Tips ke Puncak Ratu Pamekasan, Wisata Hits Madura

Tahukah kamu, jika Puncak Ratu Pamekasan kini jadi salah satu destinasi hits di kalangan anak muda Madura, lho. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat tempat wisata ini punya suguhan pemandangan alam yang cantik dan bikin adem di hati. Apalagi suasana di sekitar yang masih asri dan hijau, bikin damai mata yang memandang.

Buat kamu yang ingin cari suasana kalem dan lebih bisa bikin refreshing selagi di Madura, gakanda salahnya buat mampir ke Puncak Ratu Pamekasan Madura, ya. Yuk, intip dulu apa saja hal menarik yang bisa kamu temukan di tempat seru ini.

Sekilas Tentang Puncak Ratu Pamekasan Madura

Puncak Ratu Pamekasan

Selain pantai, Madura juga punya area perbukitan yang punya view cantik, yakni Puncak Ratu Pamekasan. Meski terbilang baru, karena baru resmi dibuka pada 2018 yang lalu, destinasi ini kini telah menjelma jadi tempat favorit. Tak hanya buat sekedar bersantai, tetapi juga melepaskan beban penat akibat hiruk pikuk keramaian kota dengan segudang aktivitasnya.

Area Puncak Ratu Pamekasan yang merupakan kawasan perbukitan memang menyuguhkan suasana nyaman dan damai yang menentramkan. Selain itu ada banyak spot cantik, unik dan eyecatching yang cocok buat mengisi feed di Instagram atau eksis di Facebook. Tak heran jika tempat ini jadi salah satu destinasi hits di kalangan milenial di Madura buat menghabiskan waktunya.

Kawasan perbukitan cantik yang lagi naik daun ini berada di ketinggian membuatnya punya magnet yang sulit diabaikan. Itulah mengapa, selain landskapnya kamu juga bakal bisa menikmati cuaca yang sejuk khas area perbukitan dengan pepohonan kayu sengon yang banyak menghiasi.

Hal Menarik yang Ditawarkan

Puncak Ratu Pamekasan

Ada banyak hal menarik yang bakal kamu temui di Puncak Ratu Pamekasan, selain view dan suasananya yang memang bikin kangen. Berikut beberapa pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan di salah satu tempat wisata hits di Madura satu ini.

Hunting Foto Keren

Buat kamu yang suka eksis di media sosial, maka jangan sampai melewatkan Puncak Ratu Pamekasan buat dikunjungi. Pasalnya, ada banyak spot foto kece yang bakal membuat feed Instagram makin estetik. Dari mulai gardu pandang, rumah pohon, gerbang berbentuk love, kurungan berhias kelambu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nongkrong Sambil Menikmati Sunset

Lokasi Puncak Ratu Pamekasan yang berada di kawasan perbukitan memungkinkan pengunjung untuk bisa menikmati suasana sunset alias matahari terbenam dengan lebih mudah. Langit sore yang mulai kemerahan saat matahari mulai kembali ke peraduannya menjadi momen epik yang sayang jika dilewatkan saat berada di sini.

Camping Sambil Menunggu Sunrise

Suasana malam di Puncak Ratu Pamekasan bisa dibilang sangat epik. Kamu tak hanya disuguhi suasana alam sekitar yang masih asri tapi juga pemandangan kota Pamekasan yang penuh gemerlap. Ini karena efek dari lampu-lampu rumah warga yang tampak cantik saat dilihat dari Puncak Ratu di malam hari. Tak heran jika banyak yang suka bermalam dan camping di sini sambil juga menunggu datangnya sunrise keesokan harinya.

Icip-icip Kuliner

Sambil nongkrong memang asyik kalau bisa sambil mencicipi kuliner yang enak. Nah, disini kamu juga bisa ikut mencicipi apa saja sajian kuliner kekinian. Jangan khawatir, makanan dan minuman yang ditawarkan disini terbilang cukup ramah dikantong jadi pengeluaran masih akan tetap aman.

Piknik Bersama Keluarga

Buat kamu yang suka suasana sejuk buat piknik, Puncak Ratu Pamekasan jadi tempat yang cocok banget buat piknik bareng anak-anak, lho. Areanya cukup luas dengan berbagai macam fasilitas, jadi bisa sambil healing sekaligus bisa ajak keluarga piknik bersama.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Puncak Ratu Pamekasan

Beralamat di dusun Mongging, Tebul Barat, Pegantenan, Pamekasan, Madura - Jawa Timur, atau berjarak tak kurang dari 20 km dari pusat kota Kabupaten Pamekasan. Sehingga Puncak Ratu Pamekasan Madura ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menitan. Baik dengan kendaraan pribadi, seperti motor dan mobil sesuai kondisi jalan, apakah sedang macet atau tidak. Berikut ini beberapa rute yang bisa digunakan jika ingin ke Puncak Ratu Pamekasan.

●    Dari Jembatan Suramadu: keluar Tol Suramadu menuju ke Jl. Kamal - Kalianget - Jl. Cantian Tangkel Bangkalan - Jl. Raya Poter. Lanjut belok kiri arah Jl. Imam Bonjol - Jl. Raya Omben - Jl. Kakak Tua - Jl. Raya Palengaan lanjut ke Dusun Glugur 1 dan terus ikuti jalur.
●    Dari Pamekasan: dari alun-alun kota Pamekasan ambil arah utara menuju Jl. Slamet Riyadi lanjut ke Jl. Pintu Gerbang menuju Jl. Palduding - Palengaan hingga sampai di Puncak Ratu Pamekasan Madura.
 

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Puncak Ratu Pamekasan

Ingin bisa memuaskan keinginan berswafoto di Puncak Ratu Pamekasan Madura tapi bingung, apakah sudah buka atau belum dan berapa harga tiketnya? Tak perlu khawatir, karena kamu bisa datang kapan saja. Berikut informasinya.

●    Jam buka      : 24 jam (Senin-Minggu)
●    Tiket masuk : Rp 10.000/orang
●    Parkir           : Rp 3.000/motor, Rp 5.000/mobil

Dengan suguhan pemandangan yang ditawarkan, harga tiket masuknya terbilang cukup terjangkau. Rasa-rasanya tak salah jika destinasi ini patut direkomendasikan jadi tempat wisata murah di Madura, bukan? Belum lagi sejumlah fasilitas menarik dan spot-spot foto keren yang instagramable. Pastinya, liburan ke Puncak Ratu Pamekasan jadi hal yang paling ditunggu.

Lokasi Puncak Ratu Pamekasan sendiri masih ada di satu kawasan yang sama dengan Kampun Durian, yang berada di Ds. Tebul Barat. Kalau kamu salah satu pecinta durian, maka jangan lewatkan untuk mampir ke Kampung Durian tersebut. Cukup dengan bayar tiket masuk tambahan sekitar Rp 3.000 saja

Fasilitas yang Disediakan

Puncak Ratu Pamekasan
Meski terbilang sebagai tempat wisata yang baru, namun Puncak Ratu Pamekasan ini sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Sehingga hal ini akan membuat pengunjung makin betah untuk berlama-lama menikmati suasananya. Berikut beberapa fasilitas yang ditawarkan.

●    Toilet umum
●    Tempat sampah
●    Mushola
●    Cafe
●    Spot foto tematik
●    Area parkir luas
●    Area camping

Tips Saat Berkunjung ke Puncak Ratu Pamekasan

Lokasi Puncak Ratu Pamekasan yang berada di kawasan perbukitan membuat destinasi ini memiliki suasana yang sejuk dengan lanskap alam yang menawan. Agar momen liburan atau jalan-jalan disini makin seru, simak beberapa tips berikut ini.

●    Sebelum berangkat, pastikan kondisi kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi yang prima. Jika perlu lakukan pengecekan sederhana untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.
●    Jika ingin mendapatkan momen sunset yang epik sebaiknya datanglah di waktu sore hari. Sementara jika ingin mendapatkan momen sunrise yang menawan, sebaiknya lanjutkan untuk berkemah.
●    Jika ingin berkemah, jangan lupa persiapkan peralatan lengkap yang sesuai agar pengalaman camping makin seru.
●    Sebaiknya datang di hari biasa, karena suasana akan terasa lebih sepi dan bisa hunting foto di spot keren sepuas hati dengan nyaman. Sebab di akhir pekan akan ada lebih banyak pengunjung yang datang yang mungkin harus membuatmu antri untuk berfoto di spot pilihan.
●    Jangan lupa untuk ikut menjaga lingkungan di sekitar dengan tidak buang sampah sembarangan, ya.

Nah, demikian tadi informasi menarik tentang Puncak Ratu Pamekasan Madura yang belakangan jadi spot wisata yang hits. Terutama di kalangan anak muda yang doyan banget berswafoto dan membagikan pengalamannya di media sosial. Semoga bermanfaat!