Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Belajar Bahasa Madura Secara Otodidak

 
Belajar Bahasa Madura sering kali dianggap sulit oleh sebagian banyak orang. Jangankan oleh orang luar Madura, beberapa keturunan asli daerah ini pun kerap merasa kesulitan mempelajari salah satu bahasa lokal ini.  

Di samping kosakatanya yang cukup sulit dipahami, perkembangan bahasa di daerah ini juga tergolong cukup pesat. Hal ini juga jadi pemicu kian lunturnya bahasa utama di Madura.  

Meski begitu, tidak sedikit juga orang-orang yang masih mempertahankan bahasa asli Pulau Garam ini. Di sampingnya, tidak sedikit juga anak muda yang giat belajar Bahasa Madura guna melestarikan salah satu warisan daerah ini.  

Jika Anda merupakan salah satu milenial yang ingin menjaga Bahasa Madura, informasi berikut ini sangat penting diketahui. Jadi, simak hingga tuntas, ya. 

Bahasa Madura dan Perkembangannya

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, bahasa yang dipakai warga kabupaten di ujung provinsi Jawa Timur ini kini cukup beragam. Selain dari segi kosakata, dialek masyarakat pun terpengaruh beberapa budaya yang masuk ke wilayah ini.

Sebagai informasi, setidaknya terdapat lima dialek yang berkembang di daerah ini, yaitu Sampang, Bangkalan, Pamekasan, Kangean, dan Sumenep. Dari itu semua, dialek Sumenep merupakan  logat yang memiliki persentase paling mendekati dengan aslinya.  

Jika Anda ingin belajar Bahasa Madura, akan sangat bagus jika menguasai beberapa di antara dialeknya. Selain dialek,  tingkatan linguistik juga sebaiknya dipelajari supaya bisa ketika bercakap-cakap, bahasa ini akan terasa lebih mudah dituturkan. .  

Untuk diketahui, terdapat tiga tingkatan Bahasa Madura, di antaranya bahasa halus, sedang, dan kasar atau tinggi. 

Cara Belajar Bahasa Madura Dasar untuk Pemula

Jika Anda merupakan pemula yang baru belajar Bahasa Madura dasar, tentu akan membutuhkan berbagai cara terbaik. Tentunya, untuk mempelajari bahasa ini supaya tiap katanya bisa lebih mudah dimengerti.  

Sebagai informasi, sebetulnya ada banyak cara yang bisa dicoba untuk memudahkan orang-orang dalam memahami bahasa Madura. Mulai dari bergabung di kelompok belajar bahasa/kursus atau bisa juga secara otodidak.  

Namun, inti dari kedua metode belajar itu tetap sama, di antaranya adalah menghafal kosakatanya dan praktik langsung. Apabila Anda tinggal di daerah Madura, belajar Bahasa Madura sehari hari jelas bisa lebih mudah dilakukan.  

Pasalnya, bahasa ini akan lebih sering didengar dibandingkan di daerah lain. Selain mendengarkan dan menghafal, Anda juga bisa memperkaya kosakata dengan cara praktik langsung, seperti mengobrol bersama orang sekitar.  

Terutama, orang-orang yang terbiasa menggunakan bahasa daerah Madura. Apabila tidak tinggal di Madura, Anda tidak perlu khawatir sebab belajar Bahasa Madura dasar juga tetap bisa dengan mudah dilakukan.  

Di antara cara yang bisa dilakukan adalah menemukan berbagai kosakata bahasa Madura dari internet dan menghafalkannya. Guna memastikan bahasa yang dipelajari sudah benar, Anda bisa mempraktikkan langsung hal ini dengan cara mengobrol bersama penutur asli.  

Tidak perlu jauh-jauh ke Madura, hasil belajar Bahasa Madura dasar bisa dipraktikkan dengan cara mengobrol bersama teman asli Madura. 

Belajar Bahasa Madura dan Artinya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara paling bagus untuk belajar Bahasa Madura sehari hari adalah memperkaya kosakata. Cara ini sangat ampuh dilakukan oleh orang-orang yang belajar Bahasa Madura dan artinya secara berkelompok ataupun otodidak.  

Untuk diketahui, berikut adalah beberapa kosakata yang bisa dipelajari oleh Anda yang ingin belajar Bahasa Madura sehari hari. Mulai dari kosakata, ucapan sehari-hari, angka, mata angin dan masih banyak lagi. 

Kosakata dalam Bahasa Madura dan Artinya 

Angka dalam Bahasa Madura dan Artinya

 

Nama-Nama Hari dalam Bahasa Madura dan Artinya

Nama Mata Angin dalam Bahasa Madura dan Artinya

Ucapan Pendek dalam Bahasa Madura dan Artinya

Selain belajar Bahasa Madura dan artinya dari kosakata di atas, Anda juga bisa mempelajari ucapan yang biasa diungkapkan sehari-hari. Namun sebelum itu, pastikan Anda belajar Bahasa Madura halus untuk diterapkan pada ucapan sehari-hari.  

Selain belajar Bahasa Madura halus, bahasa tengahan pun bahasa kasar tetap perlu dipelajari. Akan tetapi, sebaiknya dipakai di kehidupan sehari-hari adalah bahasa halus (alus).  

Nah, berikut adalah beberapa contoh ucapan dalam bahasa Madura alus dan kasar yang bisa dipelajari dan diamati perbedaannya. 

Dari contoh di atas, Anda bisa belajar Bahasa madura halus pun kasar. Dibandingkan bahasa kasar, belajar Bahasa madura halus memang dirasa sedikit sulit sebab makin banyak tatanan katanya.  

Sebagai alternatif agar bahasa Anda tetap sopan ketika berbahasa Madura, sebaiknya pelajari juga bahasa tengahan. Tingkat bahasa ini jauh lebih gampang kosakatanya dibandingkan materi belajar Bahasa madura halus.  

Bagaimana, belajar Bahasa Madura sehari hari di atas sangat mudah, bukan? Jika Anda sudah benar-benar paham materi belajar Bahasa Madura dasar, menyusun kalimat menggunakan bahasa ini dijamin tidak akan sulit.  

Jika dari kosakata belajar Bahasa Madura dan artinya di atas kurang dipahami, Anda bisa mempelajari pola bahasa Madura berikut ini. 

Pola Membuat Kalimat dalam Bahasa Madura

Pada Bahasa Indonesia, pola sintaksis dikenal dengan rumus S + P + O + K, yaitu Subjek + Predikat + Objek + Keterangan. Pada umumnya, subjek dalam Bahasa Indonesia ditujukan pada nama orang.  

Namun, bahasa asli Madura mempunyai pola sintaksis berbeda, di mana orang-orang lebih sering menggunakan subjek untuk menyebut kata benda. Contohnya, cek bagusseh kata saya, artinya itu bagus, menurut saya.  

Nah, dari contoh tersebut, Anda bisa menemukan bahwa subjek terletak di kata itu, kemudian predikat ada di kata bagus. Sementara itu, kata menurut saya menjadi pelengkap dari kalimat ini.  

Untuk diketahui, selain susunan kalimat tadi, terdapat juga beberapa pola lainnya. Jika Anda belajar Bahasa Madura sehari hari disertai dengan kamus-kamus atau buku Bahasa Madura, akan ditemukan beberapa pola.  

Di antaranya, pola perluasan, penggabungan, penghilangan, pengingkaran, dan pembalikan seperti contoh di atas. Jadi, bagaimana? Belajar Bahasa Madura dan artinya sangat menyenangkan, bukan?  

Kesimpulannya, belajar Bahasa Madura itu akan jadi mudah selama Anda mau berusaha mempelajarinya. Jika tidak, tentu tidak mungkin Anda bisa menguasai bahasa daerah ini.